Cara Belajar Komputer untuk Pemula UMKM: Panduan Dasar dan Manfaatnya

JNEWS – Teknologi komputer sekarang ini mengalami perkembangan yang signifikan, mulai dari sistem operasi hingga softwarenya. Bagi pelaku UMKM, sangat penting untuk tahu cara belajar komputer untuk bisa mengembangkan usahanya.

Dikutip dari Perpustakaan UT, komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang di segala bidang. Sejarah perkembangan komputer telah melalui lima generasi dan membawa perubahan besar di peradaban manusia.

Awalnya, diciptakan di masa perang tepatnya tahun 1941 oleh Conrad Zuse, insinyur Jerman. Beliau menciptakan komputer, Z3, yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Berpuluh tahun kemudian, komputer telah mengalami perubahan desain dan sistem informasinya.

Manfaat Belajar Komputer Bagi UMKM

Cara Belajar Komputer untuk Pemula UMKM

Komputer masa kini bisa terintegrasi ke berbagai peralatan lainnya. Kehadirannya pun sangat membantu berbagai bidang pekerjaan. Banyak hal yang dimudahkan dengan komputer, selain bisa mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga bisa membantu banyak pekerjaan, seperti menginput data secara otomatis.

Menguasai ilmu komputer, penting untuk dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat sekarang ini, terlebih bagi yang ingin terjun di bidang bisnis UMKM. Berikut ini sejumlah manfaat dari cara belajar komputer yang menarik diketahui.

1. Meringankan Pekerjaan

Seperti yang sudah diulas di atas, tujuan dibuatnya teknologi komputer yang utama adalah membantu berbagai bidang pekerjaan agar bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

Bisa dibayangkan kalau tidak ada komputer dan program Microsoft Word, misalnya, membuat laporan dengan mesin tik tentunya akan memakan waktu yang lama dan melelahkan.

Bagi pemilik UMKM, dengan belajar komputer, bisa mengenali berbagai program yang akan membantu strategi bisnis, mengolah data hingga membuat laporan.

2. Sarana Komunikasi

Kendati sekarang ini smartphone semakin canggih, tetapi komputer pun masih memiliki manfaat penting dalam bidang komunikasi. Misalnya, ada agenda rapat virtual dengan klien, bisa menggunakan aplikasi video conference di komputer. Memiliki layar yang lebih lega dan bisa menampilkan presentasi secara lebih maksimal merupakan kelebihan dari teknologi ini dibandingkan lainnya.

3. Menunjang Bisnis

Selain bisa mempermudah pekerjaan seperti yang dijelaskan di poin pertama, dengan belajar komputer pemilik UMKM bisa menunjang seluruh kegiatan bisnisnya.

Contohnya, memiliki usaha percetakan, hadirnya komputer tentunya akan membantu dalam layout hingga mencetak. Atau memiliki usaha sampingan fotocopy, dengan komputer bisa membantu konsumen mengirimkan data lalu dicetak.

Baca juga: Internet of Things: Menghubungkan Dunia dengan Perangkat Cerdas

Cara Belajar Komputer bagi Pemula UMKM

Dengan manfaat tersebut, mempelajari seluk beluk komputer sudah tidak bisa ditawar lagi bagi pemula UMKM. Berikut cara belajar komputer yang praktis dan bisa langsung praktik.

1. Mempelajari Teori

Langkah awal cara belajar komputer adalah mempelajari teorinya terlebih dulu. Ini hal mendasar yang juga harus dilalui di bidang ilmu lainnya. Walaupun menguasai komputer bisa langsung praktik, tapi alangkah baiknya memahami teori komputer dulu sebagai fondasi.

Mempelajari teori bisa dengan membaca beragam panduan di internet, meminjam buku di perpustakaan atau membeli bukunya di toko buku.

2. Membeli Perangkat

Sudah paham teori, tentunya butuh praktik agar bisa lebih memahami apa yang dipelajari. Membeli perangkat wajib dilakukan daripada meminjamnya. Apalagi pelaku UMKM tentunya membutuhkan komputer untuk menjalankan roda bisnis.

Belilah perangkat yang murah untuk belajar. Sekarang ini ada beragam merek atau komputer rakitan yang bisa menyesuaikan bujet.

3. Praktik Langsung

Saat pertama kali berhadapan dengan komputer, tentunya ada perasaan gugup. Apalagi ada perasaan takut salah dan membuat komputernya rusak. Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut wajar terjadi.

Kumpulkan keberanian dan percaya diri untuk praktik teori yang sudah pelajari. Untuk meminimalkan risiko terjadinya kerusakan, pengguna bisa berhati-hati dan perhatikan langkah-langkah pengoperasian komputer dengan saksama.

4. Mempelajari Perangkat yang Terhubung dengan Komputer

Komputer terdiri dari serangkaian perangkat. Bagi pemula UMKM tentunya harus tahu dan memahami nama komponen hingga fungsinya. Mulai dari monitor, keyboard, CPU, speaker, mouse, dan lain-lain.

5. Mempelajari Sistem Operasi

Ketika sudah bisa mengoperasikan komputer, cara belajar komputer berikutnya adalah mempelajari sistem operasi.

Sistem operasi yang paling populer adalah keluaran dari Microsoft. Hampir semua sistem operasi di dalam komputer menggunakan rilisan dari Microsoft.

6. Memahami Software Komputer

Software merupakan perangkat di dalam sistem komputer. Perangkat ini tidak dapat disentuh maupun dilihat secara fisik, tetapi software bisa dioperasikan.

Sistem operasi termasuk ke dalam kategori perangkat lunak atau software. Selain sistem operasi, ada sejumlah perangkat lunak di komputer yang penting untuk dikuasai. Fungsi software pun sama dengan sistem operasi yakni menunjang olah data di komputer.

Software yang penting dikuasai antara lain:

Editing software bisa jadi juga diperlukan untuk mengedit foto, membuat flyer hingga video. Software yang populer digunakan untuk kegiatan ini adalah Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Namun, sebagai alternatifnya bisa menggunakan aplikasi Canva yang bisa diakses melalui internet browser.

Baca juga: Cara Membuat Poster di Canva: Desain Menarik Tanpa Ribet untuk UMKM

7. Rajin Berlatih

Cara belajar komputer yang terakhir adalah rajin latihan. Tanpa latihan yang rutin, teori bisa lupa dan canggung dalam mengoperasikan komputer. Sebagai pemula UMKM, harus bisa menempa diri agar lebih semangat untuk rajin berlatih. Karena dengan komputer, bisnis bisa dijalankan dengan lebih baik. Data usaha pun bisa tertata rapi.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar apapun termasuk komputer. Cara belajar komputer di atas tidak sulit untuk diterapkan oleh pemula UMKM. Niat saja tidak cukup, harus ada tindakan nyata untuk mewujudkannya.

Exit mobile version