Baru Mulai Usaha, Hindari Beberapa Hal Ini

 

Sejak pandemi melandar, banyak orang yang banting stier membuka ragam usaha, beberapanya ada yang memilih jalur UMKM. Apalagi dengan kemudahan usaha yang ditawarkan melalui platform online.

Namun demikian, bagi orang yang baru memulai bisnis, rupanya soal strategi dan cara-cara lain agar bisa menghailkan cuan tidak lah mudah. Kerap selalau ada kendala dan kesalahan yang terjadi.

BACA JUGA : Kembangkan Usaha Kamu dengan Tips Jitu dari Fasilitator Digital Marketing

Ilustrasi UMKM

Agar bisa menhindari kesalahan-kesalah yang terjadi, penting untuk selalu menggali informasi dan mengikuti seminar-seminar. Berikut redaksi JNEws Online coba rangkum beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pemula saat akan berbisnis.

– Terlalu banyak Ide

Memiliki ide untuk pemasaran sah-sah saja, dan memang diperlukan. Namun hal tersebut akan sia-sia bila hanya jadi bahan tampungan tanpa ada implementasinya.

Agar bisa berjalan, memang perlu dilakukan pergerakan alias action. Jangan memikirkan bila gagal, karena tidak akan tahu bila tidak dicoba.

– Komitmen

Ini sebenarnya menjadi modal dasar saat akan memulai usaha atau bisnis, termasuk bagi UMKM. Tanpa ada komitmen yang kuat, otomatis akan mudah menyerah, parahnya bila sampai putar balik di tengah jalan.

BACA JUGA : Peran Penting Ulasan dan Rating Positif pada Bisnis Online

UMKM Pertamina

– Pelayanan

Jangan sepelekan soal pelayanan, hal ini penting dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen. Jangan hanya fokus pada penjualan dan produk saja, dan mengabikan soal memberikan service yang baik bagi konsumen.

Percaya tidak percara, dengan pelayanan baik konsumen akan sering berdatangan. Bahkan bisa menggali strategi dari hal ini.

 

 

 

Exit mobile version