Biar Paham, Begini Ciri Freon AC Rumah Mulai Habis

rekomendasi AC hemat listrik untuk cuaca panas

 

Air conditioner atau AC sudah menjadi kebutuhan umum di setiap rumah. Apalagi untuk kota-kota besar seperti Jakarta yang memiliki cuaca lumayan bikin gerah.

Nah, akan sangat menggangu kenyamanan bila ternyata AC di rumah mulai bermasalah. Salah satunya seperti freon yang merupakan senyawa berbentuk gas untuk proses pendinginan mulai habis.

Alhasil, AC tak lagi dingin. Untuk mengetahui freon mulai habis atau tidak, sebenarnya bisa dipahami dari beberapa tanda yang memberikan informasi agar freon diisi ulang sehingga tak mengganggu kenyamanan.

BACA JUGA : Rekomendasi AC Hemat Listrik untuk Solusi Cuaca Panas

Tanda paling utama mulai berkurangnya kesejukan dari AC. Ketika kandungan freon mulai habis, maka meski AC tetap menyala, namun suhu ruangan akan terasa sama saja, bahkan bisa menjadi panas meskipun sudah diatur dalam tekanan suhu yang dingin.

Untuk mengenal tanda kedua freon mulai menipis bisa dengan memegan pipa AC. Bila kondisi pipa terasa biasa saja, atau tidak dingin, bisa dicurigai bila kandungan freon mulai menipis dan harus segera diisi ulang.

 

Selanjutnya dari lampu indikator pada AC, yang menunjukan waktu alias timer. Bila lampu ini terus menerus berkedip, bisa mengindikasikan adanya masalah pada AC yang salah satunya terkait kandungan freon.

BACA JUGA : Selera Modifikasi Vespa ala Justin Bieber

Dengan mengetahui tanda-tada freon yang menipis, diharapkan pemilik AC segera melakukan pengisian ulang. Baiknya lagi, proses pengisian ulang sekaligus dibarengi dengan perawatan seperti pembersihan.

Pembersihan AC sangat perlu dilakukan, terutama pada bagian filter agar tak ada kotoran atau debu. Pasalnya, bila didiamkan bersarang, debu dan kotoran tersebut justru mempengaruhi kinerja AC, bahkan menghasilkan udara yang tak sehat.

Exit mobile version