Begini Cara Tukar Bekas Botol Plastik Jadi Uang Elektronik

RMV botol plastik

Guna mengurangi populasi sampah pelastik di Indonesia, Danone-Aqua menggandeng kerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay meluncurkan Reverse Vending Machine (RVM) atau mesin yang bisa digunakan untuk penukaran botol plastik yang telah digunakan.

Dengan mesin ini, masyarakan yang habis mengkonsumsi air minum dalam kemasan, tak perlu repot membuang bekasnya, namun bisa ditukarkan yang kemudian menghasilkan uang elektronik.

Namun demikian, ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Melalui RVM, pengumpulan botol plastik pasca konsumsi dapat dilakukan melalui aplikasi PlasticPay di smartphone.

BACA JUGA : Keuntungan Gunakan Uang Elektronik Bagi UMKM

Proesenya harus dilalui dengan meng-install aplikasi PlasticPay. Setelah itu, bawa kemasan botol plastik ke AQUA RVM terdekat, pindai masing-masing barcode botol plastik dan masukkan ke mesin.

Bila sudah, lanjutkan dengan klik ‘Ámbil Poin’. Penukaran kemasan botol plastik PET pasca konsumsi dengan merek Danone-AQUA akan diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merek lain mendapat reward 50 poin per botolnya.

Nah, poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastik dapat ditukarkan dengan uang elektronik baik Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan ke depannya, akan bisa bahkan bisa ditukarkan menjadi Alfagift Points.

CEO PlasticPay Suhendra Setiadi mengatakan, melalui kolaborasi ini, perusahaan daur ulang kemasan botol plastik pasca konsumsi ini optimis dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas sehingga menjadikan RVM yang berkontribusi secara maksimal dalam pengelolaan sampah plastik secara berkelanjutan.

BACA JUGA : Industri Kemasan Produk Berperan Dukung Ekosistem Produk Halal

“Seluruh kemasan botol plastik pasca konsumsi yang terkumpul dalam AQUA RVM akan diambil oleh mitra pengumpul sampah plastik Danone-AQUA dan langsung di bawa ke RBU (Recycle Business Unit) yang berada di 6 lokasi, termasuk di Jakarta dan Tangerang Selatan,” kata Suhendra.

Menurutnya, kemasan botol plastik pasca konsumsi yang terkumpul di RVM akan diolah menjadi plastik PET daur ulang yang digunakan kembali sebagai bahan baku di seluruh kemasan botol AQUA.

Exit mobile version