20 Cara Mendapatkan Uang Tambahan di Luar Gaji Utama

Cara mendapatkan uang tambahan di luar gaji sudah sejak dulu diusahakan masyarakat. Makin hari usaha ini makin giat dicoba karena harga-harga melangit, gaji tidak memadai, dan bayang-bayang PHK menghantui. Sementara jebakan hidup bisa tiba-tiba menghampiri.

Seperti yang baru saja terjadi adalah penutupan TikTok Shop. Belakangan diketahui bahwa banyak sekali karyawan perusahaan yang sengaja keluar dari pekerjaan tetap demi menjadi TikTok seller. Apa daya kini TikTok tak lagi berfungsi sebagai marketplace.

Dalam kehidupan yang serba tak pasti ini, meletakkan telur dalam satu keranjang makin berbahaya. Menjadi karyawan dengan gaji tetap ditambah penghasilan di luar gaji merupakan langkah yang bijaksana. Semakin banyak tambahan berarti semakin banyak jaring pengaman bagi diri dan keluarga. Jika dibuatkan daftar, cara mendapatkan uang selain gaji itu sangat banyak.

20 Cara Mendapatkan Uang Tambahan

Yang penting untuk diingat dalam mencari uang tambahan adalah manajemen waktu. Karena pekerjaan tambahan dilakukan di luar jam kerja, maka pengaturan istirahat harus diperketat dan asuransi kesehatan tidak boleh telat. Kalau sakit, uang tambahan tidak akan bisa dinikmati.

Berikut adalah 20 cara mendapatkan uang tambahan yang mungkin bisa dilakukan:

1. Ketua RT

Di perkotaan, pekerjaan ini minim saingan karena banyak yang tidak mau. Padahal cuma bermodalkan kesabaran jika ada warga yang berantem. Ketua RT di Jakarta mendapat gaji  Rp2.000.000 per bulan. Sedangkan ketua RT di Yogyakarta bergaji Rp250.000 per bulan.

20 Cara Mendapatkan Uang Tambahan di Luar Gaji Utama

2. Driver ojek online

Cara mendapatkan uang ini paling banyak dilakukan karyawan untuk mendapat tambahan. Order dapat dibuka di jam berangkat atau pulang kantor. Untuk hari libur, order bisa dibuka khusus untuk pengantaran makanan agar bisa mengajak keluarga mengantar makanan sambil jalan-jalan.

3. Driver taksi online

Di Jakarta banyak karyawan bahkan dokter perempuan yang menjadi driver taksi online setelah jam kerja. Jika memungkinkan, tawarkan pula ke teman-teman atau tetangga untuk berlangganan mengantar ke kantor atau sekolah anak-anak mereka sekalian berangkat kerja.

Baca juga: 9 Jenis Frozen Food Terlaris, Cocok untuk Bisnis Rumahan

4. Titip dagangan di kantin atau koperasi

Banyak perusahaan yang melarang staf bagian pembelian melakukan pesanan kebutuhan kantor ke sesama karyawan untuk menghindari korupsi. Namun menitipkan dagangan di kantin atau koperasi kantor tidak pernah dilarang, bahkan dianjurkan.

5. Content creator di Instagram

Cara ini memang bukan cara mendapatkan uang secara langsung. Namun jika pengikut akun Instagram bisa banyak dengan tingkat engagement yang baik, maka hal tersebut merupakan modal untuk menjadi micro influencer dan mendapatkan endorse yang sangat menjanjikan. Adrian Maulana merupakan contoh kreator yang sukses dengan konten perjalanan ke kantor menggunakan transportasi umum.

6. YouTuber

YouTube telah menghasilkan banyak orang kaya dari video maupun podcast. Pendapatan diperoleh dari Adsense dan endorse. Ini memang tak mudah buat orang yang tidak terkenal.

Namun, tahukah bahwa video Keisya Main Bola sempat menjadi video yang paling banyak ditonton di Indonesia dengan 2,7 miliar views? Dikutip dari Social Blade, channel Zuni and Family milik keluarga Keisha mempunyai 18,1 juta pengikut sehingga masuk 20 besar channel terbaik di Indonesia. Meski kalah dengan channel Atta dan Raffi, tetapi keluarga Zuni hanya mengunggah 227 video karena mereka memang bukan orang-orang terkenal yang ke mana-mana harus direkam.

Jadi intinya adalah pada kualitas konten, bukan sekadar kuantitas saja. Pastinya, hal ini bisa menjadi peluang bagi orang biasa untuk bisa merebut perhatian netizen.

7. Kreator Tiktok

Sejak TikTok Shop ditutup, banyak yang beralih melakukan live untuk mendapatkan saweran. Namun, hindari hanya sekadar meminta saja. Akan lebih baik, jika pengguna memamerkan atau membagi keterampilan dan keahliannya. Misalnya dengan menyanyi, sulap, trik menjahit, dan sebagainya.

8. Bloger

Cara mendapatkan uang sebagai bloger adalah dari Adsense dan menulis review dengan imbalan. Objek yang diulas bisa berupa profil seseorang, profil usaha, komunitas, CSR perusahaan, peluncuran produk dan sebagainya. Blogger bebas menulis dengan gaya bahasa sendiri.

9. Penulis

Cara mendapatkan uang sebagai penulis ini cukup banyak, antara lain menulis e-book untuk dijual, menulis lepas di media orang lain, menulis buku, dan sebagainya. Cocok buat yang memang punya keahlian menulis.

10. Buzzer

Buzzer ini pekerjaan yang relatif mudah untuk dilakukan. Yang perlu dilakukan adalah memahami instruksi dan mengikutinya sesuai arahan yang biasanya diminta untuk menaikkan popularitas produk atau seseorang di media sosial.

Namun, hati-hati ketika memilih promo atau kampanye. Jangan sampai mengundang kontroversi ataupun melanggar hukum.

11. Reseller atau dropshipper

Reseller memperoleh komisi dari menjualkan produk orang lain. Ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan produsen langsung atau melalui marketplace dengan memilih status sebagai dropshipper.

12. Usaha katering

Masih sibuk bekerja di luar rumah, apa sempat masak? Ini bisa dicoba dengan menawarkan menu sarapan dan makan siang ke teman-teman kantor. Dengan begitu, sekalian memasak bekal untuk diri sendiri. Siapa tahu berlanjut ke pesanan khusus untuk arisan teman di akhir pekan.

13. Ikut afiliasi

Ikut program afiliasi yang diadakan marketplace atau portal-portal  jasa digital lainnya juga cukup prospektif sebagai cara mendapatkan uang tambahan. Tentu saja, hasil tidak akan mengkhianati usaha.

14. Fotografer

Cara mendapatkan uang sebagai fotografer ini bisa dilakukan di akhir pekan. Biasanya event, pertunangan dan pernikahan diadakan setiap akhir pekan.

15. Menjual stok foto

Ini sedikit beda dengan fotografer yang membutuhkan keahlian khusus. Penjual foto tidak dimintai tanggung jawab atas kualitas foto asal lolos kurasi. Biasanya platform untuk berjualan foto tersebut juga memberikan kisi-kisi kebutuhan tema foto yang permintaannya tinggi.

16. Jualan di CFD

Supaya tidak capek setelah seminggu bekerja, cari ide cara mendapatkan uang dengan jualan yang tidak harus masak dan awet. Contohnya stationery, sembako, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Aplikasi Penghasil Uang yang Bisa Dicoba untuk Penghasilan Tambahan

17. Penerjemah

Buat yang memiliki skor TOEFL dan IELTS tinggi, bisa mencoba menjadi penerjemah yang menerima order secara online.

18. Buka Kursus

Zaman sekarang semua keahlian bisa dijual secara online. Contohnya memasak, akuntansi, berkebun, keuangan, membatik, yoga, dan sebagainya.

19. Desainer grafis

Jika punya hobi desain grafis, tak ada salahnya mulai dipromosikan. Jika di kantor sudah bekerja sebagai desainer grafis, mungkin bisa mengambil job yang lebih ringan dari pekerjaan kantor agar tidak tambah pusing.

20. Bisnis kos-kosan

Meski tidak perlu selalu ditunggui, cara mendapatkan uang yang satu ini membutuhkan modal yang besar. Siapa tahu ada warisan rumah, lebih baik disewakan daripada rusak karena tidak terpakai. Disewakan juga berisiko rusak, tetapi setidaknya bisa dikelola dari hasil sewa dengan baik.

Itulah daftar 20 ide cara mendapatkan uang tambahan di samping pendapatan utama sebagai karyawan. Selagi masih kuat, baik tenaga dan pikiran, gunakan sebanyak mungkin kesempatan untuk menambah simpanan dan aset. Namun, jangan lupa menjadwalkan waktu istirahat yang disiplin agar kesehatan tubuh dan pikiran tetap terjaga.

Exit mobile version