Bantu UMKM, Pertamina Gelontorkan Modal Rp2,7 Miliar

Pertamina Salurkan Bantuan Modal ke UMKM

Pertamina Salurkan Bantuan Modal ke UMKM

Pertamina Bantu UMKM – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus, mengelontorkan bantuan modal sepesar Rp 2.705.000 melalui Program Kemitraan kepada para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Binaan yang berada di wilayah, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Jawa Timur.

Tujuan dari penyaluran bantuan modal tersebut dilakukan bagi pelaku UMKM serta kelompok yang rentan secara ekonomi untuk menjalankan bisnis di tengah berkurangnya permintaan pasar akibat imbas pandemi Covid-19.

Mayoritas UMKM binaan tersebut berasal dari Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). UMKM tersebut sebagian besar bergerak di sektor industri kreatif seperti tenun dan rotan, juga dari sektor industri rumahan, perdagangan, hingga peternakan.

Total bantuan modal yang disalurkan untuk UMKM binaan di Kabupaten Bima berjumlah Rp 1.560.000.000 untuk 14 UMKM Binaan. Penyaluran yang dimaksud guna mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditetapkan Pemerintah. Dimana salah satunya berada di Nusa Tenggara Barat, yaitu Mandalika.

Baca juga : Pentingnya Ponsel dengan Baterai Tahan Lama Bagi UKM

Program Kemitraan merupakan program yang dibentik guna meningkatkan kemampuan UMKM menjadi Mitra Binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri. Hal ini tentunya juga dilakukan sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Perusahaan khususnya, maupun masyarakat Indonesia pada umumnya guna mendukung kegiatan Pertamina dan juga mitra bisnis.

Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji menyampaikan, Pertamina memahami bahwa pelaku UMKM berisiko tidak dapat melanjutkan usahanya di saat pandemi yang belum menunjukkan tren penurunan.

“Dengan adanya bantuan akses permodalan ini, UMKM binaan Pertamina juga bisa mendapatkan pendampingan dan bimbingan dalam menyiasati pengelolaan model usaha untuk menjadi lebih tangguh,” kata Rustam dalam keterangan yang diterima JNEW, Rabu (23/9/2020).

Misal seperti sosialisasi dan pelatihan yang tetap berlangsung di masa pandemi, Pertamina tetap menjalankan tugasnya dengan mengadakan webinar series yang bekerja sama dengan salah satu radio di Jawa Timur dengan menghadirkan narasumber atau praktisi di bidang UMKM.

Baca juga : Rilis Aplikasi Dagang, Youtap Siap Bantu UMKM Go Digital

Rustam berharap webinar yang tetap dilakukan dapat bermanfaat bagi UMKM dalam menjalankan bisnis di tengah Pandemi COVID-19. Pada tahun 2019 lalu, Pertamina MOR V telah menyalurkan dana PK sebesar Rp23.3 M.

“Sedangkan pada tahun ini hingga September 2020, Pertamina telah menyalurkan bantuan permodalan sebesar Rp11M kepada 149 Mitra Binaan untuk pengembangan UMKM. Mitra binaan ini tersebar di 4 Provinsi yang berada di wilayah MOR V, yaitu Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur,” ujar Rustam.

Gabung

Bagi masyarakat pelaku UMKM memiliki rencana pengembangan usaha dan berminat jadi mitra dengan Pertamina, dapat memperoleh informasi mengenai Program Kemitraan Pertamina, melalui situs resmi https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan, atau menghubungi Call Center Pertamina di nomor 1 500 000.

Exit mobile version