10 Tempat Belanja Murah Terbaik di Singapura untuk Wisatawan

Belanja murah di Singapore selalu menjadi salah satu rencana wisatawan Indonesia. Umumnya ada 3 alasan wisatawan Indonesia harus berbelanja ketika ke Singapura, yaitu untuk oleh-oleh, buka jastip atau jasa titip dan dan untuk diri sendiri. Masa sudah ke luar negeri tidak membeli apa-apa untuk diri sendiri?

Namun karena kurs dolar Singapura cukup tinggi, yaitu sekitar Rp11.700, maka harus disiasati dengan berbelanja di tempat-tempat yang murah.

10 Tempat Belanja Murah di Singapore Terbaik

Di antara semua tempat belanja murah di Singapore, segitiga Bugis, Mustafa dan Chinatown sudah melegenda di kalangan wisatawan Indonesia. Karena itu, untuk membuat daftar tempat belanja murah di Singapore harus dimulai dari ketiga tempat tersebut, yang sebagian informasinya dikutip dari Visiting Singapore.

belanja murah di singapore Bugis Street

1. Bugis Street

Bepergian di Singapura itu mudah asal tidak buru-buru. Untuk menuju Bugis Street, gunakan kereta MRT (Mass Rapid Transport) seperti MRT di Jakarta, lalu turun di Bugis Station. Ikuti saja petunjuk arah atau peta digital untuk sampai di Bugis Street dengan berjalan kaki.

Di Bugis Street banyak penjual suvenir, tas, baju dan berbagai pernak-pernik. Banyak konten kreator yang mengklaim harga-harga di Chinatown lebih murah daripada di Bugis Street. Tapi jika waktu terbatas atau capek harus berjalan kaki terus, maka harga Bugis Street sudah termasuk murah.
Sebagai contoh, tote bag besar dengan harga 10 SGD (Singapore Dollar), pembeli bisa dapat 3.

Baca juga: Panduan Terlengkap untuk Liburan Keluarga di Universal Studio Singapore

2. Toko ABC

Toko ABC ini berada di belakang Bugis Street dan berseberangan dengan Albert Centre. Toko ABC merupakan tempat belanja murah di Singapore yang terkenal dengan camilan atau makanan ringan.

Contohnya, ada banyak cokelat dan cemilan murah dari 50 cent hingga 1 SGD. Dengan begitu,  oleh-oleh yang dibawa bisa merata untuk semua orang di rumah.

Sebagai contoh, ada pilihan seperti Kit Kat dan Pocky Pocky 1 SGD, Cadbury 85 cent, atasan ala Korea 5 SGD dan sebagainya.

3. Mustafa Center

Untuk pergi ke Mustafa Center, kita bisa berjalan kaki dari Bugis Street atau naik MRT dan turun di Stasiun Ferrer Park. Meski di peta Mustafa Center bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 13 menit dari Bugis Street, tetapi kondisi sebenarnya cukup jauh bagi yang sehari-hari tidak berjalan kaki secara intensif seperti warga Singapura.

Mustafa Center ini sangat besar sehingga jangan sampai terpisah dari rombongan supaya tidak capek menyusul. Apalagi di sini sangat ramai meski sudah buka 24 jam. Produk yang ditawarkan lengkap, dari camilan hingga sepatu bermerek, seperti Sketcher.

4. Chinatown Street Market

Chinatown ini sangat direkomendasikan banyak orang untuk belanja murah di Singapore berupa suvenir dan oleh-oleh dalam jumlah banyak. Tempat ini bisa dicapai dengan MRT dan turun di Stasiun Chinatown, yang merupakan stasiun bawah tanah. Dari stasiun ini naik ke Exit A untuk langsung masuk ke Pagoda Street dan deretan penjual suvenir. Harga-harga di sini memang sangat murah.

Tip belanja di Chinatown yang harus diketahuii adalah semakin ke belakang atau semakin jauh dari stasiun, semakin murah pula harga barang yang bisa dibeli. Contohnya, gantungan kunci seharga 10 SGD bisa mendapatkan 10 buah.

5. IMM Outlet Mall

Di sini tempat berkumpulnya factory outlet khusus merek-merek ternama yang dijual dengan harga miring atau diskon besar. Namun, untuk memastikannya, jangan lupa membuka kalkulator untuk menghitung kurs apakah diskonnya lebih murah dari harga di Indonesia.

Merek-merek yang bisa ditemukan di sini antara lain Crocs, Fila, Calvin Klein, Furla dan sebagainya. Contohnya seperti Sketcher bisa ditemukan dengan harga diskon 80% dan sepatu Nike diskon dari 229 ke 109 SGD.

Untuk mencapai tempat ini cukup naik MRT hingga Stasiun Jurong East lalu jalan kaki melalui J-Walk bridge.

6. Cash Converter

Cash Converter menjual barang-barang bekas. Penyajiannya tidak seperti pasar klithikan atau rongsokan, tetapi lebih menyerupai mal. Yang dijual sangat beragam dan random, dari jam Rolex, helm hingga kacamata. Harganya sudah tentu murah.

Namun, perlu diperhatikan, bahwa untuk barang bekas seperti jam Rolex, meski harganya sudah turun banyak tetapi tetap mahal karena harga barunya sendiri sudah sangat mahal.

7. Lucky Plaza

Orchard Road merupakan destinasi wisata belanja utama di Singapura. Di sinilah lokasi mal-mal terbesar di Singapura, dengan berbagai produk dan merek kelas dunia bisa ditemukan di sini.

Di antara mal-mal tersebut terdapat Lucky Plaza, tempat belanja murah di Singapore dan salah satu mal tertua di Orchard, yang merupakan salah satu tempat berkumpulnya para pekerja dari Indonesia dan Filipina.

Oleh-oleh di sini memang lebih mahal daripada di Bugis, Mustafa, dan Chinatown. Namun kemasannya lebih bagus sehingga lebih layak untuk diberikan ke orang terdekat atau orang yang dihormati.

8. Scape Underground

Scape Underground di Scotts Road terhubung dengan Stasiun MRT Somerset. Scott Road juga dekat dengan Orchard Road. Inilah tempat yang cocok untuk anak muda yang ingin bergaya dengan harga murah.

Tempat ini khusus memfasilitasi bakat-bakat muda Singapura. Umumnya yang dijual adalah produk fashion khas anak muda yang unik sehingga tidak pasaran.

Baca juga: 48 Jam di Singapura: Itinerary Singkat untuk Menikmati Kota

9. Sim Lim Square

Sim Lim Square merupakan tempat belanja murah di Singapore yang dekat dengan Bugis sehingga bisa naik MRT ke Stasiun Bugis untuk mencapai tempat ini. Sebenarnya Sim Lim merupakan pusat produk elektronika biasa. Namun banyak orang Indonesia yang ke sini untuk mencari iPhone bekas yang ada di lantai 5.

10. Fair Price

Selama di Singapura, kita pasti butuh minum dan jajan. Apalagi jika isi dompet sudah tipis untuk membeli oleh-oleh, sementara badan sudah capek, haus dan lapar. Fair Price adalah supermarket untuk membeli kebutuhan harian selama berada di Singapura dengan harga yang lebih murah dari supermarket lain.

Itulah daftar destinasi belanja terbaik untuk wisatawan yang mencari barang murah di Singapore. Jika sudah berhasil mendapatkan barang yang diinginkan, jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan maksimal berat barang bawaan untuk bagasi dan kabin dari maskapai penerbangan dan ketentuan pajak masuknya.

Exit mobile version