Cara Facebook Menginspirasi UMKM ke Ranah Daring

Green Corner Hydroponic Palembang.

Facebook – Peran UMKM tak bisa diabaikan, terutama dalam kontribusnya pada pertumbuhan ekonomi di banyak negara. Namun, adanya pandemi membuat para UMKM dilanda tantangan yang luar biasa.

Menanggapi hal tersebut, Facebook memahami bahwa beralih ke ranah daring merupakan sebuah keniscayaan bagi para pelaku UMKM. Guna menginspirasi dan membantu lebih banyak UMKM menerapkan pendekatan digitalisasi dalam upaya tumbuh kembang usaha mereka, Facebook meluncurkan rangkaian video pendek ‘Dari UMKM untuk UMKM’.

Adapun keberdaraan video tersebut berguna untuk menampilkan tips dan inspirasi dari enam pelaku UMKM Indonesia untuk sesamanya. Rangkaian video pendek ini merupakan bagian dari kampanye #TumbuhdiFacebook.

Ruben Hattari, Kepala Kebijakan Publik, Facebook di Indonesia, mengatakan bila Facebook menyadari bahwa adopsi digital bukan hal yang mudah untuk diterapkan karena masih banyak kelompok masyarakat yang belum dapat memaksimalkan penggunaan layanan digital.

BACA JUGA : Penjualan UMKM Via Online Meningkat 400 Persen

“Kami berharap rangkaian video pendek ini tidak hanya bermanfaat untuk melengkapi para UMKM dengan tips-tips praktis, tapi sekaligus dapat memberikan inspirasi dan ide-ide segar untuk membantu mereka meningkatkan produktivitas dan penjualan mereka melalui Facebook, Instagram, dan WhatsApp,” kata Ruben.

Tips memilih supplier
ilustrasi Tips memilih supplier dengan tepat

Video pertama dalam rangkaian “Dari UMKM untuk UMKM” menampilkan tips dan inspirasi dari Mukena Tazbiya. Berawal dari ide untuk menghadirkan mukena yang tidak hanya bermotif cantik, tetapi juga nyaman dan memiliki harga yang terjangkau, lahirlah Mukena Tazbiya pada tahun 2015.

Untuk memperkenalkan produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan, UMKM Mukena Tazbiya memanfaatkan Facebook dan Instagram. Beberapa tips yang dibagikan dalam video ini adalah inovasi yang berkelanjutan dan memanfaatkan kritik atau saran dari pelanggan sebagai sumber inspirasi untuk mengembangkan produk baru.

Memanfaatkan insight dari Facebook dan Instagram pun menjadi hal yang sangat penting untuk melihat target pelanggan yang relevan dan mengevaluasi performa bisnis.

UMKM dari Bandung, Pijakbumi, bergabung di video kedua. Sejak awal didirikan, Pijakbumi mengusung nilai-nilai inti yang membuatnya unik dan menarik, seperti penggunaan material yang alami, diproduksi secara berkelanjutan, serta desain yang apik dan nyaman.

Rumah Atsiri Aromatik

Tips yang dibagikan dalam video kedua ini antara lain adalah bagaimana cara meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan menciptakan konten yang kreatif, autentik, dan jujur, serta memahami keinginan mereka melalui kuesioner secara rutin.

BACA JUGA : Eksistensi Wisata Edukasi Tanaman Aromatik Rumah Atsiri via Facebook

Nama UMKM Pijakbumi kini telah mendunia berkat keikutsertaannya dalam berbagai pameran di luar negeri dan telah mendapatkan predikat sebagai salah satu produsen sepatu terbaik dari Indonesia.

Fitur Shopping UMKM di Instagram

Diluar dari dua video tersebut, Rumah Atsiri dari Semarang, Agradaya dari Yogyakarta, Matoa dari Bandung, dan Indah Mutiara dari Lombok pun akan membagikan tips dan inspirasi usaha mereka ke sesama pelaku UMKM di Indonesia.

Nah buat yang sedang mencari inspirasi, rangkaian video pendek ‘Dari UMKM untuk UMKM’ ini bisa ditonton oleh siapa saja melalui Halaman Facebook App Indonesia!

Exit mobile version