Begini Cara Berhemat di Jakarta dengan Gaji Pas-Pasan

Berhemat di Jakatra

Ilustrasi pekerja yang hidup di Jakarta dengan gaji pas-pasan. Foto: Istimewa.

Kota Jakarta dengan segala gemerlapnya menampilkan sejuta impian bagi para pencari kerja. Namun, hidup di ibukota tidaklah mudah, karena rerata pengeluaran bulanan di Jakarta tergolong tinggi.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang ingin mengadu nasib meski bekerja dengan gaji pas-pasan. Lalu, bagaimana cara berhemat di Jakarta dengan gaji upah minimum provinsi (UMP)?

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Malam di Jakarta Pusat, Maknyus!

1. Sesuaikan gaya dengan biaya hidup

Nah, buat kamu yang berpenghasilan pas-pasan, sebaiknya jangan memaksakan diri agar terlihat wah. Sesuaikan gaya hidup dengan biaya bulanan yang kamu peroleh.

2. Berani tolak ajakan kongkow

Bukan berarti kamu nggak bisa kongkow atau hangout bersama rekan sekerja. Namun, pastikan tempat nongkrong tersebut sesuai dengan bujet kamu.

Tapi, bila ajakan bergaul itu berada di tempat wah, nah pastikan kamu bisa menolak ajakan tersebut. Jangan paksakan berhutang hanya untuk memuaskan diri sesaat.

3. Hindari kartu kredit

Bila kamu punya gaji pas-pasan, sebaiknya hindari mendaftar kartu kredit. Apalagi kalau kamu termasuk tipe orang yang boros dan sulit mengendalikan diri saat berbelanja.

Ingatkan pada diri sendiri kartu kredit itu sama dengan utang yang harus dibayar.

Baca juga: Nikmati Aktivitas Seru Bareng Bestie di Hari Persahabatan Internasional

4. Jangan banyak makan di luar

Cara lain untuk berhemat dengan gaji pas-pasan adalah memasak sendiri di rumah. Kamu bisa lebih irit lagi bila di kos-kosan ada teman yang bisa diajak patungan untuk masak.

Daripada beli makan di luar yang nggak cukup menghabiskan uang Rp50.000 sehari, baiknya pakai uang itu bahan masak.

5. Pakai transportasi umum

Memakai ojol atau taksi online pastinya memberi kenyamanan sendiri. Tapi pastinya nggak nyaman di kantong bila dilakukan tiap hari. Kamu bisa pilih transportasi umum seperti Transjakarta, MRT, atau KRL dalam perjalanan. Jika terpaksa harus naik ojol, kamu bisa manfaatkan promo yang sering diberikan. Atau bisa juga dengan mengajak teman untuk sharing ongkos dengan taksi online. Dengan begitu, kamu bisa berhemat di Jakarta.

Baca juga: Deterjen Aja Nggak Cukup, Ini 5 Cara Bikin Baju Tetap Harum Seharian

Exit mobile version