Memanfaatkan Facebook untuk Pemasaran dan Promosi Produk

Aplikasi Facebook yang dirilis sejak tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes telah menjelma menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbesar di dunia. Tak sekadar untuk bersilaturahmi saja, kini aplikasi dengan logo berwarna biru ini bisa digunakan oleh para pebisnis untuk meningkatkan brand awareness dan omzet penjualan.

Pihak Facebook terus berbenah dengan menghadirkan beragam fitur yang dibutuhkan oleh penggunanya. Apalagi sejak tahun 2012 Instagram diakuisisi oleh Facebook, perusahaan teknologi ini semakin menguasai pasaran media sosial.

Kabar mengejutkan datang oleh Mark Zuckerberg di tahun 2021. Secara resmi, pendiri Facebook ini mengumumkan pergantian nama Facebook menjadi Meta yang mengusung konsep metaverse.

Teknologi yang disajikan oleh Meta melibatkan beragam pengembangan gabungan dari virtual reality dan sejumlah teknologi lainnya. Kabar ini tentunya menjadi angin segar bagi pebisnis. Pasalnya, melalui platform digital ini, mereka bisa menjangkau pasar lebih luas lagi dan makin banyak fitur yang ditawarkan untuk memudahkan bisnis.

Alasan Aplikasi Facebook Cocok untuk Alat Bisnis

Aplikasi Facebook sebagai Alat Bisnis

Berdasarkan laporan dari We Are Social yang dilansir oleh Databoks, pengguna aplikasi Facebook telah menembus angka 2.25 miliar di seluruh dunia pada April 2023. Bagaimana dengan di Indonesia? Di negara kita, pengguna aplikasi ini mencapai 135,05 juta orang di periode tersebut.

Dengan angka yang besar tersebut, para pebisnis bisa melihatnya sebagai peluang agar produk yang dihasilkan bisa menjangkau target market, melakukan inovasi dan meningkatkan omzet. Lantas apa saja alasan mengapa aplikasi Facebook cocok untuk dijadikan alat bisnis?

1. Membantu Pebisnis Mempelajari tentang Target Audiens

Dalam strategi bisnis, target audiens perannya sangat penting. Karena dari sinilah, pihak pebisnis akan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan target audiens.

Dengan aplikasi Facebook, pebisnis akan dimudahkan dalam mempelajari tentang hal ini. Di Facebook ada fitur-fitur yang akan memberikan insight tentang demografi audiens yang sangat membantu dalam pembuatan konten dan inovasi produk yang lebih relevan serta menarik bagi calon pelanggan.

Baca juga: 7 Langkah Cara Menambah Instagram Follower yang Mungkin Belum Pernah Dicoba

2. Membangun Merek

Sekarang ini zamannya digitalisasi, hadirnya aplikasi Facebook sangat mempermudah pebisnis dalam membangun mereknya. Kamu memiliki kesempatan yang besar mengenalkan merek bisnis ke masyarakat luas. Semakin sering menggunakan fitur Facebook dan berinteraksi, maka akan semakin populer produk bisnis yang dimiliki.

3. Media Promosi

Ada banyak medium yang bisa dijadikan media promosi. Sejak satu dekade belakangan ini, media sosial menjadi media promosi yang efisien bagi pebisnis.

Pebisnis bisa menggunakan beragam fitur dalam memasarkan produk hingga mencari tahu audiens yang potensial dijadikan pelanggan. Biaya promosi di Facebook harganya terjangkau dengan segudang manfaat yang akan didapatkan.

4. Mengelola Interaksi dengan Pelanggan

Dengan memanfaatkan salah satu fitur seperti Facebook Marketing Page, ini bisa mengelola interaksi antara pebisnis dan pelanggan. Interaksi sangat dibutuhkan untuk membangun brand awareness dan juga kepercayaan dari calon konsumen yang berpotensi menjadi pelanggan. Dan juga menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Apabila ada pertanyaan atau feedback dari pelanggan, pihak pebisnis bisa langsung merespon dengan reply comment atau membalas pesan di Messenger.

Fitur Aplikasi Facebook untuk Bisnis

Pergeseran pola kebiasaan berbelanja masyarakat ditangkap sebagai peluang terbaik oleh aplikasi Facebook dengan menghadirkan fitur untuk bisnis. Terlebih ketika pandemi COVID-19 melanda masyarakat dunia, banyak yang beralih dari belanja offline ke online. Hingga sekarang ini, belanja online masih menjadi solusi praktis sebagaian besar masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya.

Fenomena pergeseran kebiasaan ini jika dilihat dari sisi pebisnis adalah sebuah tantangan baru di mana harus beradaptasi dengan digital marketing agar usahanya bisa terus bertahan. Sedangkan dari sisi platform, ini adalah peluang memberikan layanan terbaik untuk para pebisnis dalam meningkatkan usahanya.

Lantas apa saja fitur dari aplikasi Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan bisnis?

1. Facebook Marketing Pages

Aplikasi Facebook memiliki fitur Marketing Pages yang bisa digunakan untuk tujuan bisnis, personal branding hingga kampanye konten-konten tertentu.

Pebisnis bisa memanfaatkan fitur ini untuk membangun branding bisnisnya. Di Facebook Marketing Pages, pemilik akun harus mengelola kontennya secara sistematis. Tampilannya termasuk lengkap. Pemilik akun bisa mengisi dengan lengkap deskripsi bisnis, alamat, jam operasional, mengunggah produk, konten edukasi, bahkan bisa menambahkan nomor telepon bisnis agar memudahkan calon pembeli menghubungi admin.

Yang menarik dari Facebook Marketing Pages adalah konten yang diunggah akan terindeks di mesin pencari. Beberapa keuntungan menggunakan fitur ini antara lain:

Bagi pemula yang akan membuat akun Fanpage, sebaiknya menggunakan nama bisnis agar mudah dicari oleh calon pembeli.

2. Facebook Ads Manager

Fitur berikutnya yang populer adalah Facebook Ads Manager. Ini merupakan fitur untuk menjalankan iklan berbayar di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger. Tak sekadar menjalankan iklan saja, tapi di sini pengguna bisa mengelola iklan, mengecek kinerja, anggaran, menargetkan siapa saja yang bisa melihat iklan bisnis dan menjadwalkan iklan.

Dalam menggunakan fitur ini, pengguna mesti membuat dan mengakses Facebook Business Manager. Menariknya lagi, di dalam Facebook Business Manager ini bisa mengelola Facebook Ads dan juga Facebook Fanpage.

Beberapa fitur penting yang ada di Facebook Ads Manager yaitu:

3. Success Story

Fitur ini tentang kisah kesuksesan para pebisnis. Kisah-kisah mereka dibagi dalam Facebook Success Story yang diharapkan bisa menginspirasi dan memotivasi pebisnis lain dalam mengembangkan usahanya. Termasuk tentang bagaimana melewati masa-masa kelam saat membangun bisnis.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp for Business untuk Berjualan

Menjamurnya platform media sosial sekarang ini tidak membuat aplikasi Facebook ditinggalkan, justru dari tim Meta lebih banyak menghadirkan inovasi untuk penggunanya. Apalagi aplikasi ini terintegrasi dengan beberapa platform media sosial lainnya, membuatnya memiliki nilai plus bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya.

Exit mobile version