Canggih! Sudirman Punya Bike Lounge Lengkap dengan Toilet Pintar

bike lounge JXB punya toilet transparan

Ada kabar gembira nih buat kamu para pesepeda, khususnya di wilayah Jakarta. Ada satu tempat bike lounge di sisi kali Ciliwung dekat dengan Stasiun BNI City, yakni JXB Bike Lounge Sudirman.

JXB Bike Lounge Sudirman merupakan fasilitas bagi pesepeda atau masyarakat umum yang dibangun oleh PT Jakarta Tourisindo atau Jakarta Experience Board (JXB). Bukan sembarang fasilitas, event ini hadir dengan fasilitas kamar mandi smart glass, area UMKM, area berkumpul, loker dan area parkir sepeda.

Nah, di antara fasilitas yang disebutkan tadi, kamar mandi smart glass menjadi hal yang unik. Sesuai namanya, kamar mandi ini memiliki kaca pintar yang akan berubah menjadi buram ketika dimasuki pengguna. Mirip seperti kamar mandi canggih yang ada di negara maju, seperti Jepang.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Terbuka di Jakarta Kekinian untuk Nikmati Kesejukan di Tengah Kota

Peresmian JXB Bike Lounge ini dilakukan bersamaan dengan event Festival Dayung Ciliwung yang merupakan dalam rangka menuju Kejuaraan Nasional Dayung dan Hari Bakti PUPR. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan publik lebih mengenal cabang olahraga dayung dan memberikan perhatian kepada kelestarian lingkungan.

“Kami merasa senang, JXB Bike Lounge dapat dimanfaatkan untuk kelancaran Festival Dayung Ciliwung. Ke depan, JXB Bike Lounge juga akan membangun dermaga di depan kawasan JXB Bike Lounge sehingga JXB Bike Lounge dapat langsung diakses dari kali Ciliwung. Hal ini menjadi bentuk dukungan terhadap pengembangan pariwisata kawasan air dan pengoptimalan kali Ciliwung yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta,” ujar Direktur Utama Jakarta Experience Board Novita Dewi dalam keterangan resminya.

Turut hadir PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam kegiatan tersebut. Dirinya mengatakan, event tersebut diharapkan dapat mempopulerkan olahraga dayung sembari meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan merawat Kali Ciliwung.

Baca Juga: Sambut Era Elektrifikasi, Pemerintah Tambah Koleksi Baru di TMII

“Di sini yang terpenting, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Sungai Ciliwung adalah aset kita, yang harus dijaga,” ujar Heru.

Festival Dayung Ciliwung diselenggarakan pada 4 Desember 2022, dengan rute dayung dari Rusun Pasar Rumput hingga ke Stasiun BNI City. Festival ini dibuka langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Kegiatan hari ini diharapkan meningkatkan awareness masyarakat untuk menjaga kelestarian Kali Ciliwung, yaitu kali terbesar yang melewati Jakarta. Kegiatan ini diharapkan menjadi inisiasi yang baik bagaimana pengelolaan kali Ciliwung dapat dicontoh oleh daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Sungai Brantas, Kali Braga dan lain-lain,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Cari Pedal Sepeda Terbaik? Ada Di Sini Dong!

Exit mobile version