7 Tempat Terbaik Menikmati Bubur Manado Langsung di Kota Tinutuan

JNEWS – Bubur Manado, atau bahasa lokalnya tinutuan, merupakan makanan khas Sulawesi Utara. Tidak sulit untuk mencari tempat makan yang menjual menu ini, mulai dari jualan di rumah hingga restoran.

Tinutuan kerap disantap sebagai sarapan oleh warga Sulawesi Utara. Secara umum, bahan baku pembuatan tinutuan kaya akan vitamin, serat dan gizi. Itulah mengapa tinutuan sering dikatakan sebagai sarapan sehat.

Bahan yang wajib ada dalam pembuatannya yaitu bubur tidak halus, sambiki (labu kuning), pipilan jagung, ubi, kangkung, bayam merah, daun gedi (opsional). Bubur Manado berwarna oranye terang yang berasal dari labu. Dalam penyajiannya kerap ditambahkan bawang goreng, lalu disantap dengan dabu-dabu, perkedel ikan nike atau tahu goreng.

Karena pembuatannya yang mudah, tidak mengherankan banyak yang menjual menu ini di rumah. Namun yang membedakan tiap tempat jualan adalah ragam menu, aneka gorengan hingga dabu-dabu. Ada beberapa varian dabu-dabu yang sering disajikan seperti dabu-dabu ikan roa, dabu-dabu bakasang dan yang biasa.

7 Tempat Terbaik Menyantap Bubur Manado

Tempat Terbaik Menikmati Bubur Manado

1. RM. Wakeke

Wakeke adalah nama jalan yang terletak di pusat Kota Manado. Akses menuju tempat ini sangat memadai, bisa menggunakan angkot maupun ojek online. Jalan ini telah menjadi kawasan kuliner yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Manado. Di sepanjang jalan ini, berjejer rumah makan yang menjual tinutuan dan aneka makanan khas Manado.

Dari sekian banyak tempat yang ada di kawasan ini, RM. Wakeke bisa dijadikan pilihan.

Posisi rumah makan ini berada di bagian depan jalan Wakeke. RM. Wakeke ini termasuk tempat makan tinutuan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Tempat makan ini mengambil bagian bawah rumah tinggal. Cukup luas untuk ukuran tempat makan tinutuan.

Menu andalan RM. Wakeke adalah tinutuan roa biasa atau campur mi. Seporsi menu ini dibanderol harga Rp24.000. Namun, seporsi tintuannya bakal bikin kenyang, ditambah lagi abon roa yang ditabur menciptakan rasa lebih gurih. Untuk menu tanpa taburan roa pun ada, pilihannya biasa atau campur mi, harga per porsi Rp16.000.

Tinutuan di sini cenderung kental, sayurnya banyak. Mencicipi tinutuan tidak akan lengkap tanpa perkedel ikan nike. Kelebihan perkedel ikan nike di sini adalah tidak terlalu banyak campuran terigu, jadi ikannya masih terasa. Seporsi perkedel nike harganya Rp7.000. Selain bubur Manado, ada juga menu mi kuah cakalang, mi goreng cakalang, nasi cakalang saos dan lain-lain. Untuk menu minuman pun banyak, mulai dari teh, jus hingga es kacang susu yang terkenal.

Alamat: Jl. Wakeke No.1, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado.

Jam buka: pukul 6.00-13.30 WITA.

Baca juga: 8 Makanan Khas Manado yang Wajib Dicicipi dan Lokasi Terbaik untuk Menikmatinya

2. Kios Pelangi Wakeke

Selain RM. Wakeke, Kios Pelangi pun bisa dijadikan pilihan. Area parkirnya cukup untuk beberapa mobil, sedangkan tempat makannya termasuk luas dan dilengkapi dengan pendingin ruangan. Pengunjung pun akan merasa nyaman saat bersantap.

Menu utama tentu saja tinutuan dengan pilihan biasa dan campur. Harga per porsi untuk tinutuan biasa Rp17.000, sedangkan tinutuan campur Rp19.000. Perkedel ikan nike tersedia di sini, ukurannya besar dan pastinya ikan lebih dominan. Harga per porsi perkedel ikan nike Rp10.000.

Menu lain yang tak kalah lezat untuk dicoba adalah mi kuah cakalang, nasi goreng cakalang, nasi goreng roa, pisang goroho, pisang sepatu putus-putus, es alpukat garo hingga es kacang brenebon. Bagi pecinta kopi, tersedia kopi hitam, kopi gula aren, kopi susu robusta hingga es kopi rum.

Alamat: Jl. Wakeke, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado.

Jam buka: 7.00-15.00 WITA.

3. RM. Tinutuan-Mie Potong Tante Vika

Berdiri sejak tahun 2008, rumah makan tinutuan dan mi potong Tante Vika selalu ramai dikunjungi. Lokasinya ada di daerah Banjer dan menempati bagian bawah rumah tinggal. Karena tidak terlalu luas, pengunjung harus antre untuk mendapatkan tempat duduk.

Menu andalan dari rumah makan ini adalah tinutuan dan mi potong. Seporsi tinutuan lumayan banyak. Harga per porsi tinutuan biasa atau campur Rp12.000. Namun yang menjadi primadona dan laris dipesan adalah tinutuan biasa atau campur tetelan, seporsinya Rp15.000.

Sedangkan untuk menu mi potong tersedia mi kuah cakalang, mi kuah tetelan, mi goreng cakalang biasa, mi goreng tetelan. Padanan tinutuan tersedia perkedel ikan nike, perkedel jagung hingga tahu goreng. Untuk minuman di tempat ini standar saja seperti teh, es nutrisari hingga air mineral.

Hal menarik dari tempat ini, karena kondisi tempat tidak terlalu luas jadi bisa melihat langsung proses memasak di dapur.

Alamat: Jl. TNI No.9, Tikala Ares, Kec. Tikala, Kota Manado.

Jam buka: 8.00-20.00 WITA.

4. Kopi Aheng

Lokasi berikut ada di kawasan Boulevard 2 yakni di wilayah Kecamatan Tuminting, tepatnya Karangria. Kurang lebih seperti kawasan Wakeke, di Karangria juga berjejer tempat makan tinutuan yang selalu ramai. Salah satu yang terkenal adalah Kopi Aheng.

Kendati namanya Kopi Aheng tetapi menu yang disajikan khas masakan Sulawesi Utara. Tempat ini bisa dikatakan lebih luas dibandingkan dengan tempat makan di sekitarnya. Pelayanannya cepat dan bisa melihat langsung proses memasak.

Karena lokasinya menghadap laut, jadi pemandangan saat pagi hari sangat indah. Menyantap tinutuan sambil memandang langit biru yang cerah, pantai laut lepas dan semilir angin laut.

Menu andalan tinutuan di sini, selain ditabur bawang goreng, juga ditambah daun kemangi. Seporsi bubur Manado di Kopi Aheng agak kental dan banyak campuran sayuran. Selain tinutuan, tersedia juga mi kuah cakalang, milu siram. Tapi, yang menarik adalah menu khas dari Sangihe Talaud yaitu kopi pala Siau, sagu Sanger pakai gula merah.

Alamat: Jl. Hasanuddin 18, Bitung Karangria, Kec. Tuminting, Kota Manado.

Jam buka: 6.00-14.00 WITA.

5. Tinutuan Om Pala

Satu lagi tempat tinutuan ala rumahan yang ramai dikunjungi yaitu Tinutuan Om Pala yang terletak di daerah Ranotana. Tempat jualannya di area rumah tinggal, tetapi tidak perlu khawatir. Ada banyak kursi tersedia di sini kecuali datangnya saat jam ramai, yang berarti harus antre.

Kedai Tinutuan Om Pala menjual tinutuan biasa, tinutuan campur ada juga tinutuan kacang brenebon. Pilihan seperti tinutuan 2in1 adalah bisa menggabungkan beberapa campuran misalnya mi dan brenebon. Untuk minuman tersedia es kelapa muda, teh dan aneka nutrisari.

Alamat: Ranotana, Sario, Manado.

Jam buka: 7.00-15.00 WITA.

6. Rumah Kopi K8

Rumah Kopi K8 sudah ada sejak tahun 2010. Awalnya hanya tempat ngopi biasa ala orang Manado yang menyediakan menu kopi dan kudapan tradisional serta menu makanan nasi. Namun, rumah makan ini mengalami perkembangan dan tempatnya menjadi lebih luas. Bagian belakang rumah kopi ini tepatnya di lantai dua menyediakan menu makan yang lengkap.

Bubur Manado di Rumah Kopi K8 patut untuk dicicipi. Jangan lupa menambahkan perkedel ikan nike serta dabu-dabu roa. Selain itu, tersedia juga aneka menu nasi, mi, pisang goreng dan kudapan tradisional. Menu minuman pun termasuk lengkap di sini.

Harga seporsi tinutuan dibanderol Rp20.000. Aneka menu mi cakalang mulai dari Rp15.000, mi instan Rp12.000, aneka pisang goreng mulai dari Rp5.000, dan aneka kudapan tradisional mulai dari Rp3.500.

Alamat: Jl. Ahmad Yani No.8, Sario Tumpaan, Kec. Sario, Kota Manado.

Jam buka: 7.00-20.00 WITA.

7. Warong Kobong

Warong Kobong adalah restoran milik Harley Mangindaan, anak dari mantan Gubernur Sulawesi Utara dan mantan Menteri Perhubungan, E.E. Mangindaan. Lokasi restoran ini ada di daerah Tingkulu Kecamatan Wanea.

Restoran ini memiliki area cukup luas di bagian depan untuk parkir dan bagian belakang ada area hijau dengan pemandangan rumah warga dari ketinggian. Untuk bangunannya sendiri mengusung rumah panggung khas Sulawesi Utara.

Menu yang ditawarkan di Warong Kobong sangat beragam, salah satunya bubur Manado. Ada dua variasi tinutuan yaitu tinutuan kobong dengan harga Rp20.000 dan tinutuan biasa Rp16.000. Selain tinutuan, menu primadona di restoran ini adalah ikan bakar rahang tuna, pisang goroho dan aneka kudapan tradisional seperti sagu gula dari Sanger yang masih jarang ditemui.

Dengan menu yang lengkap, suasana yang nyaman dan pemandangan di kala senja menjelang malam yang indah, Warong Kobong cocok dijadikan tempat makan bersama keluarga.

Alamat: Jl. Pomurow No.81, Tingkulu, Kec. Wanea, Kota Manado.

Jam buka: 6.30-20.00 WITA.

Baca juga: Sajian Bubur Sumsum di Berbagai Budaya: Variasi, Tradisi, dan Cara Penyajian yang Berbeda

Bubur Manado tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Tinutuan ini. Sejumlah rekomendasi tempat makan terbaik di atas bisa dijadikan pilihan untuk mencicipi menu sehat dan aneka kudapan tradisional khas Sulawesi Utara.

Exit mobile version