Biar Nggak Bingung, Intip 5 Tips Persiapan Wawancara Kerja

wawancara kerja adalah tahapan penting dalam rekrutmen pekerja

Large group of unrecognizable business people waiting for a job interview. Focus is on man with blue clipboard.

Selain dipusingkan dalam mencari pekerjaan, calon pekerja juga yang bingung memikirkan proses wawancara kerja yang akan dijalani setelah lamaran diterima.

Banyak para calon pekerja yang mencari-cari informasi seputar tips wawancara kerja yang baik agar mereka dapat lolos dan mendapatkan pekerjaan tersebut.

Proses interview memang menjadi penentuan di tahap selanjutnya setelah para calon pekerja berhasil lolos dokumen-dokumen lamarannya.

Baca juga: Tauco Halal Tembus Pasar Malaysia dan Berunai

Dalam proses interview, para calon pekerja harus berhadapan langsung secara tatap muka dengan HRD, hal inilah yang kadang membuat calon pekerja gugup sehingga gagal dalam tes interview.

Berikut tips dari aplikasi lowongan kerja, Pintarnya, melalui siaran pers, Selasa (17/1/2023).

1. Menyiapkan jawaban untuk pertanyaan umum

Sebelum berangkat untuk melakukan wawancara kerja, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu jawaban-jawaban terkait pertanyaan umum yang memiliki potensi besar untuk ditanyakan oleh pewawancara.

Di antaranya adalah “Mengapa tertarik melamar di perusahaan ini?”, “Apa kekurangan kamu?” atau “Apa kelebihan kamu?” dan lain sebagainya.

Pelamar kerja harus bisa menjawab dengan pasti dan tidak ragu-ragu agar pewawancara yakin akan kemauan dan keoptimisan pelamar mampu menghandle pekerjaan yang dilamar.

2. Melatih diri agar lancar berbicara

Dalam proses wawancara, HRD tentunya akan menanyakan berbagai macam pertanyaan kepada para pelamar.

Baca juga: Mau Bisnis Tapi Modal Minim? Perhatikan Hal-Hal Berikut, Bestie

Agar tidak gugup ketika tanya jawab dengan HRD, sebaiknya perlu untuk melatih diri lancar berbicara terlebih dahulu.

Kamu bisa melatih berbicara di depan cermin atau dengan keluarga dan teman terdekat. Buat skenario seolah-olah tengah berhadapan langsung dengan HRD yang akan mewawancarai nantinya.

3. Mengenal perusahaan dan posisi yang dilamar

Selanjutnya mencari informasi sebanyak mungkin agar dapat memahami perusahaan dan juga posisi yang dilamar sebelum melakukan wawancara.

Pasalnya, HRD kemungkinan besar akan menanyakan seberapa paham pelamar terkait perusahaan dan posisi yang mereka lamar.

Apabila pelamar dapat menjawab dengan benar, tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi pelamar.

4. Berikan penampilan terbaik dan datang on time

Segi penampilan juga memiliki kemungkinan besar untuk menjadi salah satu faktor penilaian apakah pelamar lolos atau tidak dalam proses interview kerja.

Karena itu, persiapkan penampilan yang rapi dan bersih dan yang paling penting adalah sesuai intruksi ketika melakukan proses wawancara kerja.

Baca juga: Perhatikan 4 Faktor Penting Memulai Bisnis Modal Minim

Selain itu datanglah tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya agar berkesan baik.

5. Santun dan aktif bertanya

Bersikap santun dan hormat merupakan salah satu tips wawancara kerja yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, semua orang senang dihormati sehingga sikap tersebut harus diterapkan terlebih ketika wawancara kerja.

Melalui sikap santun dan hormat, pelamar akan mendapatkan penilaian yang baik entah itu dari pewawancara ataupun orang-orang disekitar.

Selain itu, usahakan aktif bertanya kepada pewawancara setelah selesai menjawab semua pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan bisa seputar tugas pada posisi yang dilamar atau mengenai perusahaan.

Exit mobile version