Buat UMKM, Begini Cara Maksimalkan WhatsApp Business Agar Lebih Produktif

 

WhatsApp Business sudah diluncurkan WhatsApp sejak 2018 yang kini secara fitur juga mekin berkembang. Salah satu fungsi dari WhatsApp business adalah untuk membantu usaha para pelaku UMKM atau UMK dalam menjajakan produknya.

Namun demikian, sampai saat ini tak sedikit dari pelaku usaha yang belum memaksimalkannya, padahal dengan mengandalkan WhatsApp Business, pelaku UMKM dan UKM bisa lebih mudah menjangkau konsumen secara cuma-cuma.

Apalagi promosi yang bisa dilakukan tak cuma barang saja, namun WhatsApp Bisnis juga bisa dimanfaatkan bagi yang ingin menjajakan jasa secara online, seperti fotografer, desainer, dan lain sebagainya.

BACA JUGA : Cara Mengintip Story WhatsApp Pasangan Tanpa Terdeteksi

Cara Ganti Nomor WhatsApp

Nah, bagi pelaku UMKM yang ingin mengoptimalkan WhatsApp Business sebagai sarana promosi produknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar membuat kesan lebih meyakinkan dan profesional, yakni :

1. Pertama dengan membuat profil yang lebih detail yang secara fungsi memberikan penjelasan bagi konsumen soal informasi produk yang dipasarkan. Contoh seperti, deskripsi usaha yang dijalankan, kategori bisnis, e-mail, website, sampai alamat, yang bisa dilakukan dengan cara ;

– Bikin akun WhatsApp Business
– Masuk dan klik ikon 3 titik di pojok kanan atas
– Pilih Business Tools dan klik Business Profile
– Langsung lengkapi informasi lebih detail.

2. Aktifkan fitur chat selamat datang atau greeting message juga tak kalah penting untuk dilakukan. Hal ini memberikan kesan pedagang atau pelaku UMKM ramah untuk melayani konsumen yang caranya bisa dilakukan dengan ;

BACA JUGA : Jajakan Produk Lokal, Ribuan UMKM Siap Kepung MotoGP Mandalika

– Klik tiga titik di pojok kanan atas
– Pilih Business Tools dan kemudian Greeting message
– Pilik ikon pensil untuk membuat pesan yang kreatif.

3. Fitur pesan cepat juga bisa dimanfaatkan dengan tujuan membuat pelanggan bisa mendapat informasi lebih cepat. Fitur ini juga membantu pelaku UMKM dalam menghemat waktu untuk membalas pesa yang sama dari pelanggan.

Mengaktifkan fitur pesan cepat bisa dilakukan dengan membuat pintasan (shortcut) yang ditandai garis miring dan kata yang bisa dipilih pelanggan untuk mengetahui informasi mengenai produk yang dijajakan. Nantinya shortcut akan menampilkan daftar ukuran produk yang tersedia berdasarkan rincian yang telah Anda atur dan buat di fitur “Quick Replies”.

Untuk mengaktifkannya sebagai berikut ;

– Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
– Pilih “Business Tools” dan Pilih “Quick replies”
– Buat daftar shortcut pesan cepat yang diinginkan.

4. Mebuat katalog produk produk juga tak kalah penting dilakukan pelaku UMKM di WhatsApp Business yang berguna memberikan informasi kepada konsumen. Dengan demikian pelangga bisa memilih item produk yang ingin dipesan, dan terkoneksi dengan chat room penjual.

BACA JUGA : Viral Soal Token Listrik yang Tak Sesuai, Biar Paham Begini Perhitungannya

Untuk cara membuatnya bisa dilakukan dengan :

– Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
– Pilih “Business Tools” Pilih “Catalog”
– Klik “Add new item” untuk menambahkan produk
– Tambahkan gambar dengan “Add images” unggah foto dari galeri perangkat
– Tambahkan deskripsi
– Tambahkan link dan kode produk tertentu

Exit mobile version