Ditinggal Mudik, Pastikan Kelistrikan Rumah Benar-benar Aman

cek tagihan listrik online

 

Bagi masyarakat yang ingin pergi mudik Lebaran ke kampung halaman, diharapkan tak hanya fokus pada persiapan perjalanan saja, tapi juga memperhatikan hal-hal penting lainnya yang akan ditinggalkan selama liburan.

Paling utama soal keamanan rumah ketika akan ditinggal mudik. Pastikan semuanya sudah dalam kondisi yang benar-benar aman dan tak meninggalkan barang berharga selama rumah kosong.

Tak kalah penting, untuk melakukan pengecekan kondisi listrik di rumah saat ditinggal ke kampung halaman. Apalagi bila mudiknya cukup lama.

Pemudik perlu memperhatikan keamanan instalasi guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti korsleting listrik yang sangat memungkinkan berujung pada kebakaran rumah.

“Ketika waktu mudik lebaran tiba dan semua anggota keluarga harus meninggalkan rumah, masyarakat perlu memastikan keamanan instalasi listriknya,” kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan resminya.

BACA JUGA : Mau Mudik Lebih Lancar, Hindari Tanggal Ini

Untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan seperti kebakaran rumah dan lain sebagainya, PT PLN (Persero) mengimbau agar masyarakat yang akan mudik memperhatikan masalah kelistrikan.

Caranya bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut ini, yang mungkin saja bisa dijadikan referensi untuk pemudik ;

• Cek sambungan listrik. Jika ada peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan, segera cabut dari stop kontak.

• Bagi pelanggan pascabayar, bayarlah listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman dan terhindar dari pemutusan.  Bagi pelanggan prabayar, isilah token listrik secukupnya dan siapkan cadangan bila diperlukan agar listrik tetap menyala, khususnya untuk penerangan.

• Cek instalasi listrik dalam rumah sebelum mudik. Terutama jika sering terjadi korsleting. Periksalah dengan bantuan instalatir resmi terdaftar.

BACA JUGA : Mudik Pakai Kereta Api, Cek Aturan Barang Bawaan dan Bagasinya

• Apabila daya listrik di rumah sudah tidak mencukupi, segera tambah daya secara resmi ke PLN menggunakan promo tambah daya Terangi Ramadhan 2023.

• Lapor kepada RT dan RW setempat, serta titipkan rumah ke tetangga terdekat yang tidak melakukan mudik lebaran.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pemeriksaan listriknya nanti sebelum mudik, agar mudik aman dan nyaman,” kata Darmawan.

Exit mobile version