Banyak yang Ketipu, Begini Cara Menghindari Penipuan Tiket Konser

menghindari penipuan tiket konser

Konser Blackpink di Jakarta bertajuk ‘WORLD TOUR [BORN PINK] berlangsung meriah dan diwarnai dengan sejumlah drama. Salah satunya adalah drama maraknya korban penipuan tiket konser Blackpink.

Sekadar informasi, konser Blackpink di Jakarta berlangsung selama dua hari, yakni 11 dan 12 Maret 2023 bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Sebagai salah satu idol K-Pop yang paling diganderungi masyarakat Indonesia, tiket konser Blackpink pun menjadi barang yang paling diincar.

Pembelian tiketnya pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tidak sedikit dari Blink (sebutan penggemar Blackpink) yang gagal membeli tiket karena kalah ‘war tiket’. Alhasil, banyak yang putus asa dan rela melakukan berbagai cara untuk bisa menonton idola kesayangannya itu.

Baca Juga: Nonton Konser hingga Travel Ekonomis Bakal Ngetren di Tahun 2023

Hal ini pun lantas dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menjual tiket palsu konser Blackpink. Salah satu yang terkena penipuan tiket Blackpink adalah artis Audi Marissa. Melalui akun Instagram miliknya, Audi membagikan pengalaman tersebut.

“Aku kena tipu ticket Blackpink sama ini bocah. Udah bayar. Untung masih bayar setengah. Cuma tetep aja nyesek. Ini anak udah pergi dari rumahnya sampe ortunya aja udah capek karena anaknya sering nipu dari 2022 dan banyak korban nya ke rumah minta pertanggung jawaban,” cuitnya.

Tidak tinggal diam, Polda Metro Jaya pun saat ini tengah melakukan pemeriksaan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, penipuan yang dilakukan secara online itu kini sedang diselidiki oleh penyidik Ditrektorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

“Langkah-langkah yang dilakukan dalam hal ini, Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya sudah melakukan langkah-langkah penyidikan. Namun sejauh ini belum adanya laporan secara resmi kepada Polda Metro Jaya,” ujar Trunoyudo seperti dikutip dari Kompas.

Audi Marissa menjadi satu contoh dari sekian banyak penggemar Blackpink yang tertipu. Lebih parah dari Audi, akun Twitter @danielhermans10 bercerita bahwa dirinya mengalami dugaan penipuan oleh pengelola akun Twitter penyedia jasa titip pembelian tiket konser Blackpink bernama @mbakjastip_.

Baca Juga: Persiapan Nonton Konser agar Tetap Sehat, Hemat, dan Selamat

Tips Menghindari Penipuan Tiket Konser

Nah, agar tidak tertipu saat beli tiket konser, berikut ini tips menghindari penipuan tiket konser.

1. Beli tiket dari situs resmi

Belilah tiket langsung dari situs resmi penyelenggara konser atau dari agen resmi yang bekerja sama dengan penyelenggara konser. Pastikan untuk memeriksa apakah situs tersebut memiliki sertifikat keamanan dan terpercaya.

2. Cek reputasi penjual tiket

Kalaupun terpaksa membeli di luar situs resmi, cek reputasi penjual tiket atau agen resmi yang tempat membeli tiket konser. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui situs web resmi, media sosial, atau platform review untuk memastikan bahwa mereka terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

3. Cek harga tiket

Periksa harga tiket yang kamu beli. Jika harga tiket terlalu murah dibandingkan harga aslinya, atau terlalu mahal untuk ukuran konser yang sama, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa tiket tersebut palsu atau diambil dari reseller.

4. Hindari metode transfer

Jangan membeli tiket konser dari penjual yang meminta pembayaran melalui transfer bank atau metode pembayaran yang tidak umum. Metode pembayaran seperti itu seringkali merupakan tanda-tanda bahwa penjual tiket tersebut tidak terpercaya.

5. Minta COD

Tips terakhir, pastikan membeli tiket secara COD (Cash on Delivery) atau ketemuan dengan si penjual tiket. Kalau bisa minta diantarkan sampai pintu masuk, baru membayar tiket tersebut. Jika penjual tersebut tidak mau, jangan diteruskan. Ada kemungkinan dia menjual tiket palsu.

Exit mobile version