Awas, Salah Letakan Makanan di Kulkas Malah Bisa Rusak

Hampir setiap rumah saat ini pastinya memiliki barang elektronik yang namanya kulkas. Keberadaannya menjadi penting karena bukan sekadar menjadi alat pendingin saja, namun juga untuk mengawetkan makanan dan minuman.

Namun sayangnya tidak banyak yang paham bila ada tata cara meletakkan makanan di dalam kulkas. Padahal ini penting diperhatikan karena mempengaruhi daya tahan atau keawetan dari makanan itu sendiri.

BACA JUGA : 5 Restoran di Puncak Dekat Taman Safari Bogor

Bila sampai salah meletakan di dalam kulkas, maka makanan yang sejatinya diharapkan akan tahan lama malah sebalik. Bisa rusak atau justru menjadi basi.

Menyimpan makanan di kulkas

Dilansir dari Reader’s Digest, ternyata ada beberapa makanan yang justru bisa mempengaruhi kualitas atau daya tahan dari makanan lain saat di letakan berbarengan di dalam kulkas.

Setidaknya ada enam kesalahan yang biasa dilakukan namun tidak disadari orang saat meletakan makanan di dalam kulkas dan berpotensi membuat makanan tersebut tak tahan lama, yakni :

1. Menyimpan di Pintu Kulkas

Kompartemen kulkas pada umumnya sangat banyak, namun disarankan bagi untuk tidak meletakan makanan di bagian pintu lantaran sektor ini menjadi yang paling serin dibuk-tutup.

Tanpa disadari, seringnya membuka-tutup pintu kulkas berpengaruh pada keawatan makanan dan munuman layaknya keju, susu, dan telur.

2. Tanpa penutup

Meski sejatinya kulkas merupakan benda pendingin yang tertutup, bukan berarti saat meletakan makanan di dalamnya harus telanjang tanpa penutup lagi. Justru ada beberapa jenis makanan yang tetap mebutuhkan wadah penutup agar bisa mempertahankan cita rasanya.

Tak hanya itu, dengan wadah penutup, makanan juga tidak bisa menularkan pembusukan ke makanan lain yang ada di area atau dalam kulkas.

 

3. Baking Soda

Soda kue atau baking soda memiliki banyak kegunaan sebagai alat rumah tangga, salah satunya bisa menghilangkan bau tak sedap yang juga banyak digunakan di dalam kulkas. Namun demikian, bila terlalu lama disimpang lebih dari 30 hari, malah yang ada bisa menjadi bumerang tersendiri.

BACA JUGA : Samsung Smart Lifestyle Home Mudahnya Gaya Hidup Kekinian

4. Saus Salad

Bagi yang suka memasak, pastinya sering menyimpan makanan olahanya di dalam kulkas layaknya saus salad. Namun harus diingat, saus salah buatan sendiri memiliki usia yang lebih singkat dari yang dibeli di toko, karena itu pastinya akan lebih cepat busuk dan menyebarkan arima tak sedap ke makanan lain.

5. Rempah-rempahan

Begitu juga dengan daun atau rempah-rempahan yang biasa digunakan untuk memasak layaknya daun kemangi. Meski akan lebih awet saat di dalam kulkas, tapi bila terlalu lama justru bisa merusak kualitasnya, bahkan tak jarang yang mengalami pembusukan seperti menghitam atau layaknya cabai yang menjadi tak segar.

6. Daging masak

Bakteri yang berbahaya biasanya tidak akan tumbuh di alam suhu dingin termasuk di dalam kulkas, namun demikian organisme pembusuk masih tetap bisa bertahan. Karena itu, khususnya bagi dagin yang sudah dimasak lebih dari tiga hari wajib diperhatikan ketika akan diletakan di kulkas dalam waktu yang lama.

Exit mobile version