6 Aplikasi Edit Logo Terbaik untuk Kebutuhan Desain UMKM

Kehadiran logo bagi UMKM adalah hal penting tetapi sayangnya masih banyak yang menganggap sepele. Padahal logo adalah identitas visual yang membedakannya dari merek lain. Untuk membantu UMKM dalam merancang logo yang profesional tanpa mengeluarkan biaya besar, ada sejumlah aplikasi edit logo yang bisa digunakan.

Setiap UMKM perlu memiliki logo karena dengan visual tersebut bisa mengenalkan karakter, filosofi, dan visi usahanya. Walaupun ukurannya kecil tetapi mampu membangun persepsi awal calon konsumen pada usaha yang dimiliki.

Coba dilihat logo dari merek-merek besar yang dibuat dengan konsep menarik, simpel dan mudah diingat. Contohnya brand sepatu olahraga NIKE, logonya sangat simpel tetapi mudah diingat. Pokoknya setiap melihat sepatu dengan logo tersebut, awam bisa tahu bahwa itu merek NIKE.

Hal ini bisa diterapkan untuk logo UMKM juga. Namun, jangan sampai menyontek persis visual merek lain karena termasuk ke pelanggaran hak atas kekayaan intelektual.

Untuk membuat logo yang menarik dan profesional bisa menggunakan beberapa aplikasi edit logo. Jadi, pihak UMKM bisa membuat sendiri menyesuaikan dengan visi dan misi usaha tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Edit Logo Melalui Website untuk UMKM

6 Aplikasi Edit Logo Terbaik untuk Kebutuhan Desain UMKM

1. Canva

Siapa yang tidak kenal Canva saat ini. Aplikasi desain untuk segala kebutuhan ini menjadi favorit berbagai kalangan. Apalagi bagi pemula belajar desain atau UMKM, aplikasi ini mudah untuk digunakan.

Ada beragam template profesional yang bisa digunakan untuk berbagai proyek mulai dari desain media sosial, header, kartu nama, resume, CV hingga logo. Membuat logo di Canva gratis. Namun, apabila memilih yang gratis pilihan gambar dan rekomendasi template sedikit terbatas.

Fitur yang digunakan untuk membuat logo di Canva antara lain desain yang memuat berbagai jenis template, elements untuk rekomendasi gambar dan text yang menyediakan banyak pilihan font. Setelah selesai mengedit, bisa disimpan dalam bentuk JPG, PNG dan bisa juga dalam bentuk background transparan.

Canva bisa digunakan melalui desktop dan unduh aplikasi di Google PlayStore maupun App Store.

Baca juga: Canva Web: Cara Daftar, Login, dan Penggunaannya untuk Digital Marketing

2. Visme

Aplikasi edit logo berikutnya yang bisa digunakan secara gratis adalah Visme. Ada sejumlah template logo yang siap pakai, jadi tinggal mengedit saja dari yang ada. Pengguna dibebaskan mengatur warna, gambar, grafis maupun font.

Untuk tampilan website hampir mirip dengan Canva tetapi sedikit lebih minimalis. Fitur autosave bisa membantu pengguna yang tiba-tiba lupa save. Lalu ada juga fitur daftar histori yang menampilkan layer maupun elemen yang digunakan dalam membuat logo.

Apabila ingin mengakses lebih banyak fitur bisa upgrade langganan dengan pilihan paket starter dan pro. Pengguna bisa menggunakan Visme melalui desktop maupun mobile.

3. LogoMakr

Website LogoMakr sangat user friendly, apalagi bagi yang pertama belajar desain. Di bagian depan website ini bisa langsung klik ‘Start My Design’ tetapi sebaiknya daftar terlebih dulu untuk bisa mengakses fitur lain.

Tool dasar di aplikasi ini cukup mudah bagi pemula. Sebagai awal bisa menggunakan template yang ada. Untuk referensi berbagai template bisa masukkan keyword logo di kolom pencarian dan pilih desain yang disukai.

Kemudian langsung diedit dengan mengombinasikan berbagai teks, warna dan bentuk. Jika sudah selesai, langsung klik opsi save desain di sudut kanan atas. Ada juga fitur unduh gambar. Namun perlu diketahui, untuk penggunaan jadi akan mendapatkan resolusi rendah. Apabila menginginkan file vektor dengan format PDF dan SVG akan dikenai biaya.

4. LOGO

Website dengan url logo.com ini merupakan salah satu aplikasi edit logo yang mudah digunakan. Di laman utamanya, pengguna diminta untuk memasukkan merek, lalu tagline, berikutnya memilih warna dan font. Tentunya bagi UMKM yang masih bingung menentukan warna dan font, akan sangat terbantu.

Setelah mengisi berbagai step, maka aplikasi akan generate dan memunculkan berbagai bentuk desain. Pengguna bisa memilih salah satu di antaranya. Kemudian, akan muncul laman editing, jadi di sini pengguna pun masih bisa bebas berkreasi mengganti font maupun background. Apabila sudah selesai klik ‘Finish and Save’.

Untuk melihat hasil editan, bisa klik Logo Files. Di bagian tersebut akan ditampilkan sejumlah file logo dan pilihan pengunduhan. Mulai dari zip files, high resolutions logo dan favicon yang bisa diunduh secara gratis. Namun untuk element harus upgrade agar bisa mengaksesnya.

5. DesignEvo

DesignEvo merupakan aplikasi pembuat logo online gratis dengan 10.000+ template yang bisa digunakan oleh pemilik UMKM untuk menciptakan visual yang menarik dan unik.

Di laman utama, pengunjung bisa langsung klik ‘Make a Logo’, lalu akan diarahkan ke sejumlah template logo. Di sini bisa memilih salah satunya dengan klik ‘Customize’. Kemudian dari template tersebut bisa diedit dengan menggunakan fitur ‘Icon’ supaya bisa mengganti sesuai nama usaha, lalu ada font untuk mengubah teks.

Setelah selesai bisa klik ‘Download’. Nantinya akan ada pilihan yakni unduh gratis dengan resolusi rendah dan unduh resolusi tinggi tapi berbayar.

6. Hatchful

Hatchful oleh Shopify adalah aplikasi gratis yang dibuat oleh Shopify untuk membuat logo. Untuk menggunakannya bisa diakses di laman Shopify lalu klik tools kemudian logo maker. Setelah masuk ke laman logo maker, akan muncul sejumlah template yang bisa digunakan. Atau bisa juga klik ‘Create a Logo Now’. Nantinya pengunjung akan diarahkan mengikuti langkah demi langkah.

Setelah itu, website akan menampilkan beberapa pilihan logo terbaik menyesuaikan jenis usaha, nama dan tagline. Pilih salah satu dan silakan mengedit sesuai kebutuhan. Mengunduh file tersebut gratis tapi pastikan untuk mendaftar terlebih dulu.

Baca juga: Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Rumahan: Panduan untuk Pemula

Beragam aplikasi edit logo di atas, UMKM pun memiliki lebih banyak pilihan untuk menciptakan identitas merek yang kuat dan visual menarik.

Exit mobile version