Panduan Lengkap: Cara Menulis Caption IG Aesthetic yang Menarik Perhatian

Instagram merupakan media sosial visual dengan pengguna terbesar di Indonesia. Dalam mengunggah konten, rasanya tidak lengkap jika tidak menuliskan caption IG aesthetic untuk menarik perhatian followers dan berinteraksi dengan mereka.

Sejak dirilis pada tahun 2010, Instagram telah menjelma menjadi media sosial yang populer dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya dari seluruh dunia. Berbagai fitur dikembangkan setiap tahunnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Mulai dari IG TV menjadi IG Reels, lagu, channel di DM, emoji, serta yang terbaru adalah terintegrasi dengan Threads.

Dengan banyaknya fitur yang dihadirkan, Instagram menawarkan beragam cara kreatif untuk para penggunanya dalam berbagi momen terbaik dalam hidup. Walaupun Instagram merupakan media sosial visual, tetapi tetap saja membutuhkan caption IG aesthetic untuk memberikan konteks dan berbagi cerita yang menarik dari konten yang diunggah.

Mengapa Caption IG Aesthetic Penting?

Sekarang ini fungsi media sosial tidak sekadar sebagai medium untuk berkomunikasi saja, tetapi sudah bertransformasi menjadi alat bisnis dan media meraup cuan. Caption pun menjadi elemen penting yang tidak boleh dilewatkan. Dengan pemilihan kata-kata yang tepat, pengguna bisa membangun engagement yang baik bahkan bisa menambah followers.

Caption IG aesthetic merupakan kalimat pendek yang akan mendeskripsikan apa yang dirasakan atau memberikan motivasi untuk followers melalui video maupun foto. Walaupun pendek, tapi caption IG ini lebih penuh makna dan terasa tegas. Umumnya, caption jenis ini banyak mengandung pesan inspiratif.

Dalam membuat caption IG ini bisa mengutip kalimat dari tokoh-tokoh dunia, artis atau bisa juga dibuat dari pengalaman pribadi. Selain mengandung pesan yang memotivasi juga inspiratif, bisa juga menuliskan humor, kalimat bucin, kekinian, gombal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Beberapa contoh caption IG aesthetic antara lain:

  1. Balas dendam terbaik adalah bekerja keras dan menjadi versi terbaik bagi diri sendiri.
  2. Cintai hidup yang kamu jalani. Jalani hidup yang kamu cintai. – Bob Marley
  3. Hidup itu sederhana, kita yang membuatnya sulit. – Confucius
  4. Menikah itu gampang, yang sulit itu bayar vendor, yekan?
  5. Panas dikit ngeluh. Hujan dikit ngeluh. Nyaman dikit sayang.

Lantas bagaimana cara membuat caption IG aesthetic yang menarik perhatian followers?

Baca juga: 7 Langkah Cara Menambah Instagram Follower yang Mungkin Belum Pernah Dicoba

Cara Membuat Caption IG Aesthetic

Panduan Lengkap: Cara Menulis Caption IG Aesthetic yang Menarik Perhatian

Caption harus menarik agar bisa mencuri perhatian followers supaya mau membaca. Untuk kolom caption ini, Instagram menyediakan kurang lebih 2.200 karakter. Berikut beberapa cara membuat caption IG aesthetic yang bisa dilakukan.

1. Tentukan Tema Akun

Untuk pembuatan caption IG aesthetic, yang pertama adalah menentukan tema akun. Jadi, dengan menentukan tema, akan memudahkan pengguna dalam membuat konten visual beserta captionnya. Contohnya, kamu ingin menampilkan gaya hidup sehat, maka bisa mengunggah foto atau video olahraga atau makanan sehat.

2. Gunakan Kata-kata yang Tidak Terlalu Panjang

Caption IG yang aesthetic tidak membutuhkan kalimat yang panjang. Oleh karena itu buatlah kalimat yang pendek tetapi cukup menggambarkan maksud dari konten foto atau video. Jika lagi blank, bisa gunakan berbagai kutipan atau kalimat inspiratif dari tokoh-tokoh dunia.

3. Ada Panggilan Khusus untuk Followers

Untuk meningkatkan interaksi dan membuat caption lebih menarik, buatlah sebuah panggilan khusus yang baik bagi followers. Misalnya, menyapa mereka dengan bestie, atau membuka caption menggunakan kata yang hits seperti yeorobun, bisa juga dengan menyapa sobat xx (nama kamu). Ini akan membuat followers merasa dekat dan diperhatikan.

4. Tambahkan Emoji

Menambahkan emoji atau simbol bisa membuat caption IG lebih menarik. Followers akan lebih paham emosi yang disampaikan atau suasana apa terkait konten tersebut. Tapi, perlu ingat, bijak menggunakan emoji, gunakan yang relevan dengan konten. Hindari membanjiri kolom caption dengan emoji, 2-3 emoji saja sudah cukup.

5. Gunakan Hestek

Agar konten Instagram bisa menjangkau banyak orang khususnya nonfollowers yang memiliki minat sama, maka gunakan hestek. Ada banyak macam hestek yang bisa digunakan, silakan pilih menyesuaikan konten.

6. Menambahkan Lagu

Fitur lagu baik di feed maupun Instagram Story bisa dimanfaatkan untuk menunjang caption IG aesthetic. Dengan memilih lagu yang tepat, emosi yang ingin disampaikan bisa lebih ngena ke followers.

Tip dan Trik Penulisan Caption IG Aesthetic

1.  Menggunakan PUEBI dengan Benar

Dalam menuliskan caption IG aesthetic, PUEBI harus diperhatikan. Walaupun kalimatnya pendek, tapi sebaiknya diselaraskan dengan EYD. Contohnya, penulisan dimana padahal seharusnya di mana. Atau bisa juga menggunakan kata-kata yang telah diperbarui di KBBI. Misalnya selfie yang dalam bahasa Indonesia menjadi swafoto, gadget menjadi gawai.

Dengan menuliskan sesuai PUEBI, secara langsung mengedukasi followers untuk penggunaan bahasa Indonesia yang benar.

2. Membuat Hook yang Menarik

Tampilan caption di feed Instagram hanya menampilkan 100 karakter awal. Jadi, curi perhatian followers dengan membuat hook yang menarik. Hook atau lead bisa menggunakan pertanyaan agar membuat followers tertarik untuk membaca seluruh caption. Atau bisa juga membuat judul postingan.

3. Tutup dengan CTA

CTA adalah singkatan dari call to action. CTA merupakan salah satu dari teknik digital marketing yang mengajak pembaca melakukan sebuah aksi, baik berupa pendapat, sharing cerita, atau reaksi.

Dengan melakukan CTA ini bisa menjadi bahan diskusi terbuka. Tak hanya itu saja, dari tanggapan para followers bisa membantu kamu membuat caption IG aesthetic untuk postingan berikutnya.

Contoh CTA, “Jadi, hal kecil apa yang membuat kamu bahagia hari ini? Yuk, bagi ceritamu di kolom komen.”

Baca juga: Tips Membuat Desain Feed Instagram yang Menarik Calon Pembeli untuk Bisnis Kecil dan Rumahan

4. Hindari Typo atau Kesalahan Tik

Dalam penulisan caption wajib hindari typo. Mengapa demikian? Karena akan membuat followers salah mengartikan caption yang ditulis. Jadi, cara terbaik adalah dengan membaca ulang sebelum menekan tombol publish.

Instagram selalu menyajikan konten-konten menarik setiap harinya. Jadikan media sosial ini sebagai sarana untuk berbagi hal-hal positif melalui video, foto dan caption IG aesthetic.

Exit mobile version