Beralih ke Transaksi Digital, Ini Tips untuk UMKM Bentengi Keamanan Siber

Cyber security IT engineer working on protecting network against cyberattack from hackers on internet. Secure access for online privacy and personal data protection. Hands typing on keyboard and PCB

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah sektor usaha yang sangat diperhatikan perkembangannya. Di samping pembiayaan awal untuk para pelaku UMKM, kini metode pembayaran pun mengikuti perkembangan digital yang ada.

Menurut General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky,Yeo Siang Tiong, UMKM kini berada di posisi mempercepat transformasi digital. Perubahan signifikan terhadap tuntutan dan harapan konsumen tidak bisa lagi diabaikan atau mereka mungkin memutuskan untuk membawa bisnisnya ke tempat lain.

“Saya menyarankan UMKM sekarang untuk bertindak dan mengendarai gelombang, untuk mengambil sikap dalam menjawab tantangan ini,” tambah Yeo Siang Tiong.

Baca juga: Nadine Chandrawinata Konsisten Pilih Produk dengan Perlindungan Optimal

Karena itu, para ahli dari Kaspersky membagikan tips untuk pemilik UMKM di Asia Tenggara dapat kembali membentengi pertahanan keamanan:

1. Melakukan Penilaian Risiko

Evaluasi potensi risiko yang mungkin membahayakan keamanan jaringan, sistem, dan informasi perusahaan Anda. Mengidentifikasi dan menganalisis kemungkinan ancaman dapat membantu Anda merumuskan rencana untuk menutup celah kerentanan.

2. Memberikan pelatihan terhadap karyawan

Untuk melindungi dari ancaman keamanan internal, berinvestasilah dalam pelatihan keamanan siber untuk karyawan Anda. Berikan mereka wawasan mendalam mengenai apa yang harus dilakukan jika berhadapan dengan email yang mencurigakan, misalnya.

3. Perbarui Perangkat Lunak secara berkala

Perangkat lunak yang Anda gunakan untuk menjalankan bisnis harus selalu mutakhir. Setiap bagian dari perangkat lunak harus diperbarui secara teratur untuk memperkuatnya atau menambahkan tambalan yang menutup celah kerentanan yang dapat dilewati oleh peretas.

4. Cadangkan File Anda Secara Teratur

Pilih program dapat menjadwalkan atau mengotomatiskan proses pencadangan sehingga Anda tidak perlu mengingat untuk melakukannya. Simpan salinan cadangan secara offline agar pihak asing tidak dapat mengakses apabila sistem Anda mengalami serangan ransomware.

Baca juga: Ini Dia Ragam Fakta Unik Telur Asin, Si Kecil Penuh Manfaat

5. Menerapkan Perangkat Lunak Keamanan yang Kuat

Visibilitas terbatas dan kurangnya sumber daya memberikan kesempatan emas bagi para penyerang. Solusi keamanan seperti Kaspersky Endpoint Detection and Response Optimum dapat memberikan pertahanan keamanan yang proaktif dan otomatis untuk data, keuangan, dan aset Anda secara online.

Exit mobile version