Begini Lho Caranya Cek Tagihan Listrik Online

Cara Cek Tagihan Listrik Online PLN – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, membuat ragam aktivitas menjadi terhalang. Belum lagi dengan adanya penerapan PSBB ketat yang kembali berlangsung hingga 25 Januari 2021.

Kondisi tersebut membuat sebagai besar masyarakat sulit mendapatkan informasi. Salah satu mengenai tagihan listrik karena petugas meter yang biasa menyambangi rumah ikut dibatasi aktivitasnya.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa melakukan pengecekan tagihan listrik tanpa keluar rumah secara online. Dengan demikian, Anda masih membayar konsumsi bulanan tepat waktu.

BACA JUGA : Di Rumah Aja, Gini Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Untuk cara pengecekan tagihan listrik secara online juga mudah dilakukan, cukup menggunakan smartphone atau gawai lain yang terkoneksi dengan internet.

PLN Mobile

 

Untuk lebih mudahnya, berikut langkah pengecekan tagihan listrik online yang bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah ;

Cek Tagihan Via PLN Mobile

PLN menawarkan kemudahan cek tagihan listrik online melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini bisa diakses langsung dari smartphone baik iOS atau pun Android yang juga dapat digunakan untuk mengecek riwayat penggunaan kwh listrik, mengetahui lokasi pembayaran tagihan lewat bank, tagihan, beli token, sampai sarana pengaduan untuk pelanggan.

iOS

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile lewat iOS Store,
  2. Setelah diunduh, buka aplikasi pada perangkat smartphone, klik tab “Menu” > klik “Informasi”,
  3. Pilih opsi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”,
  4. Selanjutnya masukkan nomor meteran atau ID pelanggan ke dalam kolom yang tersedia,
  5. Pastikan nomor sudah benar, setelah itu klik “Cari” dan aplikasi akan menunjukkan status dari tagihan beserta nominalnya.

BACA JUGA : Cara Reset iPhone yang Benar dan Mudah

Android

  1. Unduh aplikasi dari Google PlayStore,
  2. Buka aplikasi tab “Menu”,
  3. Pilih menu “Informasi” > pilih opsi “Informasi Tagihan dan Token Listrik”,
  4. Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik,
  5. Klik tombol “Cari” dan Aplikasi akan menunjukkan status dari tagihan listrik Anda lengkap bersama jumlah nominal tagihan.

Cek Tagihan via Email PLN

Selain aplikasi, PLN juga menyedikan layanan cek tagihan listrik online dengan cara mengirimkan email. Seperti diketahui, perusahaan listrik milik negara itu memang menawarkan tagihan online dalam bentuk e-billing. Namun untuk mendapatkan tagihan e-billing, konsumen harus terdaftar lebih dulu di daftar e-billing PLN.

Cara mendaftanya juga mudah, cukup langsung dari situs resmi PLN. Atau bisa juga diawali dengan menghubungi pihak PLN lebih dahulu dengan mengirimkan email ke pln123@pln.co.id.

Baca Juga: Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Mudah

Exit mobile version