Bacaan Niat Puasa Arafah dan Keutamaannya

idul adha 1442 H bacaan niat puasa arafah dan keutamaan

Tidak terasa ya sebentar lagi umat muslim di Indonesia dan seluruh dunia akan menyambut kehadiran hari raya Idul Adha 2021. Nah, buat kamu yang ingin menjalankan ibadah puasa Arafah, sudah tahu belum bacaann niat puasa Arafah?

Pemerintah Indonesia resmi menetapkan Idul Adha 1442 H jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 atau pada hari Selasa besok. Sebelum merayakan hari Idul Adha, biasanya ada sejumlah amalan yang dilakukan, yakni menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan puasa Arafah.

Kedua puasa tadi merupakan puasa sunnah yang dijalankan dua hari sebelum Idul Adha. Untuk puasa Tarwiyah biasanya dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah atau jatuh pada tanggal 18 Juli 2021. Sementara untuk puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau 19 Juli 2021. Nah, sebelum puasa Tarwiyah dan Arafah tadi, umat muslim memang dianjurkan untuk lebih dulu menjalankan puasa Dzulhijjah dari tanggal 1-7 Dzulhijjah.

Baca Juga: Kumpulan Doa Naik Pesawat Terbang 6 Agama

Keutamaan Puasa Arafah

Keistimewaan menjalankan puasa Arafah, disebutkan bahwa umat muslim yang menjalankannya akan mendapatkan balasan berupa diampuni dosa tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang.

Dari Abu Qatadah…Rasullullah sawa bersabda:

“Berpuasa pada tiga hari setiap bulan dan berpuasa dari satu Ramadan ke Ramadan selanjutnya, ini sama dengan puasa satu tahun penuh. Puasa Arafah, aku mengharap puasa ini dapat menghapus dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya,” (HR Bukhari).

Tiap muslim yang mampu dan memenuhi syarat berpuasa, maka dapat melakukan puasa Arafah. Namun puasa ini tidak disunnahkan bagi yang sedang berhaji. Aturan ini dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW,

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Artinya: “Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR Bukhari).

Baca Juga: Ayo Berkurban di Idul Adha 1442 H Ketika Pandemi Covid-19

Niat Bacaan Puasa Arafah

Nah, buat kamu yang ingin menjalankan puasa Arafah besok, berikut bacaan Niat Puasa Sunah Arafah:

نويتُ صومَ عرفة سُنّةً لله تعالى

Nawaitu Shouma Arofah Sunnatan Lillahi Ta’aala

Artinya: “Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala”.

Itu dia tadi keutamaan mengenai puasa Arafah yang akan berlangsung pada Senin 19 Juli 2021. Semoga ibadah kamu di Idul Adha tahun ini berjalan lancar, khususnya bagi yang menjalankan.

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Berpuasa dengan OPPO Band 

Exit mobile version