Cara FYP di TikTok, Bisa Bikin Kamu Jadi Seleb TikTok

cara FYP TikTok

Di awal kemunculannya TikTok menjadi aplikasi yang dihujat oleh netizen Indonesia. Namun, siapa sangka kini TikTok telah menjelma menjadi aplikasi yang paling diganderungi, bahkan bisa menghasilkan uang kalau kamu tahu cara FYP di TikTok.

FYP atau singkatan dari For Your Page adalah istilah yang merujuk pada konten rekomendasi yang akan muncul pada halaman pertama saat kamu membuka TikTok. Video yang ditampilkan sudah menjadi kurasi dari pihak TikTok dan menjadi algoritma tersendiri.

Baca Juga: Cara Pakai Filter Nangis yang Lagi Hits di IG dan TikTok

Nah, FYP ini sendiri menjadi cara bagi para pengguna dan content creator agar kontennya bisa dilirik oleh banyak orang. Semakin banyak kontenmu dilihat orang, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan follower, jika konten videomu menarik. Apabila akunmu memiliki banyak follower, maka bukan tidak mungkin kalau nantinya kamu bisa cuan dari TikTok.

Lalu gimana sih cara FYP di TikTok? Yuk simak beberapa kiatnya berikut!

Cara FYP di TikTok yang Mudah, Siap-siap Viral

1. Upload Video di Prime Time

Cara FYP TikTok yang pertama adalah pastikan kamu memposting video di waktu yang tepat atau Prime Time. Biasanya prime time yang pas menurut situs Influencer Marketing Hub ada pada saat jam 12.00 – 13.00, lalu pada sore hari pukul 16.00 – 17.00, dan malam hari pada pukul 19.00 – 23.00 WIB. Kalau kamu kebetulan nggak sempat, kamu bisa kok jadwalin waktu tayang.

2. Nggak Perlu Kuantitas, yang Penting Kualitas

Berbeda dengan YouTube, kamu nggak perlu posting banyak-banyak konten. Ketimbang mentingin kuantitas, coba untuk bikin konten yang berkualitas. Misalnya hindari posting konten dengan kualitas video yang rendah. Editing yang bagus juga menjadi pertimbangan. Bikin video dengan menggunakan filter atau efek transisi yang menarik.

3. Gunakan Sound yang Populer

Sound menjadi daya tarik di TikTok. Oleh karenanya, pada saat kamu membuat video, usahakan untuk menggunakan sound yang sedang trending atau populer di TikTok. Caranya adalah dengan melihat di menu ‘Discover’. Kamu juga bisa menggunakan analytics untuk melihat sounds apa yang follower kamu tonton selama satu minggu terakhir. Oh iya, analytics ini bisa kamu dapatkan setelah mencapai 100 followers yah.

4. Manfaatkan Hashtag yang Tepat

Selain sound, hashtag juga bisa mendongkrak algoritma video di TikTok. Namun, perlu diperhatikan dalam penggunaan hashtag. Usahakan menggunakan hashtag yang releven dengan kontenmu. Bisa juga pakai hashtag yang sedang populer di kalangan pengguna.

Baca Juga: Intip Cara Konten Kreator Video Pendek Raup Cuan

5. Bikin Video Berdurasi Pendek

TikTok sejatinya merupakan platform yang menampilkan video dengan durasi yang pendek. FYI aja nih, rata-rata pengguna TikTok akan menyukai video dengan durasi yang pendek, yakni rata-rata kurang dari 1 menit. Karenanya, walau sekarang video TikTok sudah bisa tampil dengan durasi yang lebih panjang, lebih baik posting durasi yang pendek saja.

6. Berinteraksi dengan Followers

Cara FYP di TikTok yang tak kalah penting adalah usahakan untuk berinteraksi dengan followers. Kalau ada followers yang komen, cobalah untuk membalasnya. Kalau kamu kebetulan malas balas, bisa juga dengan cara memberi like. Kalau engagement kamu bagus, maka kamu akan disukai oleh pengguna TikTok lainnya.

7. Bangun Engagement

Nah, gimana sih caranya biar kontenmu dikomen sama followers? Nah, triknya dalah bikin caption yang membangun. Misalnya: ‘Gimana nih menurut kalian gaes?’. Dengan memberi pertanyaan pada caption, maka bukan hal yang mustahil followers akan memberikan tanggapan pada kolom komentar. Komen yang banyak bisa mendorong kontenmu untuk masuk FYP TikTok.

Baca Juga: 5 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Exit mobile version