Panduan Lengkap Liburan: Cara ke Bromo dari Jakarta

Cara ke Bromo dari Jakarta bisa ditempuh dengan berbagai pilihan. Yang biasa dilakukan adalah naik mobil pribadi, bus, kereta api, atau pesawat. Naik sepeda motor juga bisa dicoba, tetapi disarankan untuk melakukan perjalanan dengan santai dan tidak membawa anak kecil jarak yang sangat jauh.

Jarak dari Jakarta ke Wonokitri melalui Pasuruan dengan mobil adalah 865 km. Jika melalui Probolinggo, jarak Jakarta ke Sukapura adalah 885 km. Setelah itu, perjalanan harus dilanjutkan lagi dengan jip atau ojek ke kaldera Gunung Bromo karena kendaraan pribadi tidak diperbolehkan untuk masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Meskipun membutuhkan perjuangan, tetapi perjalanan ini layak untuk dilakukan sekali seumur hidup.

Cara ke Bromo dari Jakarta

Dari arah barat, Bromo bisa diakses melalui Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Jarak melalui Probolinggo memang lebih jauh, tetapi kondisi jalan lebih lebar dan tidak terlalu curam, sehingga sebagian orang menganggapnya lebih nyaman dan aman. Berikut adalah 4 cara ke Bromo dari Jakarta.

Panduan Lengkap Liburan: Cara ke Bromo dari Jakarta

1. Cara ke Bromo dari Jakarta Naik Mobil Pribadi

Keuntungan naik mobil pribadi adalah bisa memilih rute mana saja sesuai waktu yang dimiliki, pun dapat mempertimbangkan kondisi kendaraan dan kemampuan sopir. Berikut rute yang umum digunakan:

  1. Lewat Pasuruan – Warungdowo – Pasrepan – Tosari – Bromo. Di jalur ini banyak spot cantik, antara lain Taman Edelweis, Bukit Cinta dan Bukit Penanjakan
  2. Lewat Pasuruan – Purwodadi (Pasuruan) – Nongkojajar – Tutur –Tosari – Bromo. Sebaiknya jika memang ingin memiliih jalur ini, wisatawan hendaknya ekstra hati-hati lantaran jalur ini sering longsor. Karena itu, ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dulu sebelum berangkat mengenai kondisi terkini jalur tersebut.
  3. Lewat Probolinggo (Tongas) – Sukapura – Cemoro Lawang – Gunung Bromo. Ini merupakan jalur favorit wisatawan karena kondisi jalan yang lebih ramah.

Waktu tempuh ketiganya hampir sama, yaitu sekitar 12 jam, belum termasuk naik jip atau ojek dari desa atau rest area terdekat ke kaldera Gunung Bromo.

Baca juga: Tips dan Jalur Pendakian Gunung Bromo yang Perlu Diketahui

2. Cara ke Bromo dari Jakarta Naik Bus Umum

Wisatawan bisa naik bus dari Terminal Lebak Bulus, Tanjung Priok, Kalideres, Grogol, Pondok Pinang, Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Pulo Gadung, dan agen atau pool masing-masing ke Malang atau Surabaya.

Bus yang melayani trayek Jakarta – Malang antara lain adalah Harapan Jaya, Gunung Harta, Haryanto, Sinar Jaya, 27 Trans, Lorena, Medali Mas, Mayora – Surya Trans, Pahala Kencana, Kramat Djati, Handoyo, Mtrans, dan Damri. Harga tiket bus mulai Rp330.000 dengan waktu tempuh 11 hingga 16 jam.

Dari Terminal Malang, wisatawan bisa naik angkutan umum ke Terminal Bayu Angga, dilanjutkan naik angkutan desa ke Cemoro Lawang. Pilihan yang lebih mudah adalah naik Damri trayek khusus Bromo langsung dari Terminal Malang ke Wonokitri. Perjalanan diakhiri dengan naik jip atau ojek.

Bus yang melayani trayek Jakarta – Surabaya adalah Haryanto, Harapan Jaya, Sinar Jaya, KYM Trans, Gunung Harta, Pahala Kencana, 27 Trans, Lorena, Medali Mas, Handoyo, Mayora – Surya Trans, Kramat Djati, MTrans, Mawar, Sari Indah, dan Damri.

Harga tiket bus mulai Rp220.000 dengan waktu tempuh 10-15 jam untuk kelas eksekutif dan sekitar 18 jam untuk kelas bisnis. Dari Terminal Bungur Asih, wisatawan bisa naik Damri trayek khusus ke Bromo atau menyewa kendaraan ke Sukapura. Perjalanan diakhiri dengan naik jip atau ojek.

3. Cara ke Bromo dari Jakarta Naik Kereta Api

Untuk naik kereta api, wisatawan bisa berangkat dari Stasiun Gambir atau Pasar Senen menuju Malang atau Surabaya.

Kereta yang melayani rute Jakarta – Malang dari Gambir adalah Brawijaya, Gajayana dan Gajayana Luxury dengan tiket mulai Rp530.000 dan waktu tempuh 12 – 13 jam. Sedangkan kereta dengan stasiun keberangkatan Pasar Senen adalah Matarmaja, Jayabaya dan Majapahit dengan tiket mulai Rp200.000 dan waktu tempuh 15-16 jam. Perjalanan dilanjutkan dengan Damri trayek khusus Bromo atau menyewa kendaraan ke Wonokitri, lalu naik jip atau ojek ke kaldera Bromo.

Kereta yang melayani rute Jakarta – Surabaya dari Gambir adalah Argo Semeru Priority, Argo Semeru, Bima, Pandalungan, Argo Bromo Anggrek, Argo Anggrek Luxury Sleeper, Sembrani, dan Sembrani Luxury dengan harga tiket mulai Rp465.000 dan waktu tempuh 10.5-11 jam.

Sedangkan kereta dari Pasar Senen adalah Dharmawangsa, Airlangga, Kertajaya, Jayabaya, dan Gumarang dengan harta tiket termurah Rp104.000 dan waktu tempuh 10,5-11 jam. Perjalanan dilanjutkan dengan Damri trayek khusus Bromo atau menyewa kendaraan menuju ke Sukapura, lalu naik jip atau ojek ke kaldera Bromo.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Sabana Bromo

4. Cara ke Bromo dari Jakarta Naik Pesawat

Naik pesawat akan menghemat banyak waktu dan energi. Wisatawan bisa turun di Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang, atau Juanda di Surabaya.

Maskapai yang melayani rute Jakarta – Malang adalah Batik Air yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta serta Citilink yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma dan Soekarno Hatta Cengkareng. Harga tiket pesawat termurah adalah Rp1.191.000.

Maskapai yang melayani rute Jakarta – Surabaya adalah Citilink, Super Air Jet, Pelita Air, Lion Air, Batik Air dan Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno Hatta. Citilink ada yang berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma. Harga tiket pesawat mulai Rp798.387 dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Dari kedua bandara itu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Damri trayek khusus Bromo atau menyewa kendaraan ke Tosari dan Sukapura. Terakhir, wisatawan harus naik jip atau ojek untuk ke kaldera Bromo.

5. Damri Trayek Angkutan Khusus ke Bromo

Dikutip dari laman resmi Damri, Damri mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dengan menyediakan angkutan trayek khusus ke Bromo dari Malang dan Surabaya pulang pergi.

Wisatawan yang memilih transportasi umum dari Jakarta bisa berhenti di Malang atau Surabaya, lalu melanjutkan perjalanan dengan Damri ke rest area yang terdekat dengan TNBTS. Setelah itu wisatawan harus meneruskan perjalanan dengan jip atau ojek untuk benar-benar sampai di kaldera Gunung Bromo.

Berikut daftar trayek khusus Damri ke Bromo dari Malang dan Surabaya pulang pergi:

  1. Stasiun Malang – Tosari – Wonokitri dan sebaliknya dengan harga tiket Rp30.000. Wisatawan juga bisa berangkat dari Pool Damri.
  2. Bandara Abdul Rahman Saleh – Tosari dan sebaliknya dengan harga tiket Rp39.000.
  3. Terminal Batu – Terminal Pasrepan – Wonokitri – Tosari dan sebaliknya dengan harga tiket Rp40.000.
  4. Stasiun Pasar Turi (Surabaya) – Stasiun Gubeng – Terminal Bungur Asih – Sukapura dan sebaliknya dengan harga tiket Rp50.000.
  5. Bandara Juanda – Tosari dan sebaliknya dengan harga tiket Rp46.000.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara ke Bromo dari Jakarta untuk membantu merencanakan perjalanan yang akan memberikan kenangan indah. Sebaiknya cek ulang rute dan harga tiket karena sewaktu-waktu dapat berubah.

Exit mobile version