10 Anime Keren yang Wajib Ditonton Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Anime keren yang pernah ditonton masyarakat Indonesia cukup banyak. Beberapa di antara film-film itu bahkan telah mendampingi anak-anak Indonesia tumbuh hingga dewasa. Tak hanya menonton, tak jarang penggemar film anime ini juga mengoleksi pernak-pernik dengan gambar tokoh anime idola masing-masing. Mulai dari kaus, tempat minum, bahkan bandana Naruto.

Animasi asal Jepang mengisi dunia anak-anak atau remaja dengan atmosfir yang berani dan pemikiran yang lebih realistis meski dikemas dengan adegan-adegan dan latar belakang fantasi. Genre ini memberikan pilihan yang berbeda dibandingkan kisah-kisah Disney yang penuh impian.

10 Anime Keren yang Wajib Ditonton

Menyebutkan beberapa anime keren yang wajib ditonton itu sebenarnya sulit, karena ada banyak sekali anime keren yang beredar dan bisa ditonton di mana-mana. Namun, jika memang harus merekomendasikan, ada beberapa yang memang pantas untuk ditonton lebih dulu ketimbang yang lainnya. Selanjutnya, tinggal berapa banyak waktu yang dimiliki untuk menonton semuanya.

Berikut adalah 10 anime yang wajib ditonton, berdasarkan rating dan votes di IMDb.

10 Anime Keren yang Wajib Ditonton Setidaknya Sekali Seumur Hidup

1. Dragon Ball Z (1989 – 1996)

Konon, anime keren ini telah menginspirasi pembuatan film Naruto. Ada pula yang mengatakan bahwa cerita ini mirip dengan Journey to The West alias Kera Sakti. Apalagi nama tokohnya mirip, yaitu Son Goku dan Sun Gokong.

Dragon Ball bercerita tentang Goku yang hidup sendiri dan memiliki kekuatan luar biasa. Goku dan kenalan barunya, seorang gadis cantik dan jenius bernama Bulma, melakukan perjalanan untuk mencari 7 bola ajaib yang bisa mengabulkan semua permintaan.

Baca juga: 6 Komik Anime yang Belum Diadaptasi Jadi Film dan Sangat Ditunggu Penggemarnya

2. Shinseiki Evangelion atau Neon Genesis Evangelion (1995 – 1996)

Alur cerita pada awal film ini lebih lambat dibandingkan dengan anime lain. Banyak pertentangan politik dan sains yang dibicarakan. Kelambatan juga terjadi pada pengembangan karakter tokoh yang problematik.

Uniknya, penggemar bisa mendapatkan ending yang berbeda ketika nonton film bioskop dan serialnya sehingga mempertanyakan siapa sebenarnya yang jahat. Film ini juga penuh simbol-simbol politik internasional. Film ini memang lebih cocok untuk remaja dibandingkan anak-anak karena mengetengahkan konflik yang lebih kompleks daripada anime biasa.

3. Kaubôi Bibappu: Cowboy Bebop (1998 – 1999)

Serial dengan 26 episode ini merupakan salah satu anime yang legendaris. Serial ini diawali dengan bencana meledaknya Astral Gate sehingga sebagian manusia harus pindah planet. Sementara sebagian lagi hidup di lorong-lorong.  Keadaan yang kacau balau dengan kejahatan yang tak terkendali dan polisi yang korup memunculkan 3 jagoan, Cowboy Bebop.

4. One Piece: Wan Pǐsu (1999 – … )

One Piece bercerita tentang seorang anak yang bermimpi menjadi raja bajak laut dan menemukan harta karun legendaris bernama One Piece. One Piece memiliki banyak penggemar, bahkan hingga para penggemar tersebut dewasa. Alur cerita One Piece sangat rapi, menampilkan kisah-kisah epic dan heroik tetapi sekaligus kocak. Banyak isu sosial dan falsafah hidup yang bisa dipelajari dan dikutip dari film ini. One Piece bukan sekadar legenda tetapi juga fenomena anime yang terjadi secara global.

5. Code Geass: Hangyaku no Lelouch (2006 – 2008)

Kisah anime keren ini menarik dengan latar belakang intrik kerajaan dan hal-hal misterius. Code Geass memasukkan latar belakang Kerajaan Inggris Raya ke dalam alur utama. Namun, faktanya Jepang tidak pernah dijajah Inggris. Bagaimana unsur Kerajaan Inggris di mata kreator anime Jepang akan merupakan bumbu cerita yang menarik.

6. Naruto: Shippûden (2007 – 2017)

Naruto adalah anime paling populer di Indonesia. Banyak inspirasi dan kutipan-kutipan bagus tentang kehidupan yang bisa didapatkan dari film ini. Meski kisah rekaan, tetapi cara berpikir Naruto yang sudah bekerja keras sejak kecil ini sangat realistis.

Demikian pula dengan tokoh-tokoh jahatnya yang tidak mendadak membabi buta tanpa alasan. Naruto juga dilengkapi dengan OST yang melekat di ingatan, seperti Blue Bird dan Sign.

7. Full Metal Alchemist: Brotherhood atau Hagane no Renkinjutsushi (2009 – 2010)

Lata belakang awalnya adalah persaingan klub bola voli antar sekolah. Namun, serial ini bergulir sangat dinamis tentang persaudaraan, sains, sihir, hingga politik. Plotnya menarik dan penuh intrik. Kadang penonton dibuat tertawa terbahak-bahak, kadang dibuat tercengang. Anime ini wajib ditonton oleh yang berjiwa muda.

8. Hunter x Hunter (2011 – 2014)

Anime keren ini memang fantastis. Dengan lebih dari 100 episode dan tayang di TV selama beberapa tahun, alur cerita Hunter x Hunter tak pernah membuat bosan. Kisah ini merupakan perpaduan antara tragedi dan komedi. Humor-humor Gon dan teman-teman merupakan salah satu hal yang ditunggu penonton.

Latar belakang kisah ini sebenernya mengenaskan, yaitu Gon yang bercita-cita menjadi Hunter berusaha mencari ayahnya yang dulu meninggalkannya. Yang paling memorable bagi penonton film ini adalah soundtrack yang terus terngiang. Salah satunya adalah lagu pembuka yang berjudul Departure! oleh Ono.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik

9. Steins;Gate (2011 – 2015)

Anime keren ini patut ditonton karena unik. Penonton harus mengikuti alur yang benar agar tidak kehilangan jejak cerita. Alur yang tadinya lurus maju hingga episode 22 tiba-tiba berbelok. Penonton harus menyelesaikan sempalan-sempalan cerita sebelum menyelesaikan dua episode terakhir.

Benang merah kisah ini adalah mesin waktu. Meski begitu, konon ceritanya terinspirasi dari kisah nyata. Misteri-misteri yang membuat penonton berpikir serius ini juga dibumbui sedikit humor.

10. Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan (2013 – 2023)

Attack on Titan yang disingkat AoT ini pernah memuncaki penjualan manga terlaris di Jepang. Karena itu, ketika diangkat menjadi anime, AoT langsung melejit. AoT bercerita tentang pasukan Survey Cops yang berusaha membendung makhluk titan agar tidak bisa menerobos masuk ke koloni manusia.

Tokoh utama AoT adalah trio Eren, Mikasa, dan Armin. AoT tidak terlalu detail menceritakan tentang latar belakang tokoh dan makhluk titan yang setinggi gedung pencakar langit. Namun secara visual, AoT benar-benar susah dicela. Karena itu, AoT cocok bagi yang menyukai kisah aksi.

Demikianlah rekomendasi daftar anime keren terbaik sepanjang masa yang wajib ditonton. Adakah yang belum ditonton?

Exit mobile version