Jangan Panik! Begini Cara Melacak HP yang Hilang

Cara Melacak HP Hilang – Di era digital seperti saat ini, HP atau smartphone seolah sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi manusia. Rasa-rasanya sekarang ini ketinggalan HP mungkin akan lebih panik ketimbang ketinggalan dompet. Itu kalau ketinggalan. Lantas bagaimana jika HP kamu hilang? Lacak HP hilang memang bikin frustasi.

Kehilangan HP mungkin menjadi salah satu pengalaman yang paling tidak mengenakkan bagi setiap orang. Di samping faktor harga, faktor data juga menjadi hal yang penting. Aktivitas kita pun jadi terganggu dengan hilangnya HP, dimana kita jadi tidak bisa berkomunikasi dengan orang lain dan juga mungkin urusan pekerjaan yang biasanya dilakukan lewat smartphone juga akan tersendat.

Amit-amit kamu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu panik. Berikut ini akan kami berikan cara cari HP hilang yang mudah. Sekali lagi, pastikan kamu dalam kondisi yang tenang ketika menjalankan cara-cara berikut ini.

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab S7 Penuhi Kebutuhan Menggambar

1. Cara Melacak HP Hilang Lewat Email

lacak smartphone hilang lewat email

Salah satu cara yang paling sering dipakai orang-orang ketika HP-nya hilang adalah dengan menggunakan email. Hal ini karena memang sistem operasi Android pasti mewajibkan penggunanya untuk memasukan email, dalam hal ini tentunya Gmail. Jadi, sudah pasti bahwa setiap perangkat pasti ada email.

Nah, untuk cari HP hilang dengan menggunakan email, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Bukan cuma mengetahui lokasi di mana HP kamu berada, kamu juga bisa melakukan tiga hal, yakni membunyikan nada dering (bahkan keadaan sunyi sekalipun), mengunci dan sign out Google Account, dan menghapus semua konten di HP tersebut. Namun, setelah terhapus, kamu tidak bisa melacaknya lagi.

2. Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati (Google Maps)

HP kamu hilang dan kondisi perangkat tersebut mati? Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa kok melacaknya, yakni dengan menggunakan Google Maps. Langkah berikut sekaligus memberi tahu bagaimana melacak dengan menggunakan Google Maps.

Baca Juga: Cara Blokir SMS Spam dengan Ikuti Langkah Berikut!

3. Cara Melacak HP yang Hilang dengan Akun Khusus

Beberapa pabrikan smartphone sebenarnya memiliki fitur khusus untuk melacak smartphone yang hilang. Berikut caranya:

Mi Account

Cara ini berlaku buat pengguna HP Xiaomi. Untuk memulai lacak HP hilang, yang pertama harus kamu lakukan adalah:

Samsung ID

Selain Xiaomi, Samsung juga punya fitur serupa untuk lacak HP hilang. Untuk menggunakannya, ikuti langkah berikut ini:

iCloud

Cara ini bisa dilakukan bagi pengguna perangkat Apple atau iPhone

4. Cara Melacak HP yang Hilang dengan Android Device Manager (ADM)

Buat kamu pengguna Android, Google menyediakan sebuah aplikasi Android Device Manager yang bisa kamu download secara gratis melalui Google Play Store untuk lacak HP hilang. Aplikasi ini akan membantumu untuk melacak keberadaan ponsel yang hilang dengan menggunakan fitur global positioning system (GPS) pada perangkat tersebut. Adapun cara-caranya sebagai berikut:

Sebagai catatan, cara ini akan berhasil jika HP yang kamu lacak berada dalam kondisi hidup. Sebaliknya, jika HP dalam kondisi mati, maka tidak akan berhasil.

Baca Juga: Cara Aman Charge HP di Mobil dengan Car Charger

Exit mobile version