Panduan Lengkap Cara Check In Online Pesawat

Proses check-in pesawat lebih mudah dilakukan secara online. Cara check in online dapat dilakukan melalui website maskapai penerbangan atau mengunduh aplikasi yang menyediakan fitur check-in pesawat secara online.

Hal ini tentunya mempercepat waktu untuk mendapatkan boarding pass. Penumpang tak lagi mesti mengantre dan khawatir tertinggal waktu boarding. Pasalnya, cara check in online dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun, sesuai ketentuan maskapai dan kondisi penumpang.

Ketentuan Check-In Pesawat Maskapai

5 Cara Beli Tiket Pesawat Online dan Offline Termudah

Waktu untuk dapat melakukan check-in online biasanya berbeda di setiap maskapai. Misalnya, check-in online untuk maskapai Garuda Indonesia yang dilakukan 48 hingga 2 jam sebelum keberangkatan domestik. Sementara, untuk penerbangan internasional dapat dilakukan check in 48 hingga 4 jam sebelum berangkat.

Di sisi lain, ada juga maskapai, seperti Citilink, yang membuka opsi web check-in pesawat mulai dari 100 hari hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Khusus keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta, cara check in online maksimal 45 menit sebelum pesawat take off.

Selanjutnya, check-in online maskapai Lion Air dapat dilakukan 23 jam – 2 jam sebelum keberangkatan. Sementara itu, maskapai Batik Air membuka check-in online 12 jam – 2 jam sebelum penerbangan. Untuk Sriwijaya Air, web check-in tersedia 24 jam – 4 jam sebelum berangkat. Sedangkan, check in online maskapai AirAsia dibuka 14 hari hingga 1 jam sebelum penerbangan,

Sebagian besar maskapai penerbangan besar dan banyak maskapai regional memungkinkan penumpang untuk melakukan check-in online. Namun, ada beberapa maskapai kecil atau regional yang mungkin belum menyediakan layanan check-in online.

Selain itu, beberapa maskapai mungkin memiliki persyaratan khusus atau batasan terkait dengan check-in online, terutama jika kamu memiliki kebutuhan khusus atau barang bawaan yang perlu diperiksa.

Semakin banyak maskapai yang mendorong penumpang untuk melakukan check-in online, yang menghemat waktu dan mengurangi antrean di bandara. Namun, cara check in online harus dilakukan sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh maskapai, yang berbeda-beda tergantung pada maskapai dan rute penerbangan.

Baca juga: 5 Cara Beli Tiket Pesawat Online dan Offline Termudah

Cara Check In Pesawat Online

Untuk check-in pesawat, setiap maskapai memberikan beragam layanan, mulai dari check-in offline di bandara hingga online. Cara check in online terbilang mudah, berikut ini panduan langkah demi langkah tentang cara check-in pesawat secara online melalui situs web maskapai atau aplikasi seluler.

Check In Via Web Maskapai

Untuk melakukan check-in pesawat melalui situs web maskapai, berikut adalah langkah-langkah umum yang harus diikuti:

  1. Buka peramban web dan kunjungi situs web resmi maskapai penerbangan yang hendak digunakan. Situs web ini biasanya akan memiliki opsi “Check-In” atau “Online Check-In”.
  2. Klik atau ketuk opsi “Check-In” atau “Online Check-In.” Ini akan membawa kamu ke halaman atau formulir khusus untuk melakukan check-in.
  3. Masukkan informasi yang diminta. Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor penerbangan, kode pemesanan (booking reference), atau nomor tiket, serta nama penumpang.
  4. Verifikasi dan konfirmasikan informasi, seperti jumlah penumpang dan detail penerbangan. Periksa kembali untuk memastikan semuanya benar.
  5. Setelah mengonfirmasi semua informasi, sistem akan mengeluarkan kartu boarding. Kamu dapat mencetak kartu boarding ini atau menyimpannya sebagai file PDF di perangkat seluler.
  6. Pastikan untuk mematuhi waktu check-in online yang ditentukan oleh maskapai. Ini bisa berbeda-beda, tetapi biasanya bisa dilakukan beberapa jam hingga satu hari sebelum keberangkatan.

Setelah selesai melakukan check-in online, kamu akan memiliki kartu boarding yang perlu dibawa ke bandara bersama dengan dokumen identifikasi yang diperlukan. Pastikan untuk tiba di bandara dalam waktu yang cukup untuk menyelesaikan proses keamanan dan masuk ke pesawat sesuai jadwal penerbanganmu.

Check In Via Aplikasi Seluler

Cara check-in pesawat melalui aplikasi seluler hampir mirip dengan cara melakukannya melalui situs web maskapai. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk check-in pesawat melalui aplikasi seluler:

  1. Unduh dan instal aplikasi seluler resmi maskapai penerbangan yang digunakan dari App Store untuk perangkat iOS atau Google Play Store untuk perangkat Android.
  2. Buka aplikasi maskapai penerbangan setelah instalasi selesai.
  3. Biasanya, kamu akan diminta untuk login atau masuk ke akun jika kamu belum melakukannya. Masukkan informasi akunmu jika diperlukan.
  4. Di layar utama aplikasi, cari dan pilih opsi “Check-In” atau “Online Check-In.”
  5. Masukkan informasi yang diperlukan, seperti nomor penerbangan, kode pemesanan (booking reference), atau nomor tiket, serta nama penumpang.
  6. Verifikasi dan konfirmasikan informasi yang sesuai dan tepat, termasuk jumlah penumpang dan detail penerbangan.
  7. Setelah mengonfirmasi semua informasi, aplikasi akan menghasilkan kartu boarding elektronik.
  8. Kamu dapat menampilkan kartu boarding ini pada layar ponsel saat di bandara, atau kamu dapat memilih untuk mengirimkannya melalui email atau menyimpannya di aplikasi seluler maskapai.
  9. Pastikan untuk mematuhi waktu check-in online yang ditentukan oleh maskapai. Biasanya, ini dapat dilakukan beberapa jam hingga satu hari sebelum keberangkatan.

Baca juga: 5 Trik Berburu Tiket Pesawat agar Tak Kehabisan

Kartu boarding elektronik yang dihasilkan melalui aplikasi seluler biasanya memiliki kode QR atau barcode yang akan dipindai oleh petugas bandara saat melewati proses keamanan dan masuk ke pesawat. Pastikan ponselmu memiliki daya baterai yang mencukupi dan simpan kartu boarding dengan aman.

Exit mobile version