Buruan Daftar, Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis

Mudik Gratis

 

Guna menekan pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi menambah kuota bagi masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis Lebaran 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, bahwa minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas mudik gratis cukup tinggi. Hal tersebut dilihat dari kuota mudik gratis tahap I bahkan sudah banyak diserbu masyarakat.

BACA JUGA : Catat, Syarat, Kota Tujuan, dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub

Untuk itu, Budi mengungkap bahwa kuota pendaftaran mudik gratis akan ditambah. Untuk diketahui, kuota mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah pada pendaftaran tahap pertama yakni 10.500 penumpang.

“Tahap satu baru dibuka sudah habis 50 persen dan akan ditambah lagi. Jadi kami tambah armada 350 bus, sehingga totalnya menjadi 700 unit bus lagi, termasuk dengan truk untuk mengangku motor para pemudik,” kata Budi.

Tak hanya itu, kota tujuan pun ikut ditambah. Dari semula hanya meliputi Jawa Barat dan Jawa Tengah, kini Kemenhub juga akan meluaskan jangkauan hingga Jawa Timur.

Budi menjelaskan, dengan tambahan kuota pemudik, maka jumlah penumpang yang bisa ditampung menjadi 21.000 masyarakat dari wilayah Jabodetabek. Sebelumnya, Kemenhub menyiapkan kuota mudik gratis penumpang sebanyak 10.500 orang.

BACA JUGA : Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Begini Kriteria Penerimanya

“Nanti ada tambahan ke Jatim di Ngawi. Yang lainnya Solo, Semarang, Purwokerto, Pemalang, Slawi, Tegal, tentunya juga jadi tujuan mudik gratis. Jabar juga masih sekitar Cirebon, Tasik, Garut, dan Ciamis,” ujarnya.

Untuk syarat sendiri masih sama, sementara kegiatan mudik gratis dari Kemenhub bakal dihelat selama tiga hari, yakni mulai 27, 28, dan 29 April 2022.

 

Exit mobile version