Beda Shipment dan Cargo?

Pesawat merupakan satu dari sekian moda transportasi untuk shipment

Sobat JNEWS, Kalian tau gak, perbedaan antara Shipment dan Cargo?

Memangnya beda, ya?
Istilah shipment dan cargo itu memiliki arti yang berbeda. Mudahnya, kata cargo itu merujuk pada muatan atau benda yang akan diangkut oleh suatu moda transportasi. Nah, kalo shipment itu adalah aktivitas mengirim benda atau muatan tadi. Gampang kan?

sumber foto: euronews.com

Terus cargo itu apa, dong?

Nah, kargo itu adalah muatan yang biasanya berupa benda yang akan dikirim nih sobat JNEWS.  Secara garis besar, kargo dibagi ke dalam tiga klasifikasi berdasarkan metode pengirimannya yaitu, kargo udara, kargo maritim, dan kargo darat.  Sobat JNEWS harus tau nih! Sebelum penggunaan kontainer besi yang umum kita jumpai, di masa lampau kargo hanya dikemas dalam peti kayu atau kemasan seadanya loh! Jadi, walaupun kargonya sampai tepat waktu ga selalu dalam kondisi yang prima loh! Kebayang kan rasanya sudah nunggu waktu yang lama terus dapat barang yang rusak?

Sumber foto: universalcargo.com

Nah, kalo shipment?

Serupa tapi tak sama nih kalau kita ngomongin tentang shipment. Kalau kargo itu bisa didefinisikan sebagai muatan, shipment umumnya didefinisikan sebagai cara atau proses bagaimana suatu muatan dari satu titik tiba di titik lain dengan aman. Nah, mirip dengan kargo, shipment sendiri diklasifikasikan sesuai dengan moda transportasinya yaitu darat, maritim, dan udara. Nah sobat JNEWS! Umumnya kita sudah akrab dengan pengiriman lewat jalur darat dan maritim, tapi kalian harus tau nih kalau sebenarnya pengiriman melalui jalur udara sudah dilakukan sejak masa lampau dalam bentuk pos merpati. Kalau di masa ini pengiriman udara sudah menggunakan pesawat seperti #JNEPESAWAT hehehe…

armada jalur darat. foto: jnewsonline
Exit mobile version