Cara Blokir SMS Spam dengan Ikuti Langkah Berikut!

Cara Blokir SMS Spam

Cara Blokir SMS Spam – Kamu di sini pasti sudah tidak asing dengan pesan SMS yang memberikan informasi berupa pemenang undian, pinjaman online, judi online, dan sebagainya. Ya, pesan SMS berantai seperti itu sering hinggap di smartphone masyarakat setiap harinya. Istilah pesan tersebut dikenal dengan nama SMS spam.

Isu SMS spam sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sebelum era smartphone ada. Namun, entah mengapa isu ini kembali muncul ke permukaan, terlebih sesudah pemerintah mencanangkan regulasi registrasi untuk nomor ponsel.

Banyak dari netizen yang mempertanyakan efektivitas regulasi tersebut. Padahal regulasi tersebut salah satunya diciptakan untuk membendung peredaran penipuan menggunakan nomor ponsel palsu.

Baca Juga: Ini Deretan Fotografer Lakukan Virtual Photoshoot

Apa Itu SMS Spam?

Bila diartikan, SMS spam adalah pesan teks yang dikirim oleh nomor tidak dikenal dengan isi yang tidak kita inginkan yang masuk ke dalam perangkat gadget kita. Disebut spam karena pesan ini terus-terusan masuk ke perangkat setiap harinya, walaupun kebanyakan memang dikirim oleh nomor yang berbeda.

Seperti yang sudah dicontohkan dan disebutkan di atas, isi SMS spam ini biasanya menarik perhatian pengguna smartphone. Selain berupa teks, disusupkan juga tautan yang mengarah kepada sebuah halaman situs yang mencurigakan. Jika menerima pesan tersebut, jangan klik tautan karena bisa berisiko mengandung malware.

Malware ini dianggap berbahaya, karena ketika sudah menyusup ke dalam ponsel, hacker bisa mengambil semua informasi data yang ada di dalam ponsel kita. Nah, untuk mengatasi SMS spam, berikut kami akan berikan cara-caranya!

Tips Blokir SMS Spam

1. Manfaatkan Fitur di HP

Hampir semua HP sekarang ini sudah memiliki fitur untuk memblokir nomor yang tidak dikenal. Fungsinya tentu saja untuk memberikan keamanan kepada penggunannya dalam menghadapi pesan atau panggilan yang tidak Ia kenali.

Salah satu brand smartphone yang menyertakan fitur ini adalah Oppo. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi Sistem > Pesan > Blokir > Blokir Pesan. Kamu juga bisa memasukkan kata kunci untuk menghindari SMS spam, seperti misalnya undian, pinjaman online, dan sebagainya.

Selain di Oppo, fitur ini juga ada di Samsung, yakni dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Blokir Pesan > Blokir Frase.

Lalu bagaimana dengan perangkat berbasis iOS atau iPhone? Kamu tinggal buka pesan tersebut, awas jangan sampai keklik tautanya, lalu kamu tap nomor pengirim. Setelah itu kamu klik ikon info (i) lalu setelah itu pilih opsi Blokir Kontak atau Blokir Penelepon.

Baca Juga: Keunggulan Samsung Galaxy Tab S7 Series

2. Adukan ke Pihak Berwenang

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia atau BRTI memberikan layanan pengaduan terhadap nomor-nomor yang tidak dikenal atau yang meresahkan. Layanan ini sudah dibuka oleh BRTI sejak tahun 2018. BRTI membuka layanan aduan melalui Twitter di akun @aduanBRTI. Bukan terbatas untuk aduan SMS, layanan ini juga bisa untuk melaporkan panggilan tidak dikenal yang meresahkan.

Caranya mudah, kamu tinggal merekam pembicaraan atau screenshot bukti SMS spam lalu kirim melalui direct message (DM) ke akun @aduanBRTI tadi. Jangan lupa juga cantumkan nomor ponselmu yang harus sudah teregistrasi.

3. Install Aplikasi Blokir

Cara berikutnya untuk bisa blokir SMS menjengkelkan adalah meng-install aplikasi blokir. Kamu bisa menggunakan aplikasi Block Text besutan developer Key Messages untuk perangkat Android. Sementara untuk perangkat iOS, kamu bisa menggunakan aplikasi VeroSMS.

Aplikasi Block Text menggunakan kecerdasan buatan untuk membedakan mana nomor pribadi dan mana nomor yang sering digunakan oleh scammer atau telemarketer. Sedangkan di VeroSMS kamu bisa menambahkan kata kunci yang tidak ingin ditampilkan di pesan, seperti pinjaman online, undian berhadiah, dan lainnya.

4. Blokir Nomor dengan Pengaturan Bawaan

Cara blokir SMS spam berikutnya dengan pengaturan bawaan. Sebenarnya hampir semua smartphone sekarang ini memiliki pengaturan bawaan untuk memblokir nomor, termasuk memblokir pesan dari nomor tidak dikenal. Di perangkat Android, kamu buka menu Settings > Block messages > Block numbers. Ada juga beberapa ponsel Android yang bahkan bisa memblokir frase atau kata yang tidak diinginkan, semisal undian, pinjaman, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Conference Call Untuk Anda yang WFH

Exit mobile version