Bisnis UKM Ini Meroket Selama Pandemi, Ini Tipsnya

Bisnis makanan kemasan asal Cicendo, Bandung milik pasangan Sherly dan William meraup keuntungan yang cukup tinggi semenjak adanya pandemi.

Meski demikian, keduanya mengaku terbentur kendala penyediaan stok yang cukup signifikan semenjak imbauan PSBB diberlakukan.

Distribusi yang terbatas dari ​supplier  membatasi ruang gerak toko Snack Mazter untuk dengan cepat memenuhi permintaan yang melonjak, terutama di bulan Februari di mana Sherly dan William merasakan dampak dari ​panic buying ​yang terjadi di masyarakat.

Berbekal tekad untuk menjaga bisnis dan keinginan untuk tetap memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk semua karyawannya, mereka memaksimalkan segala upaya yang mereka bisa agar dapat terus beroperasi di lokasi yang ditetapkan sebagai zona merah COVID-19 di Bandung.

Baca Juga: Solusi Bisnis Online untuk UKM yang Bisa Dicoba Selama Pandemi

Kebijakan kebersihan dan pemberlakuan ​shift kerja pun diterapkan karena mengutamakan keamanan untuk semua karyawannya. Alhasil, Sherly dan William juga terjun langsung membantu operasional bisnis mereka untuk mengatasi jumlah ​manpower ​yang terbatas ini.

Selain mengutamakan kesehatan karyawan, pasangan ini juga ingin membantu para pelanggannya dengan berupaya menyediakan produk-produk makanan sehat dan bergizi.

Sherly dan William mengaku sering berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan menggunakan fitur ​live chat di Shopee untuk menanyakan kebutuhan pangan sehat yang ternyata jadi peluang bisnis baru bagi mereka.

Penjualan sereal granola, produk makanan kesehatan yang jadi produk baru di toko Snack Mazter, berhasil tumbuh hingga 8X lipat, melebihi penjualan produk makanan tematik selama Ramadan.

Baca Juga: 5 Kerajinan Tangan Untuk Ide Bisnis

Diakui Sherly dan William yang telah membuka gerai ​online​-nya di Shopee sejak empat tahun lalu, operasional bisnis Snack Mazter sangat terbantu dengan adanya bantuan program “Dukungan COVID-19 100M Shopee”.

Berkat keringanan biaya admin Star Seller yang diberikan dari bantuan tersebut, pasangan ini bisa terus mendapatkan pesanan dari pelanggan dengan memanfaatkan eksposur di Shopee.

Selain itu, perpanjangan masa pengemasan juga sangat membantu UMKM seperti Snack Mazter yang memiliki kendala dalam rantai distribusinya. Selama pandemi COVID-19 dengan dukungan dari Shopee, penjualan dari gerai online m​ ilik Sherly dan William ini berhasil meningkat hingga 3X lipat.

“Meski kami dapat bertahan di situasi sulit ini, kami tidak ingin berhasil sendirian. Kami yakin, para pelaku UMKM dapat melalui ini jika bergerak bersama,” tutup William.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Murah di Bukittinggi

Exit mobile version