Berlaku Tahun Ini, Kenali Metode Pembayaran Tol Tanpa Henti

Ilustrasi

 

Mulai tahun ini pemerintah akan memulai transaksi pembayaran tol tanpa henti dengan sistem nir-sentuh. Pengguna jalan, tak perlu lagi melakukan tapping kartu, cukup melintas dan pintu gerbang tol akan terbuka dengan sendirinya.

Dengan sistem tersebut, diklaim bakal memangkas waktu henti yang terkadang membuat kepadatan lalu lintas di gerbang tol. Sementara penerapannya sendiri, diperkirakan akan dimulai pada 40 ruas jalan tol yang ada di Pulau Jawa dan Bali dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (foto: credit/Kabarnusa)

Sebelumnya, Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) yang berada di bawah Kementerian PUPR telah mengatakan bila sistem tol tanya henti MLFF akan mulai diterapkan pada Juli 2022.

BACA JUGA : Dukung Pembiayaan, Pemerintah Minta Lumajang Siapkan Produk UMKM Unggulan

Pengguna tol bisa melakukan sistem transaksi pembayaran melalui tiga cara, yakni E-OBU, OBU serta Electronic Route Ticket. Untuk penjelasan lebih detailnya sebagai berikut :

– OBU

On Bord Unit (OBU) merupakan perangkat khusus yang dipasang pada dasbor mobil guna memudahkan pengendara yang melewati jalan tol dan akan melakukan transasi di pintu gerbang. Dengan alat tersebut, pengguna mobil tak lagi harus tapping kartu tol.

Bila transaski OBU berhasil, pintu tol dengan otomatis akan terbuka diiringi bunyi BIP dua kali. Sementara uang elektronik yang menjadi saldo otomatis terpotong.

 

– E-OBU

Electronic on-board (E-OBU) lebih mudah lagi, karena pengguna jalan tol hanya cukup menggandalkan ponsel pintar dengan mendownload aplikasi. E-OBU memiliki teknologi MLFF yang nantinya berjalan menggunakan Global Navigation Satellite (GNSS) dan Global Positioning System (GPS) yang berguna menentukan lokasi dan dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di sistem sentral.

Usai registrasi, pengguna jalan tol akan dimudahkan dengan pembayaran yang telah terintegrasi berbagai metode. Sama seperti OBU, saldo akan langsung terpotong otomatis saat melakukan transaksi pembayaran tol.

– Electronic Route Ticket

Untuk sistem ini, merupakan metode pembayaran transaksi tol dengan membeli tiket elektrik satu kali jalan. Electronic Route Ticket sendiri sebenarnya dirancang untuk pengguna jalan tol yang memang hanya menggunakan akses satu kalai saja. Tiket elektronik sendiri bisa dibeli melalui aplikasi atai situs resmi.

Exit mobile version