Buah Manis UMK Binaan Pertamina yang Kini Banyak Sediakan Lapangan Kerja

Coffe Fitri Kopi Karo

Coffe Fitri Kopi Karo/dok. Pertamina

 

PT Pertamina (Persero) hingga saat ini terus konsisten menjalan program bantuan bagi para pelaku UMK. Hal ini dilakukan agar UMK bisa menjadi urat nadi perekonomian nasional.

Salah satu program yang sukses adalah Pendanaan UMK. Melalui penyaluran modal usaha pada tiap sektor usaha, Pertamina tak hanya sekedar mendukung, namun juga membuka lapangan kerja.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, dari sekitar 65 ribu UMK binaan Pertamina, sebanyak 14,5 persen di antaranya merupakan UMK dibidang jasa.

BACA JUGA : UMKM Ini Sukses Populerkan Sulam Usus Hingga ke Kancah Global

“Jumlahnya lebih dari 9.400 UMK, terbanyak kedua setelah sektor perdagangan yaitu 25 ribu mitra binaan,” katanya.

Dengan jumlah yang melimpah tersebut, Pertamina berupaya memberikan porsi pembinaan yang sesuai dengan kebutuhan usaha tersebut. Terlebih, UMK dibidang jasa membutuhkan banyak keterampilan untuk dapat menjalankan usahanya dengan baik.

“Pada sektor ini, pembinaan lebih dititik beratkan pada upaya pelatihan, pemberian workshop, dan upaya praktikal lainnya agar keterampilan para mitra binaan bisa meningkat sehingga dapat menjadi UMK naik kelas,” jelas Fajriyah.

Usaha dibidang jasa menjadi salah satu sektor UMK dengan kebutuhan pekerja yang cukup banyak. Sehingga turut mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Salah satu mitra binaan Pertamina yang bergerak di sektor ini adalah Aji Komara. Pemilik usaha Mastercetak.id ini memulai bisnis jasa percetakan dan digital printing sejak tahun 2016. Meski sempat pasang surut, usahanya kini berbuah manis. Mastercetak.id kini telah mendatangkan keuntungan hingga lebih dari Rp100 juta setiap bulannya.

BACA JUGA : JNE Ngajak Online Siap Sapa UKM Madiun, Banyak Hadiah Menarik Lagi

Dengan berwirausaha, Aji dapat mewujudkan salah satu cita-citanya yakni membuka banyak lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitarnya. Kini hal itu telah terealisasi. Usaha percetakan dan digital printing yang berlokasi di Jalan Cikiray No 26, Kebonjati, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat ini telah memperkerjakan 9 orang.

Menurut Fajriyah, melalui Program Pendanaan UMK, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan.

 

Exit mobile version