Begini Cara Cuci Pakaian Bekas Hasil Thrifting di Thrift Shop

cara cuci pakaian bekas hasil thrifting di thrift shop

Penggunaan pakaian bekas masih menjamur di kalangan masyarakat dengan istilah bekennya thrifting. Nah, buat kamu yang gemar beli pakaian bekas di thrift shop, musti tahu cara cuci pakaian bekas yang baik dan benar.

Sejatinya tren pakaian bekas sudah ada sejak zaman dahulu. Pasti kamu sudah tidak asing dengan tempat bernama Gedebage yang terletak di kawasan Bandung, Jawa Barat. Atau mungkin Pasar Senen Poncol di Jakarta?

Kedua tempat itu dulu dikenal sebagai tempat yang menjual fesyen menarik dengan harga terjangkau. Meski ada yang menjual pakaian baru, kebanyakan di tempat tersebut menjual pakaian bekas yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Lagi Cari Mobil Bekas, Ini Tipsnya Biar Tak Rugi

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, penjualan pakaian bekas kini berpindah ke media sosial. Oleh anak-anak muda sekarang, berbelanja pakaian bekas dikenal dengan istilah thrifting.

Berbelanja pakaian bekas sebenarnya sah-sah saja. Namun, kamu musti tahu cara cuci pakaian bekas yang aman melalui informasi di bawah ini!

Gemar Thrifting? Begini Cara Cuci Pakaian Bekas yang Aman

1. Rendam air panas

Langkah pertama setelah membeli pakaian bekas di thrift shop adalah merendamnya dengan air panas. Cara ini ampuh untuk membunuh bakteri maupun kuman yang menempel pada pakaian. Rendam pakaian kurang lebih sekitar 10-15 menit. Meski demikian, kamu juga musti memperhatikan bahan atau tekstur dari pakaian. Semisal pakaian mudah rusak, jangan memaksakan untuk merendam dengan air panas.

2. Rendam cairan antiseptik

Melanjutkan langkah yang kedua semisal pakaian bekas yang kamu beli mudah rusak jika direndam air panas, maka kamu bisa merendamnya dengan cairan antiseptik. Cara ini juga bisa menjadi cara lanjutan setelah merendam dengan air panas. Rendam pakaian dengan cairan antiseptik kurang lebih 10 menit.

3. Cuci dengan tangan dahulu

Kami paham mungkin kamu termasuk orang yang malas mencuci pakaian dengan cara manual. Namun, untuk pembelian pakaian thrifting pertama kali mencucinya harus menggunakan tangan secara manual. Caranya adalah dengan rendam terlebih dahulu dengan detergen untuk kemudian dikucek menggunakan tangan. Tujuannya adalah untuk memastikan agar noda di pakaian hilang sempurna, sekaligus menghindari dari rusak akibat penggunaan mesin.

 

Baca Juga: 7 Tips Kembangkan Bisnis Pakaian Bekas

4. Gunakan pelembut dan pewangi pakaian

Tidak hanya menggunakan detergen, cara cuci pakaian bekas yang baik juga menggunakan pelembut dan pewangi pakaian. Langkah ini penting agar pakaian bekasmu bisa lembut dan nyaman dipakai. Penggunaan pewangi pakaian juga bisa membuat pakaian menjadi wangi.

5. Pakai cuka putih untuk hilangkan bau menyengat

Terkadang ada pakaian bekas yang memiliki bau menyengat yang disebabkan oleh parfum bekas dari pengguna sebelumnya atau faktor yang lain. Nah, buat menghilangkan bau menyengat, kamu bisa merendamnya dengan rendaman air yang diberi cuka putih.

6. Jemur di bawah sinar matahari

Cara cuci pakaian bekas berikutnya yang tak kalah penting adalah mengeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari langsung, bukan dengan pengering pakaian. Hal ini karena sinar matahari dianggap memiliki efek disinfektan alami. Nah, saat menjemur juga sebaiknya membalik pakaian agar tidak merusak pakaian.

Exit mobile version