Bahaya Mengangkat Wiper Saat Parkir Mobil

Buat sebagaian pemilik mobil, mungkin kerap melakukan ritual mengangkat wiper saat sedang parkir. Terutama saat mendapatkan parkir di ruang terbuka atau outdoor.

Mengangkat wiper saat sedang parkir memang cukup efisien untuk membuat karetnya lebih awet. Karena berbahan karet, sudah pasti tidak bisa sering terkena panas, baik panas secara langsung maupun melalui mediator.

Dengan mengangkat wiper saat mobil di parkir jelas mampu memberikan efek lebih awet pada karet wiper. Karet wiper tidak akan mudah getas atau mengalami kekakuan ketika tidak terkena panas berlebih. Panas hanya akan didapat dari sinar matahari langsung, tanpa melalui mediator, karena karet wiper tidaklah menempel pada kaca.

BACA JUGA : Tips Aman Berkendara di Guyuran Hujan Lebat

Tapi apa Anda tahu dampak negatif apa yang akan terjadi ketika keseringan mengangkat wiper tersebut? Pada batang wiper terdapat komponen berupa pegas. Pegas tersebut akan langsung tertarik ketika wiper mobil Anda diangkat.

Wiper mobil

Ketika wiper sering diangkat, dan diangkat dalam waktu yang lama, maka jelas kondisi pegasnya akan tertarik. Saat sering tertarik, konstruksi dan kekuatan pegas pun akan mulai menurun. Menurunnya kekuatan pegas sudah pasti berdampak pada penekanan wiper.

Wiper yang tidak memiliki daya tekan kuat, bisa dikatakan sebagai wiper yang rusak. Saat terjadi kerusakan, proses penggantiannya jauh lebih rumit dibanding jika memang sudah waktunya ganti. Tak banyak toko suku cadang atau aksesoris mobil yang menyedikan komponen pegas wiper. Makanya harus hati – hati dalam merawatnya.

Untuk menjaga kondisi wiper mobil agar tidak mudah rusak, baik untuk komponen pegasnya maupun karetnya, Anda bisa melakukan cara berikut. Anda bisa menggunakan kertas atau penyangga wiper yang dilapisi kain microfiber di antara kaca mobil dengan karet wiper mobil.

BACA JUGA : Jangan Rugi, Gini Cara Bikin Harga Mobil Lawas Tetap Tinggi

Dengan begitu, Anda bisa menjaga kondisi wiper agar lebih awet dan tahan lama. Karet wiper tidak akan mudah getas, dan pegasnya pun tidak akan mudah mengalami penurunan kekuatan. Sungguh efektif bukan untuk menjaga dan merawat kondisi wiper?

Atau lebih mudah lagi, Anda bisa mengangkat wiper ketika sedang parkir di bawah terik matahari langsung. Sedangkan saat Anda sedang parkir mobil di tempat yang teduh, tidak perlu mengangkat wiper tersebut.

Exit mobile version