Cara Memilih Apartemen untuk Pemula: Panduan Praktis dan Mudah Dipahami

JNEWS – Memilih apartemen itu bukan perkara mudah karena bisa jadi akan melibatkan dana yang telah dikumpulkan seumur hidup. Pembelian apartemen juga melibatkan masalah legal yang diperlukan untuk melindungi hak konsumen. Riset, survei, dan konsultasi harus dilakukan dengan intensif sebelum memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen.

Apartemen sudah menjadi pilihan sebagian masyarakat di kota-kota besar agar lebih dekat dengan aktivitas produktif sehari-hari, fasilitas umum hingga transportasi umum. Letak perumahan-perumahan baru yang makin jauh di luar kota dirasa sudah tidak efisien, tidak ekonomis, dan menghabiskan waktu. Namun, di balik itu semua, memilih apartemen membutuhkan kehati-hatian.

Cara Memilih Apartemen untuk Pemula

Secara garis besar, ada empat hal yang wajib diperhatikan ketika memilih apartemen, yaitu lokasi legalitas, reputasi, dan fasilitas. Di antara empat hal itu hanya fasilitas yang bisa dipertimbangkan jika ada kekurangan. Pembeli pemula yang sudah menabung atau berinvestasi sangat lama untuk membeli hunian pertama, sebaiknya tidak meneruskan proses transaksi jika menemukan ketidaksesuaian pada tiga hal lainnya.

Berikut adalah panduan cara memilih apartemen untuk pemula selengkapnya.

Panduan Memulai Bisnis Sewa Apartemen: Langkah-Langkah Awal yang Perlu Diketahui

1. Lokasi Apartemen

Lokasi harus diletakkan di urutan pertama jika akan memilih apartemen karena paling mudah terlihat dan paling mudah difilter. Berikut adalah langkah-langkah yang penting untuk dilakukan:

Baca juga: Panduan Memulai Bisnis Sewa Apartemen: Langkah-Langkah Awal yang Perlu Diketahui

2. Legalitas Apartemen

Setelah cek lokasi dilakukan, maka saatnya memeriksa legalitas pengembang. Proses ini sebaiknya dilakukan sebelum tawar-menawar yang lebih serius agar tidak membuang-buang waktu. Legalitas akan melindungi konsumen dari segala bentuk penipuan atau kerugian. Secara umum, pemeriksaan registrasi pengembang dapat dilakukan melalui kolom di laman sireng.pu.go.id.

Sedangkan data-data pengembang yang wajib diperiksa atau ditanyakan sebelum melakukan transaksi pembelian apartemen adalah sebagai berikut, yang dikutip dari laman Hukum Online.

3. Reputasi Pengembang Apartemen

Jika developer sudah lulus dalam pemeriksaan legalitas, pemeriksaan reputasi tetap harus dilakukan. Legalitas dan reputasi itu dampaknya berbeda. Sebuah developer dapat saja memiliki semua dokumen, tetapi praktiknya tidak jelas. Banyak terjadi kasus developer menaikkan biaya perawatan tanpa sosialisasi.

Berikut cara memeriksa reputasi pengembang apartemen:

4. Fasilitas Apartemen

Fasilitas merupakan pertimbangan terakhir sebelum memutuskan membeli unit apartemen. Bagi pemula, hal ini tidak mudah karena mereka harus bersiap untuk berkompromi dengan keinginan sendiri. Biasanya, harga cocok, lokasi cocok tetapi fasilitas kurang memuaskan. Sering pula terjadi, lokasi cocok, fasilitas cocok tetapi harga tidak berjodoh dengan saldo rekening.

Jika benar-benar ingin memilih apartemen tertentu maka kekurangannya harus diterima. Sedangkan fasilitas yang biasanya membuat galau calon pembeli antara lain:

Baca juga: Tips Memilih Sofa Minimalis yang Tepat untuk Rumah Modern

Orang bilang, memilih apartemen itu ibarat mencari jodoh. Kalau memang cocok, maka itu tandanya berjodoh. Pendapat itu tidak ada salahnya. Namun akan lebih baik lagi jika disertai pertimbangan yang logis serta ketelatenan mengumpulkan informasi dan fakta. Semoga uraian ini dapat membantu memilih apartemen yang paling sesuai.

Exit mobile version