5 Aksesoris Kamera DSLR Penunjang Hobi Fotografi

Aksesoris Kamera DSLR – Pergi liburan tidak lengkap tanpa mengabadikan momen dengan berfoto. Meski sekarang ini kamera di smartphone sudah canggih, tetap masih ada sebagian orang yang membawa kamera DSLR untuk berfoto, terlebih bagi mereka yang hobi dan menekuni bidang fotografi.

Sama seperti perangkat elektronik pada umumnya, tentu kamera jenis ini dilengkai dengan berbagai macam aksesoris kamera DSLR. Aksesoris kamera DSLR ini tidak hanya untuk menunjang pengambilan gambar agar lebih bagus, tapi juga untuk merawat kamera supaya tetap awet.

Buat kamu yang bingung untuk merawat dan menunjang fotografi lebih bagus lagi, berikut ini akan kami berikan rekomendasi aksesoris kamera DSLR yang perlu kamu miliki. Beberapa aksesoris kamera DSLR ini bisa kamu jumpai di beberapa toko online atau e-commerce dengan harga yang bervariasi.

Baca Juga: Bikin Foto Produk Kuliner UMKM Lebih Merangsang

1. Tas Kamera

Aksesoris kamera DSLR yang pertama wajib kamu punya tentu saja adalah tas kamera. Dibanding kamera lainnya, kamera jenis ini umumnya punya bobot yang lebih berat. Tas ini berguna untuk menunjang kamu dalam membawa kamera ke mana-mana. Tas kamera juga berfungsi menjaga kamera dan perlengkapan kamera DSLR agar tetap rapih dan terlindungi selama bepergian. Ada banyak jenis tas kamera, mulai dari yang di dalamnya terdapat busa-busa empuk untuk menjaga kamera dari benturan hingga pelindung dari air masuk.

2. Dry Box atau Dry Cabinet

Seperti diketahui, kamera ini memiliki perawatan yang lebih ribet ketimbang kamera jenis lainnya. Salah satu aksesoris kamera DSLR yang wajib kamu punya adalah dry box atau dry cabinet yang berfungsi sebagai lemari untuk menyimpan kamera dan perlengkapannya agar tidak dihinggapi jamur. Lemari ini dilengkapi dengan pengatur suhu dan kemembapan sesuai yang kamu inginkan. Harganya sendiri relatif mahal, namun sepadan dengan perlindungannya.

3. Kit Pembersih

Aksesoris kamera DSLR berikutnya yang wajib kamu miliki adalah kit pembersih. Fungsi dari kit pembersih adalah untuk membersihkan kamera dan juga lensanya dari debu dan kotoran lainnya sebelum kamu lap dengan kain mikro. Hal ini karena ketika kamu melap lensa sebelum debu dibersihkan, berpotensi menimbulkan baret halu. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan memencet agar angin keluar.

Baca Juga: Tips Foto di Malam Hari Pakai Smartphone Agar Gambar Kece

4. Tripod

Kalau aksesoris yang satu ini diperlukan untuk menunjang hasil fotografi. Ada banyak fungsi yang bisa kamu dapatkan ketika membeli tripod, di mana salah satunya adalah untuk penahan kamera bila kamu dan kawan-kawan ingin berfoto bersama. Enggak mungkin kan minta tolong orang buat fotoin? Selain itu tripod juga berfungsi membuat hasil gambar menjadi lebih tajam atau berkualitas HDR, kamu tinggal mengatur ISO rendah dan bisa juga untuk memotret lukisan cahaya (light painting).

5. Filter

Aksesoris kamera berikutnya yang tidak kalah penting adalah filter. Fungsi filter ini tak lain adalah untuk menambah kualitas foto yang kamu ambil. Filter biasanya ditempatkan di depan lensa kamera bawaah, dengan berbagai macam bentuk, ada yang bentuk bulat seperti lensa, tapi ada juga yang bentuknya kotak. Jenisnya, ada filter UV, filter polarizer, dan filter ND. Tinggal kamu sesuaikan sendiri mana yang menjadi kebutuhanmu.

Baca Juga: Modal Ponsel, Ini Tips Ringan Hasilkan Foto Produk UMKM yang Eye Catching

Exit mobile version