10 Bakery di Jakarta yang Menjual Kue dan Roti Unik

Bakery di Jakarta mewarnai keanekagaraman kuliner kota metropolitan tersebut. Di setiap sisi jalan dan di dalam mal bertebaran kios dan toko bakery yang menawarkan keunikan dan keunggulan masing-masing. Di media sosial juga bisa dijumpai banyak sekali akun merek bakery, baik roti rumahan maupun roti-roti buatan baker dan pâtissier asing.

Bakery terdiri dari beberapa produk. Dikutip dari situs Indonesian Chef Association, produk bakery terdiri roti (bread), cake, pastry dan biskuit (cookies). Bagi masyarakat Indonesia yang terbiasa makan nasi, dahulu produk bakery dianggap sebagai makanan ringan atau snack. Sekarang, produk bakery sudah mengurangi kebutuhan nasi, terutama di Jakarta.

Rekomendasi Bakery di Jakarta

Produk bakery cocok dinikmati di semua waktu. Di Jakarta yang sangat sibuk, produk bakery paling sering dikonsumsi untuk sarapan dan makan malam karena praktis. Berikut adalah rekomendasi bakery di Jakarta, yang sering disebutkan netizen di media sosial.

Toko roti legendaris Indonesia

1. Lauw Bakery

Lauw Bakery terletak di daerah Fatmawati Jakarta Selatan. Toko ini sudah lama berdiri dan memiliki armada keliling. Kue dan roti yang ditawarkan bernuansa zaman dulu dengan roti gambang sebagai unggulan.

Untuk mengikuti zaman, tersedia roti gambang rasa keju. Di sini juga tersedia roti buaya sehingga tidak perlu menunggu dilamar jika ingin menikmatinya.

Baca juga: 5 Toko Roti yang Sudah Melegenda di Indonesia

2. Don Bakeshop

Don Bakeshop ada di PIM, Gandaria City, Grand Indonesia, dan mal-mal lain. Mengklaim diri sebagai artisan bakery, produk-produk Don memang terlihat cantik dan menggiurkan. Jika melewati lemari kaca pajangan Don, tak mungkin lolos dari pesona aneka pastry dan kue lain seperti red velvet croissant, choux yang lucu-lucu, dan éclair dengan topping warna-warni.

Selain itu, Don terkenal sebagai bakery di Jakarta dengan roti berpenampilan mewah tetapi berharga murah.

3. Levant Boulangerie

Levant Boulangerie terletak di daerah Cipete, Jakarta Selatan, dan buka sejak pukul 07.00 pagi. Bakery di Jakarta ini merangkap restoran.

Untuk sarapan, egg benedict atau quiche mushroom dan kopi akan membuat perasaan nyaman dan memberi semangat sebelum bekerja. Suasana Perancis berusaha diciptakan di sini, termasuk kursi di luar ruangan ala kafe Perancis. Levant ini cukup ramai sehingga untuk makan di tempat akan lebih baik jika melakukan reservasi lebih dahulu.

4. Suisse Bakery

Suisse Bakery ini sangat populer dan termasuk legend di Jakarta Barat. Lokasinya hanya di Jalan Hayam Wuruk, alias tidak punya cabang.

Bintang utamanya adalah roti-roti manis model lama yang terkenal empuk dengan isian yang tidak neko-neko. Cara pembayaran di sini juga masih sederhana, yaitu tunai dan debet salah satu bank. Jadi, jangan lupa siapkan uang tunai.

5. Pand’Or Food & Cakes

Pand’Or ada di daerah Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain bakery, Pand’Or juga merupakan restoran mewah dua lantai yang menyediakan berbagai menu makanan berat.

Untuk menemani waktu santai, crepes dengan tambahan es krim akan menyenangkan sekali. Tapi di sini juaranya kue-kue kering, antara lain nastar.

6. Beau Bakery

Beau Bakery ada di Cikajang dan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Beau Bakery menyediakan roti sourdough tanpa pengawet dan produk-produk bakery lainnya. Namun croissant buatan Beau juga memiliki banyak penggemar. Ruangan untuk makan di tempat tidak terlalu luas, tetapi bagian semi luar ruangannya sangat menyenangkan.

7. Sakura Anpan Cake Shop

Sakura Anpan yang buka sejak pukul 06.00 pagi ini terletak di Jalan H. Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat. Sakura Anpan merupakan satu dari deretan bakery legend di Jakarta. Produk yang banyak digemari adalah black forest dan berbagai roti manis khas roti-roti lawas.

Desain cake yang ada di etalase juga masih menggunakan desain yang pernah populer zaman dulu. Namun penggemar Sakura Anpan tidak berkurang, melainkan hanya berganti generasi saja.

8. Maison Weiner Cake Shop

Maison Weiner boleh dibilang merupakan bakery di Jakarta tertua, yang berdiri sejak tahun 1936. Letaknya di Kramat, Kwitang, daerah Senen, Jakarta Pusat.

Bakery imut nan klasik ini dimiliki secara turun-menurun dan banyak menggunakan resep-resep dari Belanda. Produk unggulan di sini adalah sourdough bread yang sangat laris. Produk lain yang juga perlu dicicipi adalah onbijtkoek yang wangi rempah dan memiliki versi gluten free, chicken pie, roti coklat almond dan aneka pastry.

9. Roti Eneng

Roti Eneng terletak di Gandaria Tengah, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tampilan bakery ini unik karena seperti rumah hunian, tetapi sudah disulap menjadi kafe yang nyaman. Produk yang banyak disukai pengunjung adalah roti bunting, roti tawar kentang, dan aneka toast.

Baca juga: Mengintip Menu Sarapan Pagi Para Selebriti, dari Andien Aisyah hingga Luna Maya

10. Paul

Paul ada di beberapa mal prestisius di Jakarta. Salah satunya berada di Pacific Place yang memiliki area dalam dan luar ruangan. Lokasinya strategis di tengah SCBD dan buka sejak pagi.

Suasana bakery di Jakarta ini nyaman untuk berkumpul bersama teman-teman atau kolega. Meski merupakan bakery, Paul juga menyediakan menu lain. Khusus untuk bakery, produk yang ditawarkan sangat banyak, antara lain cake moka, banana cake, croissant, waffle, croffle dan sebagainya. Paul membuat suasana menikmati roti dan kue istimewa dengan layanan penuh.

Demikianlah 10 bakery di Jakarta yang terkenal dengan hidangan roti dan kue yang kreatif dan unik. Jika sedang berkungjung ke Jakarta atau mungkin warga Jakarta sendiri, harus mencoba rekomendasi di atas.

Exit mobile version