Tren Bisnis Modal Kecil: Apa yang Populer di 2024?

JNEWS – Bisnis modal kecil tapi bisa berkembang dan berkelanjutan adalah idaman para calon pengusaha. Sering kali orang memulai usaha dengan melihat apa yang sedang tren. Cara ini dianggap paling mudah, karena mayoritas konsumen menyerbu produk atau jasa yang sedang tren tersebut. Namun hal-hal yang tren sering pula terjadi sesaat. Karena itu, calon pengusaha harus pandai memilih bisnis yang dapat terus dikembangkan.

Bisnis modal kecil tidak boleh disepelekan. Berdasarkan data dari Databoks, usaha mikro atau usaha dengan modal terkecil merupakan struktur paling dominan dalam UMKM. Usaha mikro adalah usaha dengan omzet maksimal Rp2.000.000.000 per tahun. UMKM Indonesia mampu menyerap 97% tenaga kerja dan menyumbang 57% Produk Domestik Bruto (PDB).

Tren Bisnis Modal Kecil 2024

Membangun brand bisnis modal kecil

Membuat prediksi terhadap bisnis modal kecil yang akan berkelanjutan berdasarkan apa yang sedang tren sekarang tidaklah mudah. Calon pengusaha harus mengukur kemampuan dan keterampilan sendiri untuk mengembangkan usaha tersebut. Umumnya, tren akan berhenti karena ketidakmampuan membuat inovasi yang harus terus-menerus diperbarui setiap jangka waktu tertentu.

Berikut adalah beberapa bisnis modal kecil yang tahun 2024 sedang tren dan bisa terus berlanjut.

1. Pesuruh

Meski terdengar sedikit kasar, tetapi kebutuhan pesuruh itu sudah ada sejak lama. Santo Suruh berhasil membuatnya viral sehingga banyak yang menyadari betapa besarnya potensi bisnis ini.

Contoh, kebutuhan untuk belanja di warung-warung atau pasar tradisional yang tidak terjangkau dengan oleh aplikasi online. Belum lagi kebutuhan remeh temeh seperti membuang bangkai tikus atau membersihkan selokan mampet.

Zaman sekarang makin banyak orang yang hidup sendiri, sementara tidak ada tetangga mengganggur yang bisa diberi upah untuk melakukan hal-hal kecil. Bisnis dapat dimulai di wilayah terbatas dan dapat terus dikembangkan setelah bisa mendapatkan rekanan di tiap area. Yang terpenting, seluruh orang di daerah tersebut harus tahu bahwa jasa seperti itu ada di daerah tersebut.

Baca juga: Resep Sukses Membangun Merek yang Kuat untuk Bisnis Modal Kecil

2. Tukang

Ini hampir sama dengan pesuruh, hanya ada kompetensinya di atas pesuruh. Bisnis ini tidak harus dikerjakan sendiri, melainkan bisa bekerja sama dengan tukang berpengalaman. Jasa tukang servis elektronik dan kendaraan sudah banyak tetapi tukang serbabisa masih sulit dicari. Kalaupun ada, umumnya tukang bangunan yang biasa menggarap proyek besar, minimal mengecat seluruh rumah.

Padahal kebutuhan yang belum tertangani sama dengan pesuruh, yaitu pekerjaan-pekerjaan kecil, seperti pasang kran air, genting bocor, engsel jendela lepas, dan sebagainya.

3. Produk Digital

Selain perlu perangkat elektronik, bisnis modal kecil ini harus disertai dengan keterampilan sehingga cocok untuk orang yang kreatif dan senang belajar. Produk yang bisa dibuat antara lain aplikasi, e-book, dan template.

Bagi orang-orang yang memiliki keterampilan, membuat template itu mudah dan modalnya kecil. Template dapat dijual di beberapa platform, misalnya template untuk membuat kutipan, presentasi, jurnal, undangan, bahkan curriculum vitae.

4. Bimbingan Mencari Pekerjaan dan Beasiswa

Beberapa waktu lalu, ramai mantan penerima beasiswa diperbincangkan lantaran membuka kursus berbayar bagi orang-orang yang berburu beasiswa serupa. Meski banyak yang kontra, tak bisa menutup fakta bahwa kebutuhan untuk hal tersebut memang sangat tinggi.

Meski demikian, masyarakat masih bisa menerima jasa serupa melalui lembaga dengan legalitas jelas. Umumnya jasa yang ditawarkan adalah pendampingan membuat curriculum vitae, menulis surat lamaran, menyusun motivation letter, hingga persiapan wawancara. Untuk mengurangi biaya operasional, bimbingan bisa dilakukan secara online, tidak perlu menyewa tempat.

5. Fotografi dan Videografi

Bisnis ini sudah naik daun sejak lama dan makin menjadi-jadi sehingga memiliki masa depan yang masih bagus. Arah perkembangannya juga sesuai dengan modal kecil, yaitu aktivitas di luar studio foto.

Namun persaingan juga makin banyak. Peluang baru datang dari influencer atau keluarga-keluarga tertentu yang ingin memiliki banyak dokumentasi seperti keluarga para artis, meski tidak sepanjang hari.

Sayangnya, paket-paket yang ditawarkan kebanyakan masih seputar paket pre-wedding, wedding, dan graduation. Meski umumnya mereka juga bisa melayani dokumentasi piknik atau acara lain, tetapi umumnya tidak tertera dalam daftar harga. Jika ingin bertahan dalam persaingan, mungkin dapat ditambahkan layanan dokumentasi bebas dalam daftar harga untuk memberi ide kegiatan pada konsumen. Layanan bebas itu termasuk mendokumentasikan belanja di mal hingga sekadar main dan foto-foto ke lokasi-lokasi instagramable.

6. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah bisnis sepanjang masa. Selama manusia ada di bumi, bisnis ini akan terus eksis.

Bisnis ini bisa dimulai dalam bentuk yang paling sederhana, yaitu dari dapur rumah. Produknya bisa dijual di teras rumah, garasi, atau secara online. Namun bisnis ini juga mudah naik dan turun sehingga pemilik usaha harus pandai-pandai melihat peluang. Contohnya, croffle dan es kepal dahulu pernah sangat tren hingga pembeli antre panjang. Namun sekarang sudah jarang terlihat.

Bisnis makanan dan minuman yang berkelanjutan biasanya dibutuhkan oleh lingkungannya dalam jangka panjang. Jika di kampung padat, bisa menjual jajanan dan minuman ringan murah. Di daerah sibuk, bisa menawarkan katering harian. Jenis bisnis makanan dan minuman lain yang kini sedang populer adalah katering sehat atau katering diet. Apalagi jika disertai dengan informasi kandungan gizi, kalori, dan sejenisnya, umumnya pasti laris manis.

7. Konten Kreator

Saat ini semua orang berpotensi menjadi kaya raya sebagai konten kreator di Youtube, Facebook, Instagram atau Tiktok. Namun banyak pula yang kurang mendapat perhatian meski sudah berusaha tampil asyik.

Konten kreator adalah pekerjaan maraton yang butuh napas sangat panjang. Napas usaha itu diperoleh dari ide yang tak pernah putus, energi yang tak pernah habis, dan kemampuan mengelola pengikut.

Untuk menjadikan konten sebagai bisnis modal kecil yang berkelanjutan, paling mudah adalah merekam kemampuan atau aktivitas harian. Aktivitas harian ini tidak perlu dari melek sampai tidur seperti keluarga para selebriti yang sudah ternama, tetapi bisa salah satu bagian dari hidup. Contoh: tentang pengobatan kanker yang sedang dijalani, usaha jadi langsing, keseharian sebagai atlet atau pulang pergi kerja naik kendaraan umum.

Baca juga: Memulai Bisnis dengan Anggaran Terbatas: Ide-Ide Kreatif untuk Modal Kecil

Menemukan tren bisnis modal kecil yang dapat berkelanjutan hingga bertahun-tahun berikutnya membutuhkan ketajaman pengamatan. Banyak tren produk dan jasa yang hanya melintas, banyak pula sesuatu dari antar berantah yang tiba-tiba viral. Bisnis dengan modal sekecil apa pun harus dikelola dengan manajemen bisnis yang benar.

Exit mobile version