Cara Ciptakan Konten Smartphone Berkualitas di TikTok dan Instagram

TikTok dan Instragam menjadi primadona selama masa pandemi. Tiga bulan terakhir, misalnya, TikTok mengalami pertumbuhan pengguna 20% dengan 27% peningkatan interaksi pada berbagai konten tertentu.

Sementara pengguna Instagram menggungah story rata-rata 6,1 kali dalam sehari untuk membagikan berbagai aktivitas salah satunya selama di rumah.

Konten entertainment (35.61%), serta fashion and beauty (13.77%) secara general menarik minat konsumen (termasuk Gen Z) untuk melakukan engagement pada saat mereka beraktivitas di media sosial.

Salshabilla Adriani, salah satu influencer di Instagram, membagikan tips mengenai cara menghasilkan konten menarik bagi followers.

Baca Juga: Trik Membuat Konten Bisnis Cepat Viral di Tiktok

Penting, Fitur Kamera di Ponsel

Menurut Salshabilla, smartphone dengan banyak kamera ternyata penting untuk membuat konten. ”Mood penonton sangat dipengaruhi oleh kualitas video. Jika jernih dan cerah, tentu membuat penonton lebih betah berlama lama,” ujarnya.

Salshabilla mengaku memanfaatkan empat kamera di Galaxy A71. Yakni, kamera utama 64 MP, lensa Ultra-Wide 12 MP dengan sudut 123 derajat, lensa Depth dan kamera Macro yang memiliki resolusi 5 MP, serta Kamera Depan 32MP.

Favorit Salshabilla adalah video Full HD 60fps, bahkan hingga kualitas 4K dan dilengkapi teknologi Super Steady.

Baca Juga: 9 Keuntungan Influencer Marketing Untuk Bisnis

Tambahkan Lagu dan Stiker  

Menurut Salshabilla, itu efek lagu dan juga stiker juga menjadi hal yang wajib. “Kita bisa merekam video melalui kamera utama 64MP-nya baru meng-editnya. Bukan menambah kecerahan atau kejelasan ya, tapi untuk menambahkan efek di aplikasi misalnya di TikTok. Bangun mood penonton dengan menambahkan efek lagu yang lucu ataupun sticker yang unyu,” tambah Salsa, sapaan akrabnya.

Selain itu, ia juga memanfaatkan kamera bokeh dan juga Macro. ”Biasanya aku pakai untuk mengabadikan hasil kreasi make up close up. Tak perlu khawatir jika pengambilan awal foto tidak terlalu Bokeh karena Galaxy A71 memungkinkan kita untuk mengatur sendiri preferensi efek “blur” melalui menu Live Focus,” ujarnya.

Sedangkan kamera Macro biasanya dipakai untuk memotret obyek lebih kecil secara detail. Misalnya rekomendasi baju ala Salsa. ”Dengan pengambilan 3 cm-5 cm, aku bisa mendapat gambar detail material baju yang aku sukai,” ujarnya.

Baca Juga: Ini alasan UKM Bittersweet by Najla Beriklan di TikTok

Kamera Depan untuk TikTok

Salsa menggunakan Front Camera 32MP dari Galaxy A71 untuk membantunya membuat konten-konten TikTok maupun Instagram Story yang menarik dan menghibur.

“Manfaatkan spot dan properti yang ada di rumah kita dan maksimalkan dengan fungsi kamera smartphone yang kita miliki,” ujarnya.

 

Perbanyak Stok Konten, Jangan Lelah Take dan Re-take

Salshabilla mengakui dirinya pun selalu mengambil stok konten sebanyak-banyaknya. “Percaya deh, jarang banget yang namannya bisa one take oke. Aku biasanya bikin 2 sampai 3 konten supaya jadi pilihan, yang mana yang terbaik itu yang nantinya aku upload,” ujarnya.

Galaxy A71 dilengkapi memori 128GB sehingga cukup luas untuk menyimpan foto maupun video tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan pada smartphone.

Baca Juga: Strategi Pertahankan Loyalitas Pelanggan di Instagram

Baterai Besar, Bikin Konten Seharian

Membuat  beragam konten pastinya membutuhkan waktu yang lama, belum lagi dalam menyortir hasil foto maupun video yang ingin diunggah di media sosial. ”Paling bete kalau lagi serius bikin konten, baterai smartphone habis,” ujarnya. Adapun Galaxy A71 dilengkapi baterai 4.500 mAh dengan Super-Fast Charging 25 W.

 

Mengedit Konten Langsung di Ponsel

Ketika konten telah diproduksi, tentu memberikan final touch up atau editing wajib hukumnya. Mengedit video atau foto perlu proses detail agar terlihat smooth, dan memiliki smartphone dengan layar luas bisa membantu memudahkan hal tersebut.

Salshabilla mengaku sangat terbantu dengan layar Infinity-O 6,7 inci milik Galaxy A71 untuk kenyamanan dalam proses editing. Karena sudah dilengkapi layar Super Amoled Plus yang memungkinkan penggunaan layar dipencahayaan terang maupun minim.

Baca Juga: 7 Strategi Marketing Di Era Digital

Exit mobile version