Tip Mengunjungi Bali Zoo: Cara Mendapatkan Pengalaman Terbaik

JNEWS – Bali Zoo adalah wisata kebun binatang terbesar kedua yang ada di Pulau Dewata. Tempat ini dibangun sejak tahun 2002 dan menjadikannya sebagai kebun binatang pertama yang ada di Bali.

Lokasi kawasan wisata ini ada di Desa Singapadu Gianyar, dan dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 12 hektare. Dengan luas tersebut, tempat ini menjadi rumah bagi 600 hewan dari 65 spesies. Bahkan beberapa di antaranya merupakan satwa langka yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Beberapa satwa yang bisa dijumpai di tempat ini seperti harimau Sumatra, unta, beruang, kanguru, singa Afrika, komodo, buaya, ular, hyena, orang utan, dan masih banyak lainnya. Tak hanya pesona satwa saja yang bisa dinikmati di tempat ini, ada sejumlah atraksi dan aktivitas lainnya seperti berfoto dengan beberapa hewan yang menjadi daya pikatnya.

Bali Zoo dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WITA. Untuk tiket umum dewasa Rp355.500/orang dan anak-anak Rp252.00/orang. Harga tersebut sudah termasuk animal encounter & show, jungle splash waterplay, dan asuransi. Namun perlu diingat, durasi berkunjung di tempat ini maksimal 3 jam.

Tip Mengunjungi Bali Zoo Agar Liburan Lebih Seru dan Menyenangkan

Untuk berkunjung ke Bali Zoo ini perlu sejumlah persiapan agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik yang tak terlupakan, apalagi jika berkunjung bersama keluarga. Berikut beberapa tip mengunjungi kawasan kebun binatang ini agar liburan lebih menyenangkan.

Tip Mengunjungi Bali Zoo

1. Patuhi Aturan dan Batasan yang Berlaku

Walaupun Bali Zoo memiliki sistem keamanan yang terjamin, tetapi pengunjung harus mematuhi sejumlah aturan yang berlaku di tempat ini. Beberapa peraturan dan batasan yang perlu dipatuhi yaitu:

Hindari melewati batasan dan aturan di atas hanya demi konten, karena keselamatan seluruh pengunjung dan juga hewan di dalamnya adalah tanggung jawab bersama.

Baca juga: Mengenal Satwa Liar Indonesia yang Dilindungi yang Menjadi Keajaiban Keanekaragaman Hayati

2. Waktu Terbaik

Apabila ditanya kapan waktu terbaik mengunjungi tempat ini, maka jawabannya adalah semua tergantung dari pengunjung ingin mendapatkan pengalaman seperti apa.

Datang lebih pagi bisa dijadikan pilihan, mengingat kebun binatang ini sangat luas dan juga biar terhindar dari cuaca yang kadang sangat terik di siang hari.

Namun, untuk menambah preferensi pengunjung, berikut beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan yaitu:

3. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Berkeliling Bali Zoo paling asyik sambil berjalan kaki karena bisa mengunjungi satu per satu koleksi satwa. Oleh karena itu, agar nyaman saat berkeliling, kenakan baju dari bahan katun agaru mudah menyerap keringat dan tidak cepat bau. Jangan lupa juga untuk kenakan alas kaki yang nyaman dan kaus kaki untuk menghindari lecet di telapak kaki.

4. Sediakan Air Minum

Berada di Bali Zoo pastinya tidak hanya satu atau dua jam saja, karena ada banyak satwa langka dan beragam aktivitas menarik untuk dilakukan. Selain persiapan pakaian dan sepatu yang nyaman, sediakan pula air minum agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Untuk menjaga kebersihan dan lingkungan, bisa membawa tumblr. Dengan demikian, pengunjung bisa tetap nyaman dan anak-anak tidak rewel saat berkeliling kebun binatang.

5. Menjaga Kebersihan

Mengajak anak ke Bali Zoo bisa sebagai sarana edukasi satwa sekaligus mengajarkan mereka untuk menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Untuk menjaga kebersihan diri, sediakan hand sanitizer dan bisa kenakan masker. Selain itu, ajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan di seluruh kawasan kebun binatang.

Aktivitas Menarik di Bali Zoo

1. Animal Encounter

Animal Encounter ini adalah aktivitas yang memungkinkan pengunjung bertemu langsung dengan beberapa hewan yang didampingi oleh staf kebun binatang. Di sini pengunjung bisa mempelajari cara menangani dan memberikan makanan pada hewan.

Ada dua pilihan untuk aktivitas ini yaitu:

Jadi pengunjung bisa memilih aktivitas ini di salah satu tempat di atas.

2. Animal Presentation

Di aktivitas animal presentation, pengunjung bisa menyaksikan burung terbang dan menangkap makanannya di udara. Untuk aktivitas ini ada dua pilihan tempat yang bisa dipilih yaitu:

3. Feed the Animals

Ingin mencoba sensasi memberi makan pada hewan seperti singa dan harimau? Tenang, pengunjung bisa melakukan aktivitas Feed the Animals ini dengan didampingi oleh tim Bali Zoo yang telah terlatih.

Namun untuk aktivitas ini, pengunjung harus bayar menyesuaikan hewan yang akan diberi makan. Berikut harganya yaitu:

4. Breakfast with Orangutan

Sarapan bersama orangutan adalah salah satu daya tarik dari kebun binatang ini. Bayangkan, makan pagi sambil ditemani orangutan yang berjarak hanya beberapa meter saja dari meja pengunjung. Tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Untuk Breakfast with Orangutan, tersedia di pagi hari mulai pukul 08.00 sampai 10.00 WITA. Adapun harga tiketnya yaitu:

Harga tersebut telah termasuk admission ticket, sarapan penuh, animal encounter & show, jungle splash waterplay, dan asuransi.

Baca juga: 8 Jenis Watersport Bali yang Seru dan Lokasi Terbaik untuk Mencobanya

5. Elephant Mud

Bali Zoo kembali menghadirkan pengalaman memandikan gajah oleh pengunjung. Di Elephant Mud Fun, pengunjung akan turun di sungai, berkotor dengan gajah Sumatra, dan memandikannya. Tenang saja, kegiatan ini akan ditemani oleh pawang mahout yang berpengalaman.

Harganya: Rp1.305.000/orang dengan perkiraan waktu kurang lebih 7 jam.

Harga tersebut sudah termasuk admission ticket, welcome drink, memberi makan gajah, mud fun activity, makan siang, handuk, dan asuransi.

Menikmati liburan bersama keluarga di Bali Zoo bisa dijadikan alternatif terbaik untuk mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Pastikan untuk merencanakan sebaik mungkin liburan di tempat ini karena membutuhkan bujet yang cukup besar apabila ingin mencoba beberapa aktivitas menarik di atas.

Exit mobile version