Cara Membuat Poster di Canva: Desain Menarik Tanpa Ribet untuk UMKM

JNEWS – Dalam mempromosikan produk UMKM ada banyak medium yang bisa digunakan, salah satunya poster. Sekarang ini tidak sulit membuat poster menarik untuk promosi karena sudah ada platform desain dan komunikasi visual online yakni Canva. Cara membuat poster di Canva pun bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja.

Poster merupakan media komunikasi efektif untuk berbagai keperluan. Mulai dari menyampaikan ide, gagasan, iklan, dan hal penting lainnya. Umumnya bentuk desain poster berupa gambar, tulisan, atau perpaduan keduanya.

Untuk bisa menarik perhatian khalayak ramai, visual poster harus dibuat menarik. Kekuatan visual ini bisa dilihat dari slogan, pesan hingga elemen desain yang ada di dalamnya.

Ada yang membuat poster dengan menggabungkan beberapa macam warna sehingga menghasilkan visual kontras yang kuat. Namun, ada juga yang membuat poster dengan tampilan minimalis dengan pesan yang kuat.

Bagi pemula yang bingung membuat desain poster seperti apa terlebih supaya tampilannya menarik bisa menggunakan aplikasi Canva. Di aplikasi ini, ada ribuan template poster menarik, unik dan estetik yang bisa digunakan menyesuaikan dengan tema.

Kelebihan Membuat Poster di Canva

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Canva merupakan platform khusus desain dan juga komunikasi visual online. Platform ini diluncurkan pertama kali di tahun 2013. Hingga saat ini sudah ada 13 juta pengguna aktif bulanan, 15 miliar desain dibuat, menjangkau 190 negara, dan 100-an bahasa.

Misi dari Canva adalah memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar mampu membuat desain sendiri, dalam bentuk apa pun, dan mempublikasikannya di mana pun. Ini seperti oase bagi pemula yang tidak tahu cara memulai membuat sebuah desain.

Di  Canva, pengguna tidak perlu merancang from scratch karena sudah tersedia banyak template poster yang bisa dipilih di fitur ‘Template’. Tidak perlu khawatir harus berbayar, karena ada stok desain grafis gratis.

Lantas apa saja kelebihan cara membuat poster di Canva?

  1. Fleksibilitas. Canva menawarkan fleksibilitas bagi para penggunanya melalui berbagai macam akses. Pengguna bisa membuat desain lewat komputer, smartphone hingga tablet. Baik iOS atau Android, semuanya bisa digunakan.
  2. Bisa diakses kapan saja dan di mana saja.
  3. Ada fitur kolaborasi, jadi rekan satu tim bisa mengakses satu desain yang sama.
  4. User friendly, bagi yang pertama kali menggunakan platform ini dijamin tidak akan bingung dengan fitur-fiturnya.
  5. Tersedia berbagai macam desain layout poster.
  6. Tidak perlu menyewa desainer.

Canva menawarkan fleksibilitas yang komplet bagi para penggunanya. Bisa belajar dan membuat desain di segala kondisi, baik di rumah maupun saat perjalanan.

Baca juga: Canva Web: Cara Daftar, Login, dan Penggunaannya untuk Digital Marketing

Cara Membuat Poster di Canva

Untuk memaksimalkan hasil desain agar bisa memancing minat masyarakat dan menjaring calon pembeli potensial akan produk UMKM, berikut ini cara membuat poster di Canva.

1. Bukan Laman Canva dan Sign In

Langkah pertama adalah membuka laman Canva di https://www.canva.com/ baik melalui laptop atau smartphone. Lalu, klik ‘Sign In’. Ada beberapa pilihan untuk masuk ke Canva yakni: Google Account, Facebook atau e-mail.

Agar memudahkan, sebaiknya pilih Google Account saja yang biasanya sudah terintegrasi dengan Gmail di smartphone maupun laptop.

2. Di Navigasi Bagian Atas Klik ‘Poster’

Untuk memulai desain poster, silakan klik ‘Poster’ di navigasi bagian atas untuk tampilan website. Apabila menggunakan aplikasi di smartphone, di kolom search beranda tulis ‘Poster’, nanti akan muncul dua ukuran dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Pilih Desain

Untuk yang menggunakan website bisa klik ‘Browse Design’, lalu akan muncul segudang desain poster. Silakan memilih sesuai kebutuhan promosi.

Bagi yang menggunakan smartphone, ketika memilih salah satu ukuran, seluruh desain akan langsung muncul. Pilih salah satu menyesuaikan kebutuhan.

Jika ingin mengganti desain, bisa klik ‘Design’, kemudian masukkan kata kunci kategori yang ingin digunakan. Misalnya ingin membuat desain Promo Agustus, cukup masukkan kata kunci ‘promo’ atau ‘sale’, lalu akan muncul sejumlah desain dengan topik tersebut.

4. Editing

Cara membuat poster di Canva berikutnya adalah editing. Setelah memilih template, edit bagian yang ingin ditambahkan gambar atau mengganti warna.

Supaya desain semakin menarik, bisa tambahkan elemen yang sudah tersedia. Elemen-elemen di Canva ada yang bisa diakses gratis, ada pula yang berbayar. Silakan disesuaikan dengan anggaran. Jika memang belum ada bujet khusus, elemen gratis pun bisa diolah menjadi desain yang unik dan menarik.

5. Tambahkan Teks

Sebuah poster akan lebih menarik apabila ditambahkan teks singkat berupa informasi yang ingin disampaikan. Misalnya poster promo, bisa menambahkan teks seperti: SALE 50% untuk item tertentu selama bulan Agustus. Jangan lupa cantumkan nomor atau website untuk membelinya.

Di Canva ada banyak font yang bisa digunakan untuk mempercantik desain. Ada juga teks bawaan yang merupakan kombinasi beberapa font sebagai pilihan.

6. Download atau Bagikan

Poster yang sudah selesai diedit bisa didownload untuk diposting di media sosial. Namun, ada juga fitur ‘bagikan’ yang bisa digunakan untuk publish langsung atau mengirimkan ke WhatsApp.

Apabila ingin mencetak poster, bisa gunakan pilihan download dengan versi PNG.

Baca juga: Desain Grafis Gambaran Iklan yang Menarik untuk UMKM: Panduan Disertai Contoh

Kemudahan cara membuat poster di Canva tentunya sangat membantu bagi UMKM dalam hal promosi dan brand awareness produk yang dijual. Terlebih platform ini gratis dan bisa digunakan di berbagai kondisi jadi pemilik UMKM pun bisa terus membuat desain visual menarik untuk berbagai keperluan.

Exit mobile version