Begini Cara Kurir Antar Paket sampai Alamat Tujuan

Tiga Dekade JNE Antarkan Kebahagian dari hulu hingga hillir

Kurir JNE tengah mengantarkan paket di Desa Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Selasa (8/12/2020). Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

Profesi kurir menjadi pekerjaan yang menjamur beberapa tahun ke belakang. Kondisi ini didorong dengan pertumbuhan transaksi jual beli online di marketplace, sehingga menjadikan kurir makin dibutuhkan.

Kurir merupakan pekerjaan yang menuntut bekerja di lapangan. Tugas utamanya adalah mengirimkan paket ke alamat tujuan dengan selamat. Perannya sebagai pendistribusi paket pada konsumen menjadikan keahlian mencari alamat dengan benar harus dimiliki seorang kurir.

Baca juga: Pelaku Industri Dukung Akselerasi Digital UMKM di Indonesia

Nah, ternyata ada banyak cara yang dilakukan pengantar paket mencari alamat pengiriman. Beberapa di antaranya yang umum dilakukan adalah seperti di bawah ini:

1. Cari alamat langsung

Salah satu syarat untuk menjadi seorang kurir pengantar paket adalah pengetahuannya mengenal suatu daerah. Karena pekerjaannya mengharuskan kurir mengirim hingga ke pelosok daerah.

Syarat utama tersebut mengharuskan kurir mengetahui wilayah tanpa alat bantu seperti map online. Dengan begitu, pengantaran paket pun menjadi lebih cepat, sebab kurir mengetahui wilayah pengantaran.

2. Pakai Google Maps

Ini merupakan cara kurir kekinian dalam mencari alamat pengiriman. Google Maps memandu kurir menemukan alamat pengantaran paket. Hanya saja, peta dari Google ini masih terbilang kurang spesifik. Bahkan terkadang tidak akurat.

Google Maps cenderung kurang atau belum mampu memandu menemukan alamat yang memasuki gang atau daerah pelosok.

3. Tanya warga

Cara ini adalah yang paling umum, bahkan ampuh digunakan kurir pengantar paket. Biasanya bertanya pada warga sekitar dilakukan kurir saat mencari alamat di daerah perkampungana atau pedesaaan.

Nah, tak habis akal seorang kurir, saat tak ada warga yang mengetahui alamat tujuan, ia akan menanyakannya ke Ketua RT atau RW untuk detail alamat pengiriman.

Baca juga: Gini Cara Rawat Motor Matik Buat Kurir Tanpa Perlu ke Bengkel

4. Telepon penerima paket

Bertanya langsung ke penerima paket adalah cara lain yang biasa digunakan kurir. Pengantar paket akan menghubungi melalui telepon atau via WhatsApp untuk detail atau patokan alamat.

Exit mobile version