Bercita Rasa Unik, Makanan Pedas Menjadi Favorit Sepanjang 2022

Makanan pedas menjadi favorit banyak orang karena memberi sensasi tersendiri. Komoditas cabai di Indonesia yang melimpah, menjadikan varian makanan pedas enak cukup banyak.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menyebut makanan pedas menjadi salah satu kategori Makanan dan Minuman paling laris sepanjang 2022.

Menyambut Hari Makanan Panas dan Pedas Sedunia (International Hot and Spicy Food Day) pada 16 Januari 2023, Tokopedia membagi tren penjualan makanan di Tokopedia selama 2022, khususnya jajanan pedas terlaris.

Baca juga: Tips Cewek Modern Main Tinder ala Komedian Kiky Saputri

1. Tiga Makanan Pedas Kekinian Paling Laris

Kerupuk bawang pedas, bakso digoreng (basreng), dan keripik usus pedas menjadi produk makanan pedas kekinian yang paling laris sepanjang 2022.

“Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong banyak pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, menawarkan berbagai jenis makanan pedas,” ujar Ekhel.

2. Penjualan Seblak, Ayam Geprek, dan Oseng Mercon Naik Signifikan

Makanan pedas kekinian lain, seperti seblak, mengalami peningkatan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat di tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selain itu, penjualan ayam geprek melonjak lebih dari 1,5 kali lipat, sedangkan transaksi oseng mercon naik hampir 2 kali lipat,” tambah Ekhel.

Baca juga: 5 Rising Star 2021 yang Wajib Disorot Tahun Ini

3. Jenis Sambal Paling Laris

Bagi sebagian masyarakat, makanan terasa belum lengkap jika tidak ada sambal. Racikan sambal dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cita rasa tersendiri.

“Dari berbagai jenis sambal yang ada, sambal bawang, sambal cumi dan sambal terasi merupakan jenis sambal yang paling banyak diburu masyarakat,” jelas Ekhel.

4. Daerah yang Paling Banyak Beli dan Jualan Makanan Pedas

“Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya merupakan beberapa daerah yang paling sering membeli makanan pedas sekaligus memiliki jumlah penjual makanan pedas tertinggi di Tokopedia sepanjang 2022 lalu,” tambah Ekhel.

Baca juga: Tokopedia Bagi Tips Hadapi Lonjakan Pesanan Jelang Ramadan

5. Generasi Milenial Paling Sering Beli Makanan Pedas Kekinian

Makanan pedas digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah, latar belakang dan generasi.

“Tokopedia mencatat generasi milenial, yaitu masyarakat yang lahir pada tahun 1981-1996, menjadi generasi yang paling sering membeli jajanan pedas terlaris di Tokopedia sepanjang 2022,” tutup Ekhel.

Exit mobile version