Bawang Goreng ‘mBrebes Mili’ Produk UMKM Andalan Depok

JNEWS – Bawang goreng yang rasanya gurih dan renyah, apalagi bila dicampur sebagai bumbu masakan sudah sejak lama menjadi kebutuhan dan pelengkap bumbu di dapur. Kini di tangan kreatif warga Depok, Jawa Barat, Dini Windu Asih, bawang goreng menjadi produk yang menguntungkan. Penjualannya terus meningkat, baik yang dijual melalui offline mapun online dan sudah lama dijual di lapak Pesona JNE.

Usaha bawang goreng dengan merek mBrebes Mili ini, bermula dari kecintaan Dini Windu Asih terhadap produk bawang goreng yang bisa meningkatkan citarasa masakan. Selain itu, ia juga mempunyai niat mulia membantu kerabat dan warga kampung tempat leluhurnya di Berebes, yang mayoritasnya petani bawang merah.

“Saya mencoba mengangkat produk lokal asal kampung leluhur. Setelah berkembang saya bersama suami lebih fokus lagi agar usaha ini bisa membuka lapangan kerja, terutama dari lingkungan terdekat,” ujar Dini, pendiri sekaligus pemilik mBrebes Mili saat berbincang dengan JNEWS.

Sejak Agustus 2017 bawang goreng mBrebes Mili hanya diproduksi di Brebes, namun setelah berkembang dan melihat peluang yang ada kemudian diproduksi di Depok, sebagai tempat tinggal Dini. Meski demikian bahan dasar bawang merah tetap didatangkan dari Brebes, Jawa Tengah yang dikenal sebagai sentra petani bawang merah.

Baca juga: Menteri Teten Masduki Dorong SMESCO Jadi Markas UMKM dan Produk Lokal

“Kalau dekat rumah lebih mudah mengawasinya, apakah itu untuk kualitas, pengemasan hingga distribusi. Merek mBrebes Mili berasal dari bahasa Jawa yang artinya tanpa sadar keluar air mata. Maknanya sesuai dengan proses bawang goreng sendiri, di mana saat diiris menyebabkan air mata merembes jatuh,” ujar perempuan yang hobi membaca ini.

Bawang goreng mBrebes Mili saat ini sudah di jual offline di beberapa mini market, supermarket dan swalayan di Jabodetabek, Makassar, Riau, Timika hingga Papua. Sedangkan untuk online melalui Instagram, Facebook dan juga Pesona Nusantara JNE. Pengiriman melalui JNE sudah hampir ke seluruh pulau Jawa, Bali, Lampung, Sumatera dan Kalimantan.

“Sekarang kami juga mempunyai produk baru berupa minyak bawang merah dan bawang putih, serta baceman bawang putih yang semuanya dikerjakan oleh saya dan suami dibantu belasan karyawan,” beber Dini.

Rencana ke depan agar bawang goreng mBrebes Mili ini lebih dikenal dan disukai masyarakat luas, Dini berencana membentuk tim sales dan marketing online, yang bisa menangani penjualan hingga ke seluruh wilayah di Indonesia dan juga sampai ke negara tetangga.

“Kami juga akan fokus untuk bisa masuk ke semua supermarket, baik supermarket premium, menengah maupun bawah. Kami bersyukur sekarang bawang goreng mBrebes Mili lebih dikenal dan bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas,” tandas Dini. *

Baca juga: Kuliner Khas Petak Sembilan: Eksplorasi Rasa di Jantung Jakarta

Exit mobile version