5 Trik Berburu Tiket Pesawat agar Tak Kehabisan

berburu tiket pesawat

Musim liburan telah tiba. Bagi yang ingin melakukan perjalanan liburan, berburu tiket pesawat adalah hal yang menyenangkan sekaligus bikin deg-degan. Pasalnya, di musim liburan sebagian besar pesawat sudah overbooked begitu pun dengan hotel.

Masalah overbooked tiket adalah momok untuk para wisatawan. Karena, rencana yang sudah disusun bisa bubar jalan dengan munculnya kendala ini. Salah satu kasus overbooked tiket pesawat yang viral baru-baru ini menyita perhatian publik. Kasus ini terjadi di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: Agar Liburan Nyaman, Ketahui 6 Langkah Naik Pesawat bagi Pemula

Sekilas Kasus Overbooked Tiket Pesawat

Pesawat AirAsia dilaporkan ke pihak berwajib oleh seorang penumpang karena tindakan yang tidak menyenangkan dari pihak maskapai dan keamanan. Awal mula cerita ini ketika seorang penumpang yang akan melakukan penerbangan dengan rute Malaysia-Chiang Mai bersama pasangan dan orang tua.

Diduga kasus ini terjadi karena overbooked tiket pesawat. Dalam kronologi yang beredar di media sosial, penumpang tersebut telah membeli tiket pesawat AirAsia di bulan April 2022 untuk perjalanan di tanggal 19 November 2022.

Tiba di hari tersebut terjadi kendala saat mereka mau melakukan check in. Oleh staf konter loket bandara mengatakan bahwa penerbangan tersebut sudah penuh dan akan dialihkan ke penerbangan lainnya. Tentu saja pihak penumpang menolak karena di Chiang Mai mereka sudah menyewa kamar hotel dan mobil.

Setelah beberapa saat, staf loket mengatakan bahwa masalah tersebut sudah teratasi dan mereka bisa naik ke pesawat. Sayangnya ketika sudah berada di pesawat, flight attendant mengatakan bahwa mereka tidak memiliki kursi dan meminta menunggu agar mereka mengaturnya terlebih dulu.

Singkat cerita, seorang staf tiba-tiba masuk dan menyuruh mereka keluar. Tentu saja penumpang menolak, terjadi perselisihan di sini sehingga melibatkan pihak keamanan. Penumpang pun dipaksa turun dari pesawat. Karena diperlakukan tidak adil, penumpang tersebut melaporkan kejadiannya ke pihak berwajib. Sayangnya hingga saat ini belum ada klarifikasi resmi dari pihak maskapai.

Kejadian overbooked tiket pesawat di atas bisa menimpa siapa saja. Belajar dari kasus tersebut, kamu harus tahu cara berburu tiket pesawat yang tepat agar tidak kehabisan.

5 Trik Berburu Tiket Pesawat Agar Tidak Kehabisan

1. Tentukan tanggal perjalanan dan beli tiket jauh hari

Cara yang lazim dilakukan oleh para traveler dalam berburu tiket pesawat adalah menentukan kapan perjalanan akan dilakukan dan membeli tiket sejak jauh hari. Kamu bisa melakukan pembelian tiket penerbangan 2-3 bulan sebelum perjalanan dilakukan agar bisa mendapatkan harga yang ramah di kantong.

Waktu yang ideal memesan berburu tiket pesawat maksimal lima minggu sebelum waktu perjalanan. Ada sedikit tip dalam membeli tiket pesawat untuk jadwal hari Kamis atau Jumat, dibeli di hari Minggu.

2. Cek tiket pesawat di website aggregator

Website aggregator adalah sebuah situs atau aplikasi yang di dalamnya terdapat beberapa situs sejenis lainnya. Ada dua website aggregator khusus berburu tiket pesawat terbaik yang bisa dijadikan pilihan yaitu Skyscanner dan Google Flights.

Dengan website aggregator ini kamu bisa melihat kalender penerbangan yang di dalamnya sudah tercantum berbagai harga tiket pesawat dari maskapai berdasarkan tanggal. Ini akan memudahkan kamu mengatur perjalanan dan membeli tiket sesuai dengan bujet.

Baca juga: Tips Memilih Kursi Ternyaman di Dalam Pesawat

3. Perjalanan saat low season

Dalam melakukan perjalanan tentunya kamu memiliki jadwal tersendiri, entah itu saat liburan kenaikan kelas, libur semester atau akhir pekan. Salah satu yang paling direkomendasikan untuk melakukan perjalanan adalah saat low season.

Low season adalah musim ketika sedikit traveler mengunjungi suatu tempat. Inilah yang membuat banyak orang berburu tiket saat low season karena harganya relatif lebih murah dibandingkan high season.

Di Indonesia, low season berlangsung di bulan September sampai awal Desember, dilanjutkan pertengahan Januari hingga April. Tapi dengan catatan, harus diperhatikan pergeseran tanggal Idulfitri juga.

Manfaatkan momen ini untuk berlibur bareng keluarga atau bestie dengan lebih leluasa karena terhindar dari kepadatan traveler di destinasi wisata.

4. Cobalah opsi penerbangan transit

Trik berburu tiket pesawat agar tidak kehabisan berikutnya adalah mencoba opsi penerbangan transit. Dengan begini, yakin deh kamu akan terhindar dari kasus overbooked sekaligus kamu bisa mendapatkan tiket murah loh.

Harga penerbangan transit lebih murah karena banyak maskapai penerbangan yang mencari penumpang agar kursi-kursi pesawat terisi penuh. Saat transit juga, kamu berkesempatan menjelajah bandara atau kalau waktunya sedikit panjang kamu bisa mengunjungi tempat-tempat di sekitar bandara. Dijamin bakal seru!

5. Manfaatkan promo

Untuk tahu promo-promo dari maskapai penerbangan ataupun website pemesanan tiket online, kamu bisa subscribe newsletter. Biasanya, pemberitahuan promo melalui newsletter lebih cepat dibandingkan di website.

Misalnya nih promo bank yang bekerja sama dengan maskapai menawarkan potongan harga dengan pembelian menggunakan kartu kredit atau debit. Atau ada juga maskapai yang menawarkan penukaran poin atau miles dengan potongan harga.

Adanya promo ini tentunya membuat berburu tiket pesawat makin menyenangkan.

Baca juga: Mau Mudik Pakai Pesawat, Cek Alternatif Cara Beli Tiket via Online

Gimana, tidak sulit bukan berburu tiket pesawat agar tidak kehabisan sekaligus mendapatkan harga murah dengan trik di atas? Jadi, sudah menentukan destinasi liburan untuk akhir tahun? Selamat berlibur, ya.

Exit mobile version