Bandara Jenderal Besar Soedirman Kembali Buka Penerbangan Komersial

Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, kembali membuka penerbangan komersial. Bandar udara ini mulai mengoperasikan penerbangan rute Jakarta – Purbalingga dan Purbalingga – Jakarta oleh Citilink, pada Kamis (10/11/2022) kemarin. Rute itu akan dioperasikan setiap Selasa dan Kamis.

Direktur Utama PT Angkasa Pura/AP II (persero), Muhammad Awaluddin, menuturkan bahwa penerbangan Citilink tersebut dapat kembali beroperasi di Bandara Jenderal Besar Soedirman berkat kolaborasi dari seluruh pihak.

Baca juga: Awas, Lupa Bayar Denda Tilang ETLE Sanksinya STNK Diblokir

“Penerbangan komersial Citilink di rute Jakarta – Purbalingga dan Purbalingga – Jakarta itu sangat spesial. Setelah penerbangan reguler sempat beberapa kali dihentikan karena dampak dari pandemi COVID-19, tepat di Hari Pahlawan, Bandara Jenderal Besar Soedirman bersama Citilink menggairahkan kembali penerbangan untuk memberikan layanan transportasi udara bagi masyarakat Purbalingga dan sekitarnya,” ujar Awaluddin.

Menurut Awaludin, kembalinya penerbangan komersial di Bandara Jenderal Besar Soedirman dapat terwujud berkat kolaborasi seluruh pihak yang memiliki tujuan sama yakni bangkit melawan pandemi.

Sekaligus meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan dengan memperkuat konektivitas udara di Indonesia.

Awaluddin menuturkan, AP II berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan lima Pemerintah Kabupaten wilayah Banyumas Raya yakni Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, Wonosobo dan Pemalang yang telah mendukung Bandara Jenderal Besar Soedirman dalam menjaga konektivitas udara nasional.

Baca juga: Lagi, BPOM Cabut Izin Edar Dua Industri Farmasi

Selanjutnya, kata Awaludin, Bandara Jenderal Besar Soedirman menjadi satu contoh yang baik dari semangat kolaborasi lintas instansi dalam memperkuat konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat.

AP II bersama maskapai dan stakeholder lainnya juga tengah membahas rencana pengaktifan kembali rute-rute penerbangan dari dan ke Purbalingga, dan diharapkan dalam waktu dekat masyarakat dapat kembali mendapatkan sejumlah pilihan penerbangan.

Bandara Jenderal Besar Soedirman dapat mendukung sektor pariwisata di Purbalingga dan sekitarnya yang memiliki potensi cukup besar dengan sejumlah destinasi wisata terkenal di antaranya adalah Batu Raden, Arung Jeram Serayu, Lembah Asri Serang dan Dieng.

Menurut data AP II, jumlah kunjungan wisatawan ke Purbalingga dan sekitarnya mencapai sekitar 7,36 juta orang atau 23 persen dari total kunjungan wisata di Jawa Tengah.

Selain sebagai bandara untuk mendukung pariwisata, Bandara Jenderal Besar Soedirman juga memiliki opsi sebagai bandara feeder (pengumpan) untuk perjalanan ibadah umrah melalui Bandara Kertajati (Majalengka) dan ke Surabaya.

Baca juga: Cek Makanan yang Ampuh Tekan Asam Urat

Bandara ini dibangun dari awal di atas lahan kosong oleh AP II sejak tiga tahun lalu dan akan terus dilakukan pengembangan ke depannya.

Exit mobile version