Bahaya Daging Kambing Jika Dikonsumsi Berlebihan Saat Idul Adha

waspada bahaya daging kambing di kala idul adha

Perayaan Idul Adha identik dengan pemotongan daging hewan kurban, seperti sapi dan kambing. Di saat itu lah, sebagian besar masyarakat Indonesia pun menikmati sajian atau olahan berbahan dasar daging kambing atau sapi. Namun, kamu pun perlu waspada terhadap bahaya daging kambing apabila dikonsumsi berlebihan.

Sama seperti daging sapi, daging kambing juga termasuk ke dalam golongan daging merah. Di dalam 100 gram daging kambing setidaknya terdapat 150 kalori, 27 gram protein, 15 gram lemak, serta berbagai macam kandungan lainnya, seperti kalium, vitamin B12, zat besi, dan lainnya. Meski memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, mengonsumsi daging kambing secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Lalu apa saja sih bahaya daging kambing apabila dikonsumsi secara berlebihan? Simak informasinya di bawah ini!

Waspada Bahaya Daging Kambing Jika Dikonsumsi Berlebihan

1. Pencernaan terganggu

Salah satu efek mengonsumsi daging kambing yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi pencernaan kurang baik atau dikenal dengan istilah sembelit. Daging kambing tidak mengandung serat. Selain itu, daging kambing menjadi salah satu jenis makanan yang membutuhkan kinerja ekstra keras bagi usus untuk mengolahnya. Karenanya, alangkah baiknya jika diimbangi makan daging kambing dengan serat.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, Waspada Penyebab Kolesterol Tinggi

2. Gagal ginjal

Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak makan daging kambing juga dapat menyebabkan gagal ginjal. Hal tersebut ditemukan dalam sebuah laporan Journal of American Society of Nephrology, yang menyebutkan hubungan ketergantungan antara konsumsi daging merah dan risiko gagal ginjal. Dari laporan tersebut disebutkan bahwa 25% dari orang yang mengonsumsi daging kambing memiliki setidaknya 40% risiko gagal ginjal.

3. Penyakit jantung

Di dalam daging kambing terdapat banyak sekali kalori dan lemak, hal ini karena golongannya yang termasuk golongan daging merah tadi. Maka dari itu, terlalu banyak lemak juga dapat menyebabkan risiko kolesterol tinggi yang berujung pada memicu risiko penyakit jantung pada manusia dan kondisi kardiovaskular lainnya.

Baca Juga: Tips Menyimpan Daging Kurban Supaya Aman Dikonsumsi

4. Kanker

Jika bahaya daging kambing di atas masih belum bikin kamu seram, berikut ini ada juga risiko kanker. WHO pada Oktober 2015 menyebutkan bahwa  daging kambing bersifat karsinogenik, yang dengan kata lain memiliki kandungan untuk meningkatkan risiko kanker. Bukan hanya itu, cara pengolahannya pun harus diperhatikan lho. Sebab National Cancer Institute menjelaskan bahwa pengolahan daging kambing dengan suhu tinggi, seperti dipanggang atau digoreng bisa menyebabkan kanker.

5. Penyempitan pembuluh darah dalam otak

Daging merah seperti daging kambing apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Nah, kadar kolesterol yang tinggi ini bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dalam otak lho. Gejala ringan yang ditimbulkan dari kasus ini adalah gampang lupa dan sulit dalam mengambil keputusan.

Exit mobile version