Cara Aman Charge HP di Mobil dengan Car Charger

tips charge HP di mobil car charger

Tips Charge HP di Mobil dengan Car Charger – Kebutuhan akan smartphone tak dipungkiri sangat tinggi. Kamu mungkin akan merasa gelisah ketika mengetahui baterai smartphone kamu habis. Belum lagi kamu sedang  berada di sebuah perjalanan jauh yang tidak memungkinkan untuk mengisi daya.

Selain dengan menggunakan power bank, solusi berikutnya ketika smartphone kamu kehabisan daya pada saat berada di mobil tentu saja menggunakan car charger. Teknologi ini memang bukan hal yang baru dan sudah banyak beredar dengan berbagai macam merek.

Ada yang bilang bahwa mengisi daya smartphone menggunakan car charger tidak direkomendasikan dan akan merusak smartphone tersebut. Penyebabnya karena kelistrikan mobil cenderung tidak stabil seiring putaran mesin yang naik turun. Berbeda dengan kita ketika mengisi daya di rumah maupun kantor.

Nah, kalaupun memang kamu terpaksa untuk mengisi daya menggunakan car charger, berikut ini cara atau tips aman charge HP di mobil.

Baca Juga: Monitor Portabel Pintar Buat Profesional, Gamers, dan Penikmat Hiburan

1. Pilih car charger yang sesuai tegangan

Ada banyak sekali car charger yang dijual di pasaran, baik itu dengan harga yang mahal maupun yang murah. Namun, satu hal yang harus kamu ingat ketika ingin membeli car charger adalah sesuaikan dengan tegangan listrik mobil. Sebagai contoh, ada dua tegangan pada car charger yang populer, yakni 12V dan 24V. Jangan sampai kamu beli perangkat tapi tidak sesuai dengan tegangan listrik mobilmu.

2. Cari yang berkualitas

Membeli car charger juga harus mencari yang benar-benar berkualitas. Jangan asal pilih karena harganya yang murah, tapi juga harus cari tahu bagaimana fitur-fiturnya. Cari yang punya arus kuat, tapi juga bisa menjaga arus tersebut tetap stabil agar tidak merusak baterai smartphone. Kamu juga bisa pilih perangkat yang dilengkapi dengan fitur fast charging atau Quick Charge 3.0, jika HP kamu mendukung fitur tersebut. Beberapa merek berkualitas yang bisa kamu pilih, di antaranya Uneed, Aukey, Tronsmart, dan lainnya.

3. Hindari smartphone terkena sinar matahari

Tips aman mengisi daya smartphone ketika di dalam mobil adalah hindari smartphone terkena sinar matahari langsung. Hal ini juga berlaku ketika kita meletakkan smartphone, usahakan juga hindari sumber panas berlebih. Sebab, kondisi panas berlebih ini bisa berpengaruh terhadap baterai dan komponen. Jika kamu merasa smartphone atau car charger sudah panas, sebaiknya cabut dulu dan diamkan beberapa waktu.

Baca Juga: 5 Keunggulan Samsung Galaxy Tab S7 Series

4. Jangan gunakan smartphone ketika mengisi

Nah, ini juga menjadi tips yang tidak kalah penting ketika kita charge HP di mobil. Kita mungkin akan gatal memainkan ponsel, apalagi kita sedang berada dalam perjalanan jauh. Namun, sebaiknya biarkan dulu ponsel terisi sampai penuh. Tips ini sebenarnya tidak hanya berlaku ketika kita mengisi daya di mobil, tapi juga ketika mengisi daya di rumah. Memainkan ponsel ketika sedang terisi akan berpengaruh terhadap komponen dan daya tahan baterai ke depannya.

5. Rajin kontrol kondisi baterai

Berikutnya kamu harus rajin kontrol kondisi baterai. Artinya kita harus rajin memantau apakah baterai sudah terisi penuh atau tidak. Jika sudah penuh, kamu harus segera langsung mencabutnya. Jangan sampai posisi ponsel terus tertancap car charger, padahal kondisi baterai sudah terisi penuh. Hal ini juga berlaku untuk pengisian di rumahan ya.

Baca Juga: Cara Blokir SMS Spam dengan Ikuti Langkah Berikut!

Exit mobile version