Aplikasi dan Platform Terbaik untuk Belajar Coding

Belajar coding atau computer programming kini dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi dan platform terbaik. Hanya melalui smartphone, setiap orang berpeluang untuk membangun skill coding dengan akses yang mudah.

Coding, merupakan istilah yang umum digunakan dalam dunia IT. Istilah coding diartikan sebagai bahasa pemrograman yang disusun melalui urutan kode tertentu untuk menciptakan berbagai produk digital seperti website, fitur aplikasi, game, dan lainnya.

Yang menarik, aktivitas coding tidak terbatas pada laptop atau komputer, melainkan aplikasi coding kini memungkinkan pemrograman dilakukan melalui smartphone. Coding yang sebelumnya dianggap sulit, kini lebih mudah dipelajari orang awam melalui ketersediaan platform belajar coding.

Apalagi, di era digitalisasi sekarang, penguasaan keterampilan coding dapat membuka peluang pekerjaan bagi mereka yang berkeinginan terlibat dalam dunia teknologi. Lantas, platform dan aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mempelajari coding?

6 Aplikasi dan Platform Belajar Coding

Aplikasi dan Platform Terbaik untuk Belajar Coding

Berikut ini ulasan tentang aplikasi dan platform belajar coding terbaik, termasuk Codecademy, freeCodeCamp, Coursera, hingga Enki.

1. Codecademy Go

Aplikasi ini merupakan platform pembelajaran daring yang fokus pada pengajaran keterampilan pemrograman dan coding. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengakses berbagai kursus interaktif untuk mempelajari berbagai bahasa pemrograman.

Codecademy menyediakan berbagai materi coding yang mencakup berbagai bahasa pemrograman dan topik pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman yang umumnya ditawarkan di Codecademy meliputi HTML & CSS, JavaScript, Python, Java, hingga SQL.

Selain itu, Codecademy juga menawarkan kursus tentang pengembangan web penuh, pembuatan aplikasi, dan topik pemrograman lainnya. Materi-materi ini dirancang untuk pemula hingga tingkat menengah, dan pembelajar dapat memilih kursus sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Baca juga: Cara Menggambar Anime dengan Software dan Aplikasi Kreatif

2. FreeCodeCamp

FreeCodeCamp adalah platform belajar coding secara daring yang menyediakan berbagai sumber daya dan kursus untuk mempelajari pengembangan web dan pemrograman secara gratis. Di dalam aplikasi FreeCodeCamp, kamu dapat menemukan kursus pengembangan web termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan kerangka kerja web populer seperti React.js.

Selain itu, aplikasi juga menyediakan materi untuk memahami konsep algoritma dan struktur data dalam pemrograman. Tak perlu khawatir, ada berbagai tutorial untuk membuat aplikasi web penuh dari awal hingga akhir.

FreeCodeCamp juga menghadirkan kursus tentang bekerja dengan basis data dan backend pengembangan menawarkan sertifikasi untuk memvalidasi kemampuan yang diperoleh. Aplikasi FreeCodeCamp menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan proyek-oriented untuk membantu pemula membangun portofolio pengembangan web mereka.

3. Coursera

Coursera menawarkan berbagai kursus dan spesialisasi dalam bidang coding dan pengembangan perangkat lunak. Beberapa mata pelajaran yang dapat ditemui di Coursera terkait dengan coding meliputi kursus pemrograman dalam berbagai bahasa seperti Python, Java, dan C++.

Adapun, materi belajar coding yang tersedia mencakup HTML, CSS, JavaScript, dan kerangka kerja web seperti React, Angular, atau Django. Materi lainnya yaitu mencakup teori dan konsep ilmu komputer, algoritma, dan struktur data.

Kamu dapat memilih kursus sesuai dengan tingkat keahlian dan minat. Coursera juga sering kali menyediakan pilihan audit untuk sebagian materi tanpa biaya atau opsi untuk mendapatkan sertifikat dan bahkan gelar akademis.

4. Solo Learn

SoloLearn menjadi salah satu platform andalan untuk belajar coding. Aplikasi SoloLearn menyediakan berbagai kursus interaktif untuk berbagai bahasa pemrograman, termasuk Python, JavaScript, Java, HTML, CSS, dan banyak lagi.

Melalui SoloLearn, kamu dapat mengakses modul pembelajaran, latihan interaktif, serta berpartisipasi dalam komunitas pengguna. Aplikasi ini dapat membantu pemula memahami dasar-dasar coding dan memberikan pengalaman belajar yang mudah diakses melalui perangkat mobile.

5. Enki

Aplikasi belajar coding satu ini menawarkan latihan harian untuk membantu pengguna memperdalam pengetahuan mereka dalam berbagai bahasa pemrograman dan topik teknologi.

Dalam aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan materi belajar hingga latihan dan modul untuk berbagai bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, Java, Ruby, dan lainnya.

Adapun, materi-materi terkait yang tersedia yaitu pengembangan web, termasuk HTML, CSS, dan JavaScript. Tak hanya itu, ada juga modul-modul yang membahas konsep-konsep ilmu data dan analisis data menggunakan bahasa pemrograman seperti Python.

Menariknya, Enki tak hanya memberikan pelajaran coding berupa konsep pengembangan perangkat lunak, tetapi juga mencakup prinsip-prinsip keamanan informasi dan praktik-praktik keamanan.

6. Grasshopper

Bagi pemula, aplikasi belajar coding yang cocok yaitu Grasshopper. Sebab, platform pembelajaran ini memulai dengan pemahaman dasar-dasar pemrograman melalui bahasa JavaScript.

Aplikasi ini menawarkan pendekatan belajar yang interaktif dan berbasis permainan untuk membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan. Ada beberapa fitur utama Grasshopper yang mempermudah pemula.

Misalnya, pembelajaran dengan konsep pemrograman melalui puzzle dan teka-teki interaktif, memberikan progresivitas dalam pembelajaran, memastikan bahwa pengguna memahami konsep dasar sebelum melangkah ke konsep yang lebih kompleks.

Tak hanya itu, Grasshopper lebih fokus pada pengajaran bahasa pemrograman JavaScript dengan pendekatan yang ramah bagi pemula.

Baca juga: Mau Belajar Digital Marketing, dari Mana Mulainya?

Nah, beberapa aplikasi dan platform belajar coding di atas dapat menjadi pilihan dan rekomendasi yang baik bagi kamu yang baru memulai perjalanan belajar coding. Semoga membantu ya.

Exit mobile version